Mari Lindungi Harimau dari Kepunahan

Gianyar (Paradiso) – Bali Safari & Marine Park kembali memperingati World Tiger Day atau Hari Harimau Sedunia. Bertempat di dalam Park, perayaan ini terasa lebih meriah dengan hadirnya anak-anak dari yayasan Khoirunissa. Peringatan tahunan ini dihiasi dengan berbagai kegiatan menarik dan sarat edukasi.

“Menurut saya peringatan ini sangat penting. Patut diketahui populasi harimau terus menurun secara drastis setiap tahunnya. Melalui World Tiger Day, kami berharap dapat bergandengan tangan bersama masyarakat untuk bersama melindungi keberadaan harimau. Caranya cukup mudah, dengan saling mengingatkan agar tidak mengeksploitasi alam secara berlebihan, karena alam berfungsi sebagai habitat asli satwa khususnya harimau, dan tentunya juga dengan tidak membeli produk yang terbuat dari harimau. Bila masyarakat dapat betul peduli dengan keadaan ini kami yakin kepunahan terhadap harimau dapat kita cegah bersama.” Tambah William Santoso, General Manager dari Bali Safari & Marine Park.

Populasi hari mau ada dalam angka terendahnya saatini.Kita telah kehilangan sekitar 97% harimau liar dalam jangka waktu 1 abad. Harimau mungkin merupakan satwa yang paling dikagumi, namun saat ini mereka juga salah satu satwa yang paling terancam punah.Diperkirakan hanya tersisa sekitar 3.200 harimau di alam liar saat ini. Harimau menghadapi dua jenis ancaman untuk bertahan hidup: mereka kehilangan habitat karena tingginya laju deforestasi dan terancam oleh perdagangan illegal dimana bagian-bagian tubuhnya diperjualbelikan dengan harga tinggi di pasar gelap untuk obat-obatan tradisional, perhiasan, jimat dan dekorasi.

World Tiger Day ini dirayakan setiap tanggal 29 Juli serempak diseluruh dunia. Tujuan dari perayaan ini adalah untuk mempromosikan sistem global untuk melindungi habitat alami harimau dan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap isu konservasi harimau. Sebagai predator utama dalam rantai makanan, harimau mempertahankan populasi mangsa liar yang ada di bawah pengendaliannya, sehingga keseimbangan antara mangsa dan vegetasi yang mereka makan dapat terjaga.***

Facebook Comments

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.