Lomba Cipta Lagu Daerah Sisihkan 10 Terbaik

Sapta Nirwandar
Sapta Nirwandar

Jakarta (Paradiso) – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bersama Ikatan Alumni SMA 6 Yogyakarta kembali menggelar Lomba Cipta Lagu Pop Daerah Nusantara (LCLPDN) 2013 sebagai upaya untuk menggugah kembali kecintaan masyarakat terhadap lagu-lagu daerah.

Festival LCLPDN 2013 merupakan penyelenggaraan tahun kedua setelah festival tersebut sebelumnya diselenggarakan pada 2012.

Dalam LCLPDN 2013, dewan juri berhasil menjaring 108 lagu daerah yang berasal dari 28 provinsi di Tanah Air. Dari ratusan lagu tersebut, juri akhirnya mengerucutkan pilihan menjadi 10 lagu terbaik. Sementara grand final dijadwalkan akan berlangsung pada 26 November 2013 mendatang.

“Supaya masyarakat dan kalangan remaja bisa mencintai dan bangga terhadap lagu-lagu daerah,” kata Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sapta Nirwandar dalam jumpa pers di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Jumat (15/11/2013).

Sapta Nirwandar menambahkan, lagu-lagu daerah sebagai salah satu warisan nilai luhur budaya bangsa, kini tergilas oleh tumbuhnya kreativitas kalangan muda yang berlomba menciptakan lagu-lagu modern bertema cinta.

“Saya prihatin terkait banyaknya stasiun televisi yang saling bersaing ketat merebut rating melalui program musik yang tak satupun bernuansa kedaerahan. Imbasnya remaja tak lagi mengenal lagu-lagu yang berasal dari tanah kelahirannya,” keluhnya.

Sementara itu pemusik Dwiki Dharmawan yang bertindak sebagai dewan juri dalam LCLPDN 2013 berharap festival tersebut bisa mengangkat kembali eksistensi bahasa-bahasa daerah.

Dalam proses penjurian LCLPDN 2013, pihaknya mengakui bahwa banyak penulis lagu berbakat yang belum mendapatkan kesempatan untuk menggali potensi mereka.

“Mereka adalah song writer yang bagus yang belum punya kesempatan sehingga dengan adanya kegiatan ini kreatifitas mereka keluar. Terlihat ada usaha-usaha mereka untuk melakukan komposisi antara lagu dan lirik bahasa daerah yang cukup harmonis,” ujar Dwiki.

Dewan Juri LCLPDN 2013 terdiri dari tokoh musisi (komposer, pengarang lagu & penyanyi profesional), wakil dari Kemenparekraf, pakar olah vokal, pemerhati musik tradisional, produser rekaman musik studio, music director antara lain Dwiki Dharmawan, Trie Utami, Bens Leo, Remi Sylado dan Rahayu Nagaswara akan menetapkan pemenang pada Gelar Babak Final yang akan diselenggarakan di Studio Metro TV Jakarta pada 26 November 2013.

Untuk detail informasi mengenai tahap pelaksanaan, silahkan mengakses www.cintalagudaerah.com.

 

10 Finalis Lomba Cipta Lagu Pop Daerah Nusantara 2013

1. Abutku Nang Edo (asal Dayak, Sugianto)

2. Gadih Minang (Minang, Chquita Meidy)

3. Gandong (Ambon, Janjte Suripatty)

4. Horas Indonesia (Batak, Dhany Nugraha)

5. Lio Lio (Bengkulu, Henderman)

6. Nosarara Nosbatutu (Palu, Fahmy Arsyad Said)

7. Panatang Ku Lo Kau (Taliwang, Sumbawa, Gading Suryamaja)

8. Papua Yedi Indonesia (Papua, Ronald Wilson dan Nova Anugrah Hani)

9. Sepenggal Cerito (Melayu Jambi, Yanuar Ershad)

10. Urip Ing Desa (Jawa, Ksetra Sukoco)

Facebook Comments

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.