Menjelajahi Keindahan Destinasi Wisata Cilegon Saat Libur Lebaran

CILEGON (Paradiso) – Cilegon bisa menjadi destinasi yang wajib kamu jelajahi untuk melengkapi agenda #PesonaMudik2018 di Provinsi Banten. Dikenal sebagai penghasil baja terbesar di Asia Tenggara, Cilegon populer dengan julukan Kota Baja.

Kota Cilegon, Banten, sangat identik dengan budayanya. Budaya ini juga yang membuat #PesonaDestinasiLebaran2018 di Kota Cilegon semakin indah. Saking indahnya, wisata di Cilegon sudah terekspose di dalam dan di luar negeri.

“Di Cilegon Lagi Hits Wisata Alam seperti pantai dan air terjun, Wisata Anak seperti pemandian atau wahana permainan anak. Sekali lagi saya katakan, memang Kota Cilegon kaya sekali akan Destinasi wisatanya yang indah dan alami. Dan menjadi salah satu #PesonaDestinasiLebaran2018,” kata Menpar Arief Yahya, Kamis (31/5).

Berikut #Top10DestinasiLebaran2018 di Cilegon yang lagi hits. Pengunjung juga bisa berinteraksi dengan penduduk lokal, pengrajin dan musisi tradisional. Uniknya semua dibungkus dalam kronologi sejarah masa lalu hingga masa depan.

1. Krakatau Waterworld

Krakatau Waterworld berada di Jl KH Yasin, Beji, Cilegon. Objek wisata air ini mengusung konsep Learn, Fun, and Refresh. Beberapa kolam yang dimiliki Krakatau Waterworld antara lain kolam renang olimpic, kolam renang anak, dan kolam renang arus selat Krakatau. Dilengkapi pula dengan seluncuran tube slide, family slide, dan race slide.

Krakatau Waterworld juga mempunyai fasilitas kamar bilas, kamar ganti, loker, penyewaan peralatan renang, foodcourt, gazebo, panggung terbuka, musholla dan juga area parkir yang luas.

2. Cilegon Green Waterpark

Objek wisata air Cilegon Green Waterpark ada di Jl. A. Yani, Cibeber, Cilegon. Destinasi ini menawarkan berbagai wahana yang bisa dinikmati bersama keluarga.

Wahana-wahana menarik yang ada di Cilegon Green Waterpark antara lain Super Slide (Tube Slide, Body Slide Anak, Body Slide Dewasa, dan Race Slide), Kids Pool, Semi Olympic Pool, Lazy River, dan Family Slide.

3. Krakatau Jungle Park

Jika liburan lebaran ini Anda mudik ke daerah Cilegon, atau melewati Cilegon, jangan lupa mengajak keluarga dan anak ke tempat rekreasi Krakatau Jungle Park.

Destinasi ini berada di kawasan milik PT Krakatau Steel. Yaitu di Jl KH Yasin, Beji, Cilegon. Krakatau Jungle Park memanfaatkan lahan hijau milik PT Krakatau Steel yang tidak terpakai. Konsep taman ini mengambil tema Adventure, Education, Ecology.

4. Pulau Merak Kecil

Pulau Merak Kecil masuk ke wilayah Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon. Untuk mencapainya, pengunjung harus menyeberangi laut sekitar 200 meter. Namun, perjalanan hanya memakan waktu sekitar 5 menit. Pengunjung dapat menggunakan jasa antar jemput perahu nelayan dari Pantai Mabak, tepat dibelakang Mapolsek Pulomerak.

5. Pulau Merak Besar

Pulau Merak Besar terletak tepat didepan pelabuhan penyeberangan Merak-Bakauheni, dengan luas areal sekitar 20 Ha. Pulau Merak Besar adalah Pulau Hutan Lindung. Fungsinya sebagai pelindung Pelabuhan Ferry dan Terminal Terpadu Merak. Pulau Merak Besar ini juga berfungsi juga sebagai penahan gelombang yang menuju Pelabuhan Merak dan dijadikan sebagai kawasan lindung yang dilestarikan keberadaannya.

6. Pantai Merak

Merak terkenal dengan pelabuhan penyeberangan yang menghubungkan Pulau Jawa dengan Pulau Sumatera melalui Selat Sunda. Tetapi jangan salah, Merak juga menyimpan banyak tempatindah untuk berwisata pantai.

Selain memiliki Pulau Merak Besar dan Kecil, kawasan pelabuhan ini juga mempunyai pantai indah untuk para penikmat keindahan pantai terutama para penikmat senja dan pecinta romantisme alam. Pantai ini berada di Hotel Merak di jalan utama Pelabuhan Merak.

7. Situ Rawa Arum

Situ Rawa Arum memiliki sejarah tersendiri dibalik keindahan alamnya. Danau dengan background bukit-bukit menjulang menjadi tempat yang nyaman untuk menyegarkan diri. Situ Rawa Arum berlokasi di Tegal Wangi, Kecamatan Grogol, Kota Cilegon, Banten.

Anda dapat dengan mudah menemukan Situ Rawa Arum karena berada tepat di pinggir jalan utama menuju ke Pelabuhan Merak. Perjalanan menuju Situ Rawa Arum hanya sekitar 15 menit dari pusat Kota Cilegon.

8. Batu Lawang

Batu Lawang menawarkan keindahan wisata alam, dimana kita bisa menikmati suasana alam perbukitan yang hijau, serta panorama kota Cilegon dari ketinggian. Dari Batu Lawang terlihat siluet Gunung Pinang di Kramatwatu, menara Masjid Agung Cilegon, Waduk Krenceng, bahkan siluet Gunung Karang di Pandeglang.

Batu Lawang terletak di Kelurahan Gerem, Kecamatan Grogol, Kota Cilegon, Banten sekitar 25 menit dari pusat Kota Cilegon.

9. Villa Ternak Cikerai

Salah satu destinasi wisata edukasi yang ada di Banten. Villa Ternak Cikerai berada di perbatasan Kota Cilegon dan Kabupaten Serang, tepatnya di Kampung Pasir Angin, Kelurahan Cikerai, Kecamatan Cibeber, Kota Cilegon, Banten.

Destinasi ini menawarkan wisata pertanian, peternakan dan jelajah alam yang dikonsep untuk wisata edukasi terutama untuk anak-anak. Pengunjung bisa memberi makan ternak atau bahkan bisa ikut memerah susu sapi atau kambing etawa.

10. Kampung Lukis Ramanuju

Kota Baja Cilegon sebagai kota industri juga mempunyai kampung kreatif dengan warna warninya. Kampung Lukis Ramanuju ini terletak di Lingkungan Ramanuju Baru, Kecamatan Citangkil, Kota Cilegon, Banten. Kampung Karya Lukis demikian warga menyebutnya. Kampung ini dipenuhi berbagai macam lukisan mulai dari lukisan tema binatang sampai dengan lukisan bertema budaya. (*)

Facebook Comments

Leave a Reply

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.