Menpar Arief Yahya:  Tidak Ada Cancellation, Batam dan Bintan Fully Booked

JAKARTA (Paradiso) – Menteri Pariwisata, Arief Yahya, mengatakan situasi keamanan pasca bom di Solo, sudah sangat kondusif, baik di Destinasi Wisata maupun di semua pintu masuk, termasuk pula di Batam dan Bintan.

Terkait dengan isu ancaman terorisme di Batam dan Bintan, Kementerian Pariwisata bergerak cepat segera setelah menerima info tersebut dari pihak Singapura.

Kemenpar dan Disparda Kepri telah berkoordinasi dengan aparat kepolisian dan seluruh Pengelola pelabuhan. Saat ini hampir semua pintu masuk pelabuhan wisman di Batam, Bintan dan Tanjungpinang di perkuat aparat pengamanan dari Kepolisian dan Brimob. Demikian penjelasan I Gde Pitana, Deputi  Pemasaran Pariwisata Mancanegara, Kemenpar RI, yang saat ini sedang piket bertugas di kantor Kemenpar bersama 4 orang staf.

Lebih lanjut I Gde Pitana menyampaikan bahwa “Kami juga sudah membangun komunikasi dengan konsul Singapore di Batam melalui Kadispar Kepri dan meyakinkan beliau bahwa Batam kondusif.  Pemda setempat telah melakukan antisipasi cepat dalam merespon dan menanggapi isu tersebut”.

Tentang “notification to singaporeans” yang dikeluarkan di official website konsulat Singapore di Batam, l adalah hal yang wajar dalam upaya pemerintah Singapore menjamin keamanan warga negaranya karena Batam dan Kepri merupakan destinasi wisata utama di Indonesia yang paling dekat dan banyak dikunjungi WN Singapore. Demikian komentar Deputi  Pemasaran Pariwisata Kemenpar, yang didukung oleh Kadisparda Prop. Kepri, Guntur Sakti.

Sampai saat ini,  tidak ada cancellation atau pembatalan kunjungan wisman ke Batam dan Bintan atau Kepri pada umumnya. Hal ini bisa dilihat dari indikator, dimana tingkat hunian kamar baik dari hotel berbintang maupun non bintang di Kepulauan Riau, khususnya di Pulau Batam maupun Bintan masih berada dalam kondisi penuh (fully Booked) selama libur hari raya idul fitri tahun ini, sebagaimana data diungkapkan oleh Kadisparda Kabupaten Bintan, Luki Prawira. (*)

Facebook Comments

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.