Mau Mudik ke Jakarta, Berikut 10 Destinasi yang Bisa Dikunjungi

JAKARTA (Paradiso) – Sebagai ibukota negara, Jakarta memiliki banyak destinasi. Tentunya dengan jenis yang beraneka ragam juga. Destinasi-destinasi di Jakarta bis menjadi pilihan dalam #PesonaMudik2019.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan Jakarta selalu siap menyambut siapa pun yang datang.

“Jangan tanyakan berapa destinasi yang ada di Jakarta. Sangat banyak. Dan semuanya memiliki kualitas. Jakarta adalah destinasi terbaik buat kalian yang ingin mengisi liburan di saat mudik,” papar Arief Yahya, Jumat (10/5).

Biar tidak bingung, berikut 10 destinasi yang direkomendasikan untuk dikunjungi di Jakarta.

1. Grand Indonesia Mall
Pusat perbelanjaan ini modern ini berada di Jalan MH Thamrin, Jakarta. Mall ini diresmikan tahun 2007 lalu. Grand Indonesia Mall sangat lengkap. Di dalamnya terdapat sejumlah departement store besar, Seibu dan Central. Ada juga bioskop dengan teknologi terkini, CGV Blitz.

Selain itu, terdapat juga galeri budaya dengan nama Galeri Indonesia Kaya. Grand Indonesia Mall terdiri dari tiga bagian utama. Ada East Mall, West Mall, dan Sky Bridge sebagai penghubung.

2. Dunia Fantasi
Dunia Fantasi alias Dufan, adalah destinasi yang sangat family friendly. Dufan adalah tujuan wisata buat keluarga di penjuru Indonesia. Konsepnya outdoor park. Dengan maskot Bekantan. Rasa-rasanya tidak ada yang tidak mengenal Dufan.

Lokasinya pun strategis. Karena berada di kawasan Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara. Dufan adalah destinasi wajib dikunjungi bila kalian berada di Jakarta.

3. Museum Bank Indonesia

Museum Bank Indonesia terletak di Jl. Pintu Besar Utara No.3, Jakarta Barat. Atau, depan Stasiun Jakarta Kota, alias Stasiun Beos. Museum ini menempati area bekas gedung Bank Indonesia Kota. Statusnya adalah cagar budaya peninggalan De Javasche Bank yang beraliran neo-klasikal, dipadu dengan pengaruh lokal. Gedungnya pertama kali dibangun pada tahun 1828.
Museum ini menyajikan informasi peran Bank Indonesia dalam perjalanan sejarah bangsa. Dimulai sejak sebelum kedatangan bangsa barat di Nusantara hingga terbentuknya Bank Indonesia pada tahun 1953.

4. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Ingin melihat Indonesia tapi tidak punya waktu dan dana yang cukup? Jalan saja ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Lokasinya di Jakarta Timur. Sangat mudah dijangkau. Karena dekat dari Terminal Kampung Rambutan dan Tol Jagorawi.

TMII adalah kawasan wisata budaya. Ada pulau berbentuk peta Indonesia. Anjungan dari seluruh provinsi plus adat dan budayanya juga ada. Ada wahana legendaris Keong Mas, Museum Transportasi, Koleksi ikan Air Tawar. Sangat lengkap. TMII sangat direkomendasikan buat mengisi liburan keluarga.

5. Museum Nasional

Museum Nasional Republik Indonesia atau Museum Gajah, berisikan sejarah arkeologi, sejarah, etnografi, dan geografi. Lokasinya terletak di Jakarta Pusat. Lebih tepatnya di Jalan Merdeka Barat 12. Museum ini merupakan museum pertama dan terbesar di Asia Tenggara.

6. Monumen Nasional (Monas)

Tidak lengkap rasanya kalau ke Jakarta tapi tidak mengunjungi ikonnya, yaitu Monumen Nasional (Monas). Monas berbentuk tugu dengan emas di puncaknya. Karenanya, Monas sering disebut juga dengan Tugu Monas. Monas adalah monumen peringatan setinggi 132 meter (433 kaki). Ia didirikan untuk mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia untuk merebut kemerdekaan dari pemerintahan kolonial Hindia Belanda.

Pembangunan monumen ini dimulai 17 Agustus 1961. Namun, baru dibuka untuk umum pada 12 Juli 1975. Monumen Nasional terletak tepat di tengah Lapangan Medan Merdeka, Jakarta Pusat. Di dalamnya juga terdapat diorama perjuangan kemerdekaan Indonesia.

7. Kota Tua
Kalau ingin melihat kehebatan Batavia di masa lampau, datanglah ke Kota Tua. Lokasinya hanya beberapa ratus meter dari Stasiun Jakarta Kota. Bisa ditempuh dengan jalan kaki, atau naik moda tranportasi legendaris bajaj.

Salah satu ciri khas Kota Tua adalah bekas Kantor Gubernur Jenderal VOC. Belakangan, kaum milenial kerap menyerbu Kota Tua. Maklum, destinasi ini sangat instagramable.

8. Central Park
Central Park berada di Tanjung Duren Selatan, Grogol Petamburan, Jakarta Barat. Central Park dikenal sebagai kawasan atau kompleks serbaguna. Karena, memiliki pusat perbelanjaan, satu menara perkantoran, 3 apartemen, 2 theme park, sebuah resort, dan sebuah hotel.

Central Park membuat wajah Jakarta semakin modern saja. Apalagi, posisinya berada di antara Mall Taman Anggrek dan Mall Ciputra.

9. Jakarta Aquarium

Salah satu destinasi yang sedang digemari di Jakarta adalah Jakarta Aquarium. Karena, lokasinya ada di pusat kota. Tepatnya di dalam Mall Neo Soho, Jakarta.

Di Jakarta Aquarium, terdapat lebih dari 600 jenis satwa laut maupun darat. Jakarta Aquarium adalah wisata edukasi bagi anak-anak. Tapi, destinasi ini tetap bisa dinikmati oleh orang dewasa. Di sana juga terdapat spot instagramable.

10. Kebun Binatang Ragunan

Kalau ingin mendapatkan destinasi yang sangat family friendly di Jakarta, Kebun Binatang Ragunan adalah jawabannya. Lokasinya di Jakarta Selatan. Sangat mudah di jangkau.

Ragunan memiliki koleksi satwa yang sangat lengkap. Ada gajah, komodo, jerapah, atau gorilla, dan masih banyak agi. Koleksinya sangat lengkap. Kebun Binatang ini juga sangat asri sejuk karena dipenuhi banyak pepohonan. Kalian juga bisa memilih lokasi untuk bersantai di taman-taman yang ada.(*)

Facebook Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.