Menikmati Eksotisme Destinasi Wisata Batam

BATAM (Paradiso) – Batam adalah kota yang memiliki lokasi sangat strategis, letaknya di tengah jalur pelayaran dan dekat dengan Negara Malaysia dan Singapura. Nah, selain lokasi yang menguntungkan, Batam pun memiliki bermacam destinasi wisata yang lengkap. #PesonaDestinasiLebaran2018 Batam sangat menarik untuk dikunjungi di libur Lebaran.

“Batam itu sangat eksotis. Viewnya keren. Kuliner oke. Budaya masyarakatnya juga khas dan kaya. Batam sangat ideal untuk menikmati libur Ramadan dan Lebaran. #PesonaMudik2018 akan semakin pas dengan berlibur di Batam,” ungkap Menpar Arief Yahya, Sabtu (2/6).

Lantas destinasi apa saja yang bisa dikunjungi di Batam? Berikut ulasan #10TopDestinasiLebaran2018Batam.

1. Jembatan Barelang

Tempat wisata di Batam yang pertama adalah Jembatan Barelang. Jembatan Barelang merupakan jembatan yang merupakan ikon dari kota Batam. Jembatan ini menghubungkan beberapa pulau, yaitu Pulau Batam, Rempang, dan Galang. Tujuan pembangunan jembatan ini adalah agar industri jadi lebih maju.

Jembatan ini sering juga disebut Jembatan Habibie karena beliau adalah orang yang merencanakan pembangunan jembatan pada tahun 1992. Jadi jika anda berkunjung ke Batam, wajib mengunjungi Jembatan Barelang ini.

Selain panorama sekeliling yang indah, lautan biru, dengan kapal-kapal di bawahnya dan juga terdapat banyak penjaja makanan di sekitar jembatan tersebut. Diantaranya adalah jagung bakar, rujak, sampai dengan kuliner bakso pun tersedia.

Paling enak berkunjung kemari menjelang sore karena tidak terlalu panas. Dan lebih baik bawa camilan sendiri saja, jadi tak usah mencari-cari makanan lagi sesampai di sana. Duduk di Jembatan Barelang sambil merasakan hembusan angin yang sepoi-sepoi dan panorama yang cantik. Menyenangkan dan jadi pengalaman yang tak terlupakan.

2. Pantai Marina

Pantai ini adalah salah satu destinasi wisata di Batam yang populer. Pantai Marina tak hanya berfungsi sebagai kawasan wisata saja melainkan juga pelabuhan kapal ferry. Pantainya menawan dengan taman hijau yang dapat dipakai sebagai arena permainan anak-anak.

Di sekeliling Pantai Marina terdapat banyak penjual makanan dan minuman jadi tidak perlu membawa bekal dari rumah. Selain itu jika ingin menginap, tersedia hotel dengan harga murah sampai kelas kakap yang bisa dipilih di sekitar Pantai Marina.

Tempat ini sangat pas untuk pilihan wisata bersama keluarga. Harga tiket dipatok Rp 6000,- dewasa dan Rp 3000 untuk anak-anak.

3. Pasar Mangrove Batam

Pasar Mangrove yang berada di Kampung Terih, Nongsa Batam adalah salah satu destinasi digital di Batam. Lokasinya dijamin keren. Spotnya ada  Desa Wisata Kampung Terih di Nongsa, Batam, Kepulauan Riau. Atraksi, kuliner dan kerajinan tangan khas Melayu tersajikan di sini. 

Sementara itu, bagi wisatawan yang ingin bermain air laut, dapat langsung mandi ke pantai Kampung Terih. Viewnya, mengatah langsung ke Batam Centre dan Singapura. Spot fotonya banyak.

Klimaksnya, ada panorama sunset keren yang bisa diabadikan lewat gadget dan kamera. Ini adalah Momen sunset terbaik di Batam. Matahari akan tenggelam di depan pantai dengan background Batam Center. 

4. Pantai Melur

Salah satu tempat wisata di Batam yang juga tak kalah terkenal adalah Pantai Melur. Pantai ini memiliki panorama yang indah, hamparan pasir putih membentang, pepohonan di sekelilingnya, juga air laut biru jernih. Semuanya ada di sini.

Sekarang juga ada wahana permainan air seperti banana boat yang ditawarkan di Pantai Melur. Ombaknya yang tenang dengan angin semilir menciptakan suasana damai dan rileks. Jadi bagi yang ingin menenangkan pikiran dan tubuh, bisa datang kemari.

5. Pantai Nongsa

Lokasi pantai ini ada di arah timur laut Batam. Nongsa merupakan salah satu kecamatan yang ada di Batam dan terkenal memiliki pantai yang indah bernama Pantai Nongsa. Butuh waktu kurang lebih 15 menit dari bandara untuk mencapai pantai ini.

Di Pantai Nongsa kita bisa bermain-main dengan ombak yang kecil dan menyusuri pasir putih yang luas. Keunikan pantai ini adalah kita bisa melihat dari tepi pantai Negara Singapura dengan jelas. Pantai ini indah sekali di malam hari.

Di sekitar pantai ada banyak penginapan dan hotel bertaraf internasional. Jadi bagi yang ingin lebih lama tinggal, bisa memilih hotel yang sesuai selera anda.

6. Kampung Vietnam

Kampung Vietnam letaknya di Pulau Galang dan tidak ada penghuninya. Pasalnya ini adalah kampung bekas para pengungsi Vietnam dahulu tinggal. Para pengungsi Vietnam yang sering disebut dengan manusia perahu dulu pernah mengungsi di Pulau Galang dikarenakan konflik internal. Nah, pemerintah hanya mengijinkan para pengungsi untuk tinggal sementara saja.

Satu per satu dari mereka dipulangkan ke asalnya dan sekarang tak ada lagi penghuni di sini. Walaupun sudah merupakan kampung kosong, tempat ini selalu ramai pengunjung karena daerah dan tempat yang ada di sana masih sama seperti dahulu dan belum ada yang berubah termasuk juga peninggalan para pengungsi.

7. Bukit Senyum

Salah satu kawasan perbukitan di Batam ini menarik untuk tempat nongkrong bersama kawan-kawan. Bukit Senyum sangatlah indah dan memiliki daya tarik tersendiri. Salah satunya adalah kita dapat melihat kota Singapura dari sini dan melihat aktivitas penerbangan atau pesawat yang datang-pergi dari Changi.

Bukit Senyum sangat cocok dikunjungi malam hari karena Singapura sangat indah waktu malam. Dan paling ramai kunjungan saat tahun baru. Selain menyalakan kembang api sendiri, kita pun dapat melihat gemerlap dan keindahan kembang api di kota Batam dan Singapura.

8. Pantai Tanjung Bemban

Pantai Tanjung Bemban berlokasi di Kampung Tua Tanjung Bemban, dekat dengan Batu Besar. Nah, pantai ini mulai dikelola dengan serius. Pantainya berpasir putih kecokelatan dengan ombak kecil. Kita bisa melihat banyak kapal dari tepian pantai.

Kalau air laut tengah surut, kita dapat menonton orang mencari gonggong (sejenis siput laut khas Kepri). Kalau hari-hari biasa, pantai ini sepi. Jadi orang-orang sekitar dapat masuk dengan gratis. Namun kalau hari libur, akan ada penjaga tiket di depan gerbang Tanjung Bemban. Anak-anak pasti suka main di sini.

Untuk kuliner, jarang kita temukan di sini. Tetapi kalau jajanan dan makanan keliling akan banyak lewat Tanjung Bemban. Ada panggung dan aula yang disewakan untuk berbagai acara. Dan saung-saung pun banyak disewakan. Kalau anda berdompet tipis bahkan bolong, bisa rekreasi gratis kemari pada hari biasa (bukan weekend atau liburan).

9. Pantai Melayu

Tempat wisata di batam berikutnya adalah pantai melayu. Pantai Melayu atau dikenal warga dengan sebutan Pantai Kampung Melayu sangat pas dijadikan tempat wisata keluarga. Ombaknya yang kecil, tidak berbahaya bagi anak-anak yang hendak berenang.

Banyak pepohonan yang membuat suasana pantai jadi teduh. Di sepanjang pantai banyak penjaja makanan dan minuman, jadi jangan khawatir akan kelaparan. Untuk tiket cukup dengan harga Rp 5000,- sudah bisa menikmati wisata pantai di sini.

Untuk datang ke pantai ini jangan lupa menlengkapi segala peralatan yang dibutuhkan ketika berlibur ke pantai. Terutama membawa baju ganti apabila berniat untuk berenang di pantai.

Ombak yang tak begitu besar menjadi sangat aman bagi pengunjung untuk berenang di pantai melayu ini. Untuk itu wisatawan sebelumnya diminta melengkapi apa-apa saja persiapan untuk liburan ke pantai agar liburan menjadi lebih lancar dan menyenangkan.

10. Engku Putri

Lapangan di dekat Mega Mall ini banyak digunakan untuk bersantai bersama keluarga di sore hari. Kalau minggu pagi banyak yang olahraga atau senam di sini. Engku Putri Termasuk bersih dan indah.

Dengan beberapa fasilitas penunjang seperti lapangan basket, dan area permainan skate board juga area bermain anak. Masuknya gratis, kok. Engku putri ini sangat cocok bagi liburan anak-anak muda untuk mengisi waktu luang mereka. Terutama pada saat sore hari kawasan ini akan sangat ramai pengunjung dan pada saat musim liburan anak sekolah. (*)

Facebook Comments

Leave a Reply

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.