Luncurkan Calender of Event Banten 2015, Pariwisata Banten Menggeliat !

launching banten (1)
Arief Yahya dan Rano Karno didampingi pejabat eselon 1 Kemenpar dalam “Launching Calender Event of Banten 2014”.

Jakarta (Paradiso) – Menteri Pariwisata Arief Yahya bersama Plt. Gubernur Banten Rano Karno meluncurkan Calender of Event Banten 2015 sebagai sarana promosi pariwisata strategis dalam upaya menarik wisatawan berkunjung ke provinsi Banten.

Menpar Arief Yahya mengatakan berbagai event yang terorganisir dengan baik akan digelar di Provinsi Banten sebagai wujud dari komitmen Provinsi Banten dalam pengembangan kebudayaan dan kepariwisataan.

“Ini merupakan momentum yang sangat penting dalam rangka pencitraan Indonesia dan khususnya Provinsi Banten di bidang kepariwisataan,” kata Arief Yahya saat acara “Launching Calender of Event Banten 2015” di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Kamis (11/12).

Selain itu, calender of event tersebut bisa menjadi sebuah landmark sinergi yang kokoh dari seluruh pemangku kepentingan dalam memperkenalkan kebudayaan dan pariwisata Banten serta mendorong terbentuknya citra produk unggulan di pasar baik domestik maupun internasional.

“Banten sebagai salah satu provinsi yang sarat dengan sumber daya pariwisata dan khasanah budaya memiliki peluang besar menjadi destinasi pariwisata unggulan dan favorit bagi wisatawan mancenegara maupun wisatawan domestik,” kata Arief.

Menteri menambahkan Banten harus gencar mempromosikan produk-produk pariwisata agar menjadi bagian branding Wonderful Indonesia atau Pesona Indonesia, sehingga terkenal ke seluruh penjuru dunia.

Dengan demikian, cita-cita agar Banten semakin dikenal dan berkembang pada sektor pariwisata dan kebudayaan pun dapat terwujud seiring dengan meningkatnya minat kunjungan wisatawan.

Pada kesempatan yang sama Plt. Gubernur Banten, Rano Karno, mengatakan Banten sebagai salah satu provinsi yang strategis karena memiliki letak geografis berbatasan langsung dengan Ibu Kota Negara serta sebagai pintu gerbang arus lalu lintas Pulau Jawa dan Sumatera.

“Dengan mengkolaborasi keragaman potensi serta pengemasan berbagai event unggulan merupakan strategi promosi inovatif yang akan menciptakan peluang-peluang pengembangan serta mendorong kreativitas budaya di kalangan masyarakat,” kata Rano Karno.

Calender of Event 2015 dinilainya sangat signifikan sebagai wadah promosi efektif dan efisien karena mampu menyasar market dan memfasilitasi pasar utama yang variatif, venue yang representatif serta ketepatan pemilihan waktu di akhir tahun yang prospektif baik bagi promosi year end sale juga program sepanjang tahun 2015.

“Jadi tepat apabila dikatakan sebagai promosi low budget high impact, media publication didukung untuk meliput dan mempublikasikan momen ini,” katanya.

Menurutnya, industri pariwisata khususnya di Banten sebaiknya mulai memanfaatkan acara ini untuk mengkomunikasikan pesan produk serta penguatan citra brand awareness kepada sasaran pasar.

Menurut data Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Daerah (RIPPDA), dari 526 objek dan daya tarik wisata dan baru sekitar 10 persen yang telah dikembangkan di Banten.

Peragam karya seni menarik Banten tersaji di Launching Calender of Event Banten 2015.
Beragam karya seni menarik Banten tersaji di Launching Calender of Event Banten 2015.

BPS dalam Neraca Satelit Pariwisata Daerah 2012, mencatat sekitar 7 juta wisatawan domestik serta 20 ribu wisatawan mancanegara berwisata di Banten.

Adapun event-event pariwisata yang akan dilaksanakan pada 2015 di Banten adalah Festival Film Indonesia 2015; Seba Baduy; Banten Beach Festival; Gebyar Wisata Banten; Banten Beach Festival; Ci Sungsang; Festival Cisadane; Festival Panjang Mulud; Festival Kuliner; Lomba Foto Pariwisata; dan Offroad Adventure.

Rano mengharapkan rangkaian kegiatan itu bisa menjadi perhatian dunia sehingga Banten semakin populer sebagai salah satu destinasi wisata favorit.

“Exciting Banten” Jadi Bagian Branding “Wonderful Indonesia”

Provinsi Banten yang punya slogan Exciting Banten akan menjadi bagian wadah besar branding pariwisata nasional “Wonderful Indonesia”. Branding Wonderful Indonesia akan digunakan untuk promosi pariwisata Indonesia di seluruh dunia. Penggunaan tagline di daerah provinsi seperti Exciting Banten harus diikuti dengan Wonderful Indonesia.

“Untuk promosi ini kita harus sepakat mau pakai apa saja tidak apa-apa. Mau pakai Exciting Banten boleh. Saya tidak bisa melarang bapak (Rano Karno-red) pakai Exciting Banten, tapi harus Exciting Banten by Wonderful Indonesia,” ujar Arief Yahya.

Menurut Arief, hal ini dilakukan sebagai strategic branding. Penggunaan Wonderful Indonesia akan memiliki porsi yang sama dengan Pesona Indonesia karena promosi ke wisatawan lokal juga dilakukan.

“Saya tetapkan penggunaannya fifty-fifty Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia karena kita juga berkomunikasi dengan orang Indonesia. Semua provinsi harus menggunakannya,” jelas Arief. (bowo)

Facebook Comments

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.