Menyelami Keindahan Bahari Bali Timur di Festival Pesona Tulamben 2017

JAKARTA (Paradiso) – Siapa yang tidak tahu Bali, pulau tujuan wisata unggulan utama Indonesia yang kerap mendapat penghargaan dunia. Jutaan wisatawan tiap tahun menginjakkan kaki ke pulau Bali, namun sebagian besar wisatawan masih berkumpul di area Bali Selatan, padahal Bali bagian timur tidak kalah menarik keindahannya, terutama wisata baharinya.

Bali bagian timur, yakni Kabupaten Karangasem memiliki kekayaan wisata bahari yang besar, salah satunya yang terdapat di Kawasan Tulamben. Dalam upaya mempromosikan dan menarik wisatawan ke Tulamben, Karangasem, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) mendukung kegiatan Festival Pesona Tulamben 2017, yang digelar selama dua hari, 27-28 Juli 2017 di Tulamben, Karangasem, Bali.

Pembukaan Festival Pesona Tulamben 2017.

Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenpar, Esthy Reko Astuty yang diwakili I Nyoman Wija Sugiantara Kasubdit Promosi Wisata Pantai & Pesisir menyampaikan Tulamben dikenal secara luas sebagai tempat menyelam yang eksotis dengan adanya bangkai kapal perang milik Amerika USS Liberty dan keindahan alam bawah lautnya yang terjaga dengan baik. Bagi kalangan diver (penyelam), Tulamben merupakan destinasi favorit yang mesti dikunjungi.

“Ini upaya untuk menyebarkan wisman di Bali agar tidak hanya terkonsetrasi di wilayah Bali Selatan, ternyata di Bali Timur juga menyimpan potensi pariwisata cukup besar, terutama wisata baharinya,” ujar Nyoman Wija mewakili Esthy Reko Astuti saat pembukaan Festival Pesona Tulamben 2017 di Tulamben, Karangasem, Bali, Kamis (27/7/2017).

Selain sebagai tempat menyelam, tambah Nyoman, Tulamben juga dikenal luas untuk kegiatan wisata airnya seperti berperahu dan memancing. Tujuannya jelas mempromosikan Tulamben sebagai daerah tujuan wisata yang kaya dengan potensi bahari, dan Kabupaten Karangasem dengan berbagai destinasi wisata unggulan yang dimilikinya.

Lomba memancing.

Kesempatan sama, Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa mengatakan Kecamatan Kubu sebagai lokasi Festival Tulamben memiliki banyak potensi yang harus diperkenalkan dan dipasarkan secara luas untuk kesejahteraan masyarakat. Maksud dari Festival Pesona Tulamben 2017 ini adalah untuk mengingatkan kembali kepada dunia internasional akan keberadaan Kabupaten Karangasem sebagai bagian dari Pulau Bali, dengan potensi wisata, khususnya wisata bahari, yang tidak kalah dari kabupaten lain di Provinsi Bali.

“Beberapa jenis kegiatan digelar di festival ini, seperti lomba jukung (perahu tradisional blai) race, fishing tournament, pameran kerajinan kreatif masyarakat, kuliner khas karangasem , parade seni dan budaya, dan juga panggung hiburan untuk masyarakat dan wisatawan,” ujar Wakil Bupati.

Pagi harinya, Kamis (27/7) puluhan perahu jukung (perahu tradisional Bali) menghiasi pantai Tulamben. Warna-warni layar perahu menyajikan pemandangan kontras dengan eksotisme pantai yang biru. Juga lomba memancing yang diikuti puluhan nelayan setempat dan pemancing profesional menambah menambah kuat animo wisatawan dan masyarakat datang menyaksikan even ini.

Pameran industri kreatif masyarakat sekitar.

Tak cukup sampai disitu, puluhan stand hasil kerajinan dan kuliner masyarakat setempat juga memanjakan para pengunjung Festival Pesona Tulamben 2017 ini.

Wayan Artha menambahkan, Kabupaten Karangasem pada tahun 2016 lalu dikunjungi wisman  sebanyak 343.274 orang, dan wisnus sebanyak 164.522 orang, dengan digelarnya event ini pihaknya menargetkan kunjungan wisman pada 2017 sebesar 376.600 wisman, dan 181.100 wisnus.

Di kalangan wisatawan, Tulamben di Kabupaten Karangasem – Bali, menjadi incaran favorit para diver, dikarenakan di sana ada USS Liberty, bekas kapal perang Amerika yang karam. Pantai Tulamben yang terletak di posisi ujung timur Bali merupakan salah satu spot diving yang memiliki popularitas di tanah air maupun di dunia.

Perairan di sekitar Tulamben memang memiliki terumbu karang yang indah, apalagi ditambah dengan adanya kapal perang Amerika USS Liberty yang karam puluhan tahun lalu. Di mana sekarang menjelma menjadi rumah bagi ikan warna-warni dan berbagai biota laut lainnya.

Ada satu lagi fenomena yang di cari oleh penyelam ke Tulamben, yaitu adanya ikan Bumphead parrotfish atau sering disebut oleh para diver Bumphead, merupakan ikan terumbu terbesar yang pernah ada, bahkan terkadang para diver juga menemukan ikan mola mola di dive site tersebut.

Selain Tulamben, masih banyak destinasi wisata menarik lainnya yang dimiliki Kabupaten Karangasem, seperti pantai candidasa, desa wisata tenganan, taman soekasada ujung, taman tirtagangga, jemeluk-amed, arung jeram di sungai telaga waja, pura agung besakih, dan juga bukit jambul. (*)

Facebook Comments

Leave a Reply

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.