Maksimalkan Direct Flight, Wonderful Indonesia Gelar Festival di Vietnam

Ho Chi Minh (Paradiso) – Kementerian Pariwisata terus memaksimalkan pasar Vietnam. Caranya, dengan menggelar promosi pariwisata Festival Wonderful Indonesia. Kegiatan ini dilangsungkan 14 sampai 16 Juni di Saigon Centre Mall, Ho Chi Minh City, Vietnam.

Menurut Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata Rizki Handayani, mengatakan ada alasan kuat mengapa Kemenpar menggenjot pasar Vietnam.

Salah satunya adalah telah direct flight Ho Chi Minh City-Denpasar yang dilayani maskapai Vietjet Air. Inugural flight rute ini telah dilakukan 29 Mei 2019. Jadwal terbangnya 5 kali dalam seminggu.

“Kita telah memiliki akses langsung ke Vietnam. Hal inilah yang akan kita maksimalkan. Lokasi yang dipilih untuk Festival Wonderful Indonesia di Vietnam juga strategis. Di Saigon Centre Mall, Ho Chi Minh City. Saigon Centre Mall salah satu mall terbesar di daerah strategis Ho Chi Minh City,” papar Rizky, Jumat (14/6).

Dijelaskannya, Festival Wonderful Indonesia di Vietnam merupakan upaya promosi. Tujuannya untuk meningkatkan awareness masyarakat Vietnam.

“Khususnya terhadap keanekaragaman destinasi dan budaya Indonesia. Terutama Bali yang masih menjadi destinasi unggulan. Bali sangat diminati wisatawan asal Vietnam,” papar Rizki lagi.

Dijelaskannya, target kunjungan wisatawan asal Vietnam tahun 2019 sebanyak 100.000 orang. Atau, meningkat 32,2 % dari realisasi wisman Vietnam tahun 2018, yaitu sebanyak 75.632 wisman.

“Promosi branding Wonderful Indonesia di luar negeri yang gencar, telah mengangkat posisi Indonesia ke peringkat 47 dunia. Momentum baik ini harus dimanfaatkan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara. Juga membantu merealisasikan pencapaian target hingga tahun 2019 sebanyak 20 juta wisman,” papar wanita yang akrab disapa Kiki itu.

Salah satu langkahnya dengan terus menggencarkan promosi di negara-negara potensial dengan menguatkan branding melalui kegiatan Festival Wonderful Indonesia.

Sedangkan Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran I Regional I Dessy Ruhati menambahkan, di Wonderful Indonesia akan menempati booth seluas 136 sqm.

“Dalam booth, para pengunjung akan diberikan suguhan keanekaragaman budaya dan kuliner Indonesia. Seperti kesenian tari tradisional, coffee and refreshment corner, virtual reality video 360°, Batik corner, Culinary corner, batik fashion show, games and gift redemption,” papar Dessy.

Selain itu, pengunjung juga dapat diberikan penamapilan penyanyi lokal Vietnam, Nguyen Kieu Oanh, runner up ajang pencarian bakat ternama di Vietnam, Be A Star 2017.

Booth Wonderful Indonesia juga akan menawarkan paket-paket wisata. Yang dilibatkan adalah local agent. Harga yang ditawarkan sangat menarik. Sehingga, pengunjung dapat menikmati beragam pilihan paket wisata ke Indonesia selama mengunjungi booth.

Menteri Pariwisata Arief Yahya memberikan acungan jempol atas inisiatif anak buahnya. Sebab, jeli memanfaatkan peluang.

“Kita sudah memiliki penerbangan langsung Ho Chi Minh City-Denpasar oleh maskapai Vietjet. Direct flight ini kita harapkan dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara asal Vietnam. Selain itu, tentu mempererat hubungan bilateral kedua negara,” papar Mantan Dirut PT Telkom itu.

Ditambahkannya, hal ini juga merupakan angin segar bagi industri pariwisata di tanah air.

“Karena, selama ini kendala utama yang dihadapi dalam menggarap market dari Vietnam yaitu belum adanya penerbangan langsung. Tapi sekarang sudah ada, bahkan langsung ke destinasi unggulan di Indonesia,” tambah Menpar Arief Yahya yang pernah menyabet gelar Menteri Pariwisata Terbaik di Asia Pasifik.(*)

Facebook Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.