Mahasiswa S2 STP Bali Gelar Seminar Riset Terapan Hospitaliti dan Kepariwisataan

NUSA DUA (Paradiso) –INSPIRE atau SeminarRiset Terapan Hospitaliti dan Kepariwisataan Indonesia, sebuah Seminar berskala nasional yang diinisiasi oleh Program Pascasarjana Sekolah Tinggi Pariwisata Bali, Kamis (11/7/2019) dilaksanakan di Gedung Widyatula, STP Bali. Seminar ini menghadirkan keynote speaker Menteri Kebudayaan dan Pariwisata  tahun 2000 -2004, Drs. I Gede Ardika yang juga Komisaris Utama Indonesia Tourism & Development Corporation dan sejumlah pembicara lainnya seperti I Nyoman Sarya,SE.,MM , Eka Diraksa Putra, PhD , I Nyoman Kirtya, dan Dr. I Wayan Mertha.

Demikian dijelaskan Ketua Acara Seminar Nasional INSPIRE, Dr. Irene Hanna H.Sihombing,SE.,MM di sela-sela berlangsungnya acara seminar. Hanna dalam laporannya menyatakan  bahwa kegiatan INSPIRE diikuti oleh 52 pemakalah dari 5 institusi. Kegiatan seminar ini  dibagi menjadi 2, yakni pertama adalah seminar yang dilaksanakan dalam kurun waktu 4 jam. Pada sesi ini para pemakalah dan narasumber utama akan menyampaikan presentasi perihal materi yang telah dipilih atau ditentukan.  Sementara pada sesi kedua adalah Call for Paper INSPIRE 2019 yang dilakukan dengan menerima dua jenis naskah seperti full paper yang merupakan naskah artikel yang telah rampung dan extended abstract yang merupakan research in progress, artikel yang sedang tahap pelaksanaan.

Menurut Hanna, sebagai motor pendidikan tinggi hospitality dan kepariwisataan pada level nasional, Program Pascasarjana STP Bali memiliki tanggung jawab secara moral dan akademis sebagai benchmark perkembangan praktik dan kajian multidisiplin keilmuan hospitaliti dan kepariwisataan. Tujuan strategis dari diselenggarakannya seminar ini adalah untuk menjadi wadah atau media sharing knowledge antara akademisi dan praktisi baik sebagai mahasiswa pascasarjana maupun masyarakat umum dan industri.

INSPIRE tahun 2019, Program Pascasarjana STP Bali juga menggandeng Fakultas Pariwisata Universitas Udayana dan STP NHI Bandung sebagai Co-Host seminar. Diharapkan dengan kolaborasi ini akan membawa keuntungan yang positif baik bagi kedua lembaga sebagai ujung tombak penyelenggara pendidikan tinggi kepariwisataan di Bali,

Ketua Sekolah Tinggi Pariwisata Bali, Drs. Dewa Gede Byomantara, M.Ed pada pembukaan acara INSPIRE menyampaikan bahwa Program S2 Magister Terapan Pariwisata STP Bali adalah Program S2 Terapan pertama di Indonesia yang berfokus pada bidang vokasi kepariwisataan. Byo berharap program ini  dapat menjadi benchmark perkembangan praktik dan kajian multidisiplin keilmuan hospitaliti dan kepariwisataan. “Kami harapkan para pemakalah berbagi pengalaman yang dimiliki untuk besama-sama memajukan pariwisata kita. Pada kesempatan ini juga kami akan meluncurkan Ikatan Praktisi Akademisi Pariwisata, sebagai wadah untuk para praktisi dan akademisi dapat berkolaborasi, bersama – sama membangun pariwisata menjadi lebih baik,”tegas Byomantara.

Sementara keynote speaker, Drs. I Gede Ardika dalam paparannya menyampaikan bahwa karakter dasar dan utama dari kepariwisataan  adalah keunikan kearifan local. Misalnya Bali,  tentunya yang harus dipegang dalam melakukan penelitian itu adalah Tri Hita Karana. Ini merupakan nilai dasar yang menjiwai kepariwisataan Bali yang berkelanjutan. Bagaimana membangun hubungan yang harmonis  antara  manusia dengan Tuhan, manusia dengan manusia dan manusia dengan Lingkungan, nilai-nilai dasar  inilah yang harus dipegang teguh  didalam mengembangkan kepariwisataan khususnya dalam melakukan penelitian. Arah dari penelitian itu tidak boleh  lagi keluar dari rambu-rambu dasar itu,” tegas Drs. I Gede Ardika.

Seminar nasional ini juga mendapatkan supporting dari PATA, Bali Villa Properties, Alpha Hotel Mgt, Sovereign Hotel Bali, Estepers, Swissbel Hotel Segara, Swissbel Resort Pecatu, Swissbell Inn Legian, Toza : natural fruit juices, Jimbaran Bay Beach, Mahasiswa Pascasarjana MTP dan Mahasisa DIV MKH STP Bali. (*)

Facebook Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.