“Lombok Sumbawa Pearl Festival 2015” Angkat Pariwisata NTB

Jakarta (Paradiso) – Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) terus gencar meningkatkan kedatangan wisatawan. Salah satunya adalah dengan menggelar kegiatan Lombok Sumbawa Pearl Festival 2015 akan kembali digelar 18 Agustus sampai 16 September 2015 mendatang di kawasan Senggigi yang berpusat di Hotel Santosa, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Raseno Arya, Asisten Deputi Pengembangan Segmen Pasar Personal Kemenpar mengatakan, pihaknya menyambut baik dan mendukung penuh terselenggaranya acara ini. Sebab selain mendatangkan wisatawan, Bulan Budaya Lombok Sumbawa , khususnya Lombok Sumbawa Pearl Festival 2015 juga akan membuka peluang investasi serta akses pasar yang luas.

Raseno Arya
Raseno Arya

“Kegiatan LSPF 2015 tak hanya berpotensi mendatangkan wisatawan, tetapi menggerakan perekonomian masyarakat,” ujar Raseno Arya saat jumpa pers “Lombok Sumbawa Pearl Festival 2015” di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Rabu (5/8/2015).

Kegiatan ini sudah menjadi salah satu ikon pariwisata NTB. “Sudah menjadi kewajiban Kemenpar untuk mensukseskan dan mempromosikan even bertaraf internasional tersebut sebagai daya tarik pariwisata unggulan,” jelas Raseno.

Kesempatan sama, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan NTB, Lalu Mohammad Fauzal menambahkan, mutiara jadi salah satu yang paling ditonjolkan. Pengunjung bisa lebih mengenal mutiara khas Lombok dan Sumbawa. “Puncak acaranya terdapat pertemuan buyer dan seller, serta pemilihan Putri Mutiara NTB yang bisa jadi atraksi wisata menarik,” ujarnya.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke daerah-daerah tujuan wisata di NTB.  “Kami terus membenahi destinasi wisata maupun layanan jasa pariwisata yang ada di Lombok dan Sumbawa. Serta membuat berbagai acara, salah satunya event seperti ini,” ujar.

Selama satu bulan penuh, Bulan Budaya Lombok-Sumbawa akan diisi dengan berbagai acara. Salah satunya adalah Pekan Tenun Lombok Sumbawa. Pekan Tenun dipilih lantaran Tenun pernah menjadi maskot (brand) pariwisata NTB.

“Nantinya akan dilanjutkan dengan pameran produk ekonomi kreatif lainnya, karena produk ekonomi kreatif merupakan bagian dari pembangunan pariwisata NTB. Misalnya gerabah, desain kerajinan bambu, kerajinan perak dan lainnya,” kata dia.

Total akan ada 24 event selama satu bulan acara itu berlangsung. Termasuk Mataram Carnival, Pentas Seni Daerah, Dialog Budaya, Pentas ISI Yogyakarta, bedah buku sastra NTB dan pertunjukan sasta, permainan rakyat (gasing, barapan ayam, selodor, peresean), workshop dan pentas tradisi lisan, pentas wayang potehi serta Pemilihan Putri NTB.

Sedangkan sebagai puncak acara akan digelar acara tahunan Lombok-Sumbawa Pearl Festival 2015. “Festival akan dilangsungkan di penghujung gelaran pekan budaya di pantai Senggigi,” kata dia.

Festival Mutiara yang akan dilangsungkan untuk keempat kalinya ini dimaksudkan untuk mempopulerkan Lombok dan Sumbawa sebagai penghasil mutiara bertaraf internasional, menumbuhkan rasa cinta dan kebanggaan masyarakat terhadap mutiara Indonesia, juga menggerakkan perekonomian rakyat. (*/bowo)

Facebook Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.