Mengeksplorasi Pesona Pohuwato di Festival Pesona Pantai Pohon Cinta 2018 

POHUWATO (Paradiso) – Tidak mau tertinggal dengan daerah lain, Provinsi Gorontalo mulai menggeber pariwisatanya. Salah satunya melalui Festival Pesona Pantai Pohon Cinta (FP3C) 2018. Event ini digelar 2-6 Mei 2018. FP3C 2018 akan turut mengeksplor Kabupaten Pohuwato. 

FP3C ini merupakan event tahunan Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Pohuwato. Eventnya dijamin paten. Wisatawan akan dibawa mengeksplor pesona wisata bahari, atraksi seni dan budaya, serta kuliner. 

“Event ini digelar dalam rangka memeriahkan hari jadi Kabupaten Pohuwato, sekaligus mempromosikan potensi pariwisata yang kami miliki,” kata Wakil Bupati Pohuwato, Amin Haras, Kamis (26/4).

Segudang keseruan telah disiapkan untuk meramaikan event ini. Ada Pameran Pembangunan, Funswimming, dan Atraksi Kuliner. Begitu juga dengan atraksi seni dan budaya tak luput disuguhkan. Ada pagelaran tari-tarian daerah, drama serta komedi.

Untuk melengkapinya, ada Pemilihan Nou dan Uti Kabupaten Pohuwato 2018. Buat yang suka fotografi, ada Lomba Fotografi dengan tema Objek Wisata Unggulan Pohuwato.

“Kita juga siapkan Promosi Souvenir Pohuwato. Sehingga, wisatawan dapat dengan mudah mencari oleh-oleh. Dan semua itu akan kami lengkapi dengan konser artis Ibukota. Semua kita akan set untuk menonjolkan potensi pariwisata Pohuwato. Sehingga dapat menarik investor untuk masuk di Kabupaten Pohuwato. Jadi bukan sekedar gaya-gayaan,” ujarnya.

Pesona bahari yang dimiliki Kabupaten Pohuwato sangat luar biasa. Salah satunya adalah Pantai Pohon Cinta. Pesona pantai tersebut ulit dibantah. Viewnya ciamik. Ditemani semilir angin pantai yang sejuk. Dari sini wisatawan bisa memandang hamparan laut yang cenderung tenang dengan deburan ombak khas Pantai Pohon Cinta.

“Di sepanjang pantai sudah dibangun trek jogging yang bisa digunakan sambil menikmati pantai nan indah ini. Atau berwisata kuliner dengan mengunjungi warung-warung sekitaran pantai. Kami juga telah membangun taman bermain untuk anak-anak. Sehingga, Pantai Pohon Cinta merupakan destinasi yang sangat family friendly. Pokoknya dijamin wisatawan tidak akan bosan,” imbuhnya.

Soal akses, wisatawan tidak perlu risau. Untuk mencapai lokasi ini wisatawan dapat menempuh perjalanan darat sekitar 3 jam dari Kota Gorontalo. Jalannya mulus. View selama perjalanan juga sangat indah. Begitu juga soal amenitas. Mau menginap di losmen, cottage atau pun hotel ada di sini.

Deputi Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata I Gde Pitana, merespons positif event FP3C. Pihaknya langsung action. Acaranya langsung disupport lewat Asisten Deputi Pemasaran Area I Regional III Ricky Fauzi.

“Kabupaten Pohuwato ini memiliki potensi yang luar biasa. Potensi ini harus terus dipromosikan. Sehingga, pariwisata Kabupaten Pohuwato akan semakin dikenal lagi. Apalagi semua sudah didukung oleh akses dan amenitas yang baik,” ujar Pitana.

Asisten Deputi Pemasaran Area I Regional III Ricky Fauzi seirama. Menurutnya, event ini adalah momentum bagus untuk membangkitkan semangat masyarakat Kabupaten Pohuwato. Sehingga masyarakat sadar jika Kabupaten Pohuwato mempunyai potensi pariwisata yang berkelas.

Ricky menambahkan, sebagai sebuah Kabupaten yang memiliki potensi pariwisata yang besar, Pohuwato sudah selayaknya terus menggelar event-event berkualitas untuk menjaring wisatawan. Sehingga nama Pohuwato makin terbang lebih tinggi lagi.

“Sesuai dengan petunjuk Menteri Pariwisata, untuk mengembangkan pariwisata itu dibutuhkan 3A. Yaitu Akses, Amenitas dan juga Atraksi. Akses dan Amenitas Pohuwato saat ini sudah sangat memadai. Hanya perlu terus didukung oleh Atraksi yang berkelas. Sehingga percepatan bisa dilakukan,” ucap Ricky.

Menteri Pariwisata Arief Yahya berpendapat serupa. Menurutnya, FP3C merupakan sebuah jawaban dari seriusnya seluruh stakeholder pariwisata Pohuwato untuk memajukan pariwisata Pohuwato sendiri.

“Seluruh daerah sekarang harua berlomba-lomba menggelar atraksi untuk mempromosikan serta menjaring wisatawan. Hadirkan terus event-event berkualitas di Kabupaten Pohuwato. Sehingga pariwisata Kabupaten Pohuwato akan semakin meningkat. Jadi silahkan datang dan nikmati Kabupaten Pohuwato,” ucap Menpar Arief Yahya. (*)

Facebook Comments

Leave a Reply

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.