MesaStila Peaks Challenge 2016 Diikuti Pelari Ultra Dunia

JAKARTA (Paradiso) – Kementerian Pariwisata (Kemenpar) mendukung penyelenggaraan MesaStila Peaks Challenge 2016 yang akan berlangsung di Magelang, Jawa Tengah pada 8-9 Oktober 2016 mendatang. Penyelenggaraan lomba lari ultra trail internasional yang ke-6 ini dalam rangka mempromosikan pariwisata Jawa Tengah, khususnya obyek wisata Gunung Merbabu dan Gunung Merapi, melalui event wisata olaharga (sport tourism) sekaligus mendukung program Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia yang tahun ini mentargetkan kunjungan 12 juta wisatawan mancanegara (wisman) dan 260 juta pergerakan wisatawan nusantara (wisnus) di Tanah Air.

Asdep Pengembangan Pemasaran Pariwisata Segmen Personal, Raseno Arya mengatakan, penyelenggaraan event sport tourism selain memberikan dampak langsung ekonomi (direct impact)  pada masyarakat, juga menjadi sarana yang efektif untuk mempromosikan potensi pariwisata yang ada di daerah.

“Kegiatan ini akan mendatangkan 500 peserta, 125 peserta di antaranya wisman yang datang dari 25 negara dengan total pengeluaran sekitar  Rp 1,5 miliar,” kata Raseno Arya dalam jumpa pers MesaStila Challenge Ultras 2016 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, Kamis (26/5).

Raseno Arya mengatakan, penyelenggaraan MesaStila Challenge Ultras  juga menjadi sarana yang efektif untuk mempromosikan potensi pariwisata Jawa Tengah (Jateng) sekaligus mendongkrak kunjungan wisatawan ke Jateng yang tahun ini mentargetkan 26 juta wisnus dengan pengeluaran sekitar Rp 20 triliun dan 420 ribu kunjungan wisman dengan perolehan devisa sebesar Rp 7 triliun.

SAMSUNG CAMERA PICTURESKemenpar terus mendorong kegiatan sport tourism internasional di Tanah Air yang memberikan dampak ekonomi langsung pada masyarakat maupun media value sekaligus meningkatkan kunjungan wisatawan. Sejumlah kegiatan wisata olahraga  di Tanah Air seperti; Tour de Singkarak (TdS), Tour de Bintan (TdB), Tour de Flores (TdF), Musi Tributon, Jakarta Marathon, Iron Man banyak mendatang wisatawan. Begitu dengan terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggaraan ajang olahraga internasional  MotoGP  2017 dan Asia Games di Jakarta dan Palembang pada 2018 mendatang akan mendongkrak kunjungan wisman.

“Ada Gunung Andong 1.726 mdpl, Gunung Merbabu 3.145 mdpl, Gunung Merapi 2.900 mdpl, Gunung Telomoyo 1.890 mdpl dan Gunung Gili Petung yang orang jarang tahu setinggi 1.400 mdpl,” papar Race Coordinator MesaStila Peaks Challenge Sri Agus Budi.

Agus menambahkan, para pelari dari tiap kategori akan berangkat pada waktu yang berbeda-beda. Yang jaraknya paling jauh, 100 K berangkatnya lebih dulu dengan harapan di 10 kilometer terakhir akan bertemu sebelum garis finish.

“Kita sudah buka pendaftaran dari April 2016 kemarin, sudah 190 peserta. Pelari dari 9 negara seperti salah satunya Jepang juga siap ikut,” tambah Agus.

Lewat MesaStila Peaks Challenge, para pelari akan disajikan panorama persawahan dan perkebunan. Serta tentu saja, lanskap alam yang indah di tiap gunung dan merasakan tantangan yang berbeda-beda pula. “Kalau di Merbabu itu landai tapi panjang, sedangkan di Merapi sangat curam. Khusus Merapi atas arahan dari pihak taman nasional kita tidak sampai atas hanya sampai Pasar Bubrah saja,” urai Agus.

Bagi yang mau mendaftar, silakan kunjungi situs resmi MesaStila Peaks Challenge. Harga untuk 11 K, dipatok Rp 300 ribu, 21 K Rp 350 ribu, 42 K Rp 650 ribu, 65 K Rp 850 ribu dan 100 K Rp 1 juta. Pihak MesaStila juga memberikan harga khusus bagi para pelari yang mau bermal di resornya selama event berlangsung.

MesaStila Challenge Ultra 2016 akan melombakan lari dalam kategori MesaStila 5 Peak Challenge 100 km,  MesaStila 4 Peak Challenge 65 km, MesaStila Marathon 42 km, dan MesaStila Run 21 K & 11 K. Para peserta lomba lari ini akan melintasi berbagai rintangan sambil menikmati obyek wisata antara lain  jalur kereta tua, Stasiun Kereta Ambarawa, jembatan lintasan kereta, pemukinan penduduk, serta  hamparan persawahan dan perkebunan kopi  yang ada di lereng Gunung Merapi-Merbabu. Selain itu para peserta, seusai mengikuti lomba, dapat tinggal di resort dengan harga promo yang diberikan  pihak penyelenggara dari MesaStila Resort. (*/bowo)

Facebook Comments

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.