Membanggakan, Wonderful Indonesia Tebar Pesona di Grab Singapura

SINGAPURA (Paradiso) – Sejarah baru tercipta oleh Kementerian Pariwisata (Kemenpar). Kementerian di bawah komando Arief Yahya itu saat ini sudah ada di Grab Feed Singapura yang terdapat dalam aplikasi Grab negara tetangga tersebut.

Hal itu dipertegas setelah Kemenpar melakukan kunjungan kerja ke Kantor Grab Singapura di Grab Headquarter, Marina One, Singapore, Selasa, 14 November 2018.

“Ini sebuah sejarah yang sangat luar biasa. Untuk pertama kalinya
pengguna Grab di Singapura kini dapat mengakses informasi dan artikel menarik tentang pariwisata Indonesia melalui Grab Feed.
Selain itu ini untuk pertama kalinya, Wonderful Indonesia menembus pasar ASEAN dengan Digital media, yaitu Super Apps Grab, yang merupakan Co-Creation dari kerjasama Co-Branding Wonderful Indonesia dengan Grab,”ujar Tenaga Ahli Bidang Management Strategis Kemenpar Priyantono Rudito.

Dalam acara tersebut juga sangat spesial. Pasalnya, Menteri Pariwisata Arief Yahya juga hadir langsung di kantor Grab tersebut. Kata Priyantono, selain ini sebagai sejarah baru, Asean juga merupakan pasar utama Kemenpar.

Para pengguna Grab nantinya juga dapat membeli paket Hot Deals Jakarta pada agen-agen perjalanan wisata yang terdaftar dalam Grab Feed.

Selain itu, mendapatkan kode khusus untuk menikmati potongan harga untuk layanan Sewa GrabCar di Indonesia. “Dengan luasnya jangkauan Grab di 8 negara Asia Tenggara, termasuk Singapura diharapkan dapat menarik kunjungan wisatawan ke Tanah Air melalui berbagai program promosi interaktif ini. Selain itu, Millenial merupakan segmen pasar utama yang menjadi Key Driver pertumbuhan industri Pariwisata Indonesia yang perlu dijangkau dengan Digital media dan millenial friendly tourism. Salah satu caranya dengan Grab Singapura ini,” kata pria yang biasa dipanggil Pak Pri tersebut.

Plt Deputi Bidang Pemasaran I Kementerian Pariwisata Ni Wayan Giri Adnyani didampingi Asisten Deputi Strategi dan Komunikasi I pada Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar, Hariyanto menambahkan, peluncuran program ini menjadi kelanjutan dari kampanye #JelajahIndonesiaLebihDekat yang telah diluncurkan di Bandara Soekarno Hatta, Terminal 3, bulan lalu. Program ini juga merupakan salah satu inisiatif co-branding Grab dengan Kemenpar. “Jadi ini kelanjutan dan actionnya. Kami sangat bangga bisa bekerjasama dengan Grab Singapura,” kata Giri.

Giri menambahkan, melalui program ini Grab ingin membantu mewujudkan target pemerintah untuk mendatangkan 17 juta wisatawan mancanegara pada tahun ini dan 20 juta wisatawan mancanegara pada tahun 2019.

Sementara itu, Menteri Pariwisata Arief Yahya menambahkan, Asia Tenggara menjadi salah satu fokus Kemenpar untuk mendorong jumlah kunjungan Wisman ke tanah air.

“Kami mengapresiasi dukungan yang diberikan Grab dalam membantu memperkenalkan pariwisata Indonesia di kancah internasional. Kolaborasi ini merupakan bagian dari strategi kami untuk menggarap pasar Asia Tenggara dengan memanfaatkan posisi Singapura sebagai pusat transportasi dan pusat pariwisata,” kata Arief Yahya.

Kata pria asli Banyuwangi ini, dengan 62 juta wisatawan dalam 7.200 penerbangan yang datang ke Singapura setiap minggu, kami menargetkan untuk menarik 11 juta wisatawan datang ke Indonesia.

“Dan tentunya generasi milenial juga menjadi segmen utama kami yang menggunakan aplikasi Grab dan digunakan untuk kebutuhan sehari-hari mereka. Saat ini Indonesia mengalami pertumbuhan pariwisata yang sangat tinggi di dunia. Jadi sangat tepat Wonderful Indonesia melakukan Co-branding dengan Grab Singapura. Karena Grab juga merupakan brand yang besar,” kata mantan Direktur Utama Telkom itu.

CEO Advisor Grab Lionel Yeo mengaku senang bisa bekerjasama dengan Kemenpar dengan brandingnya yang semakin mendunia yakni Wonderful Indonesia.
“Penetrasi mobile di Asia Tenggara bertumbuh dengan sangat cepat, dan wilayah ini menghabiskan waktu online semakin banyak, dan sebagian besar melalui konektivitas mobile. Kami melihat kesempatan besar untuk melayani pelanggan lebih baik dengan memberikan informasi tentang destinasi wisata baru, dan bahkan pemesanan paket perjalanan dalam aplikasi Grab, hal itu juga kami lakukan bersama Wonderful Indonesia,” jelas Lionel Yeo, CEO Advisor Grab.

Sekadar informasi, di aplikasi tersebut wisatawan yang datang ke Singapura dan negara-negara lainnya juga dapat menikmati berbagai layanan yang memberikan nilai tambah saat berkunjung ke Indonesia, diantaranya :

Layanan baru Sewa GrabCar bagi wisatawan yang sedang berkunjung ke Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Bali, Manado serta Makassar, dan ingin menyewa kendaraan selama beberapa jam. Mitra pengemudi juga telah menerima sertifikasi ‘Wonderful Indonesia’.

Keuntungan lebih dalam program Hot Deals Jakarta milik Kementerian Pariwisata, dengan kode khusus untuk mendapatkan potongan harga saat memesan layanan Sewa GrabCar di Jakarta. Pengguna Grab di Singapura juga dapat mengetahui lokasi penjualan paket Hot Deals terdekat dari lokasi mereka, melalui Grab Feed.

GrabCar Shelter yang mempermudah wisatawan bepergian dari Bandara Internasional di Tangerang, Jakarta, Bandung dan Palembang. Fitur GrabChat (layanan pesan dalam aplikasi Grab) membantu mengurangi kendala berbahasa, dengan langsung menerjemahkan pesan ke berbagai bahasa yang kerap digunakan di Asia Tenggara, antara pengguna dan mitra pengemudi.

Menikmati kuliner khas lokal di 116 kota di Indonesia dengan layanan GrabFood. Grab menyediakan layanan dengan jangkauan terluas di Asia Tenggara di 235 kota yang tersebar di 8 negara dengan lebih dari 125 juta pengguna, termasuk Indonesia di mana Grab beroperasi di 137 kota dari Sabang hingga Merauke. Sejalan dengan visinya sebagai ‘everyday superapp’ dan strategi open platform, saat ini Grab menyediakan berbagai layanan untuk memenuhi kebutuhan harian masyarakat di Indonesia, mulai dari layanan transportasi roda dua dan empat, pengantaran bingkisan, pembayaran digital, hingga layanan pesan-antar makanan dan barang belanjaan.(*)

Facebook Comments

Leave a Reply

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.