Minggu Pagi, #PasarMangroveBatam, Pasar Zaman Now GenPI Kepri

BATAM (Paradiso) – Ide kreatif Generasi Pesona Indonesia (GenPI) terus mengalir ke berbagai daerah. Kini giliran GenPI Kepulauan Riau (GenPI Kepri) yang akan menyulap hutan mangrove di Batam menjadi “Pasar Mangrove”. Event berbasis pariwisata zaman now itu bakal segera menyapa mulai Minggu, 10 Desember 2017.

Lokasinya dijamin keren. Spotnya ada  Desa Wisata Kampung Terih di Nongsa, Batam, Kepulauan Riau. Atraksi, kuliner dan kerajinan tangan khas Melayu akan tersajikan di #PasarMangroveBatam.

Yang penasaran, buruan deh kosongkan jadwal akhir pekan nanti. Lapak jualannya sudah siap. Jumlahnya ada 20. Dengan kreasi dari kayu, tim GenPI Batam dan Kepri sukses menyulap barang tak berguna menjadi kreasi yang mumpuni.

“Yang mau hunting makanan khas Melayu silakan datang ke Pasar Mangrove di Kampung Terih. Sajiannya dimasak langsung oleh warga. Nanti juga ada  beberapa lapak souvenir hasil kerajinan tangan warga, pengrajin UKM dan Dekranasda Kota Batam,” jelas Bambang, Koordinator GenPI Batam, Kamis (7/12).

Aneka makanan laut yang yummie dipastikan ada. Ketam, ikan, semuanya akan diolah dengan perpaduan bumbu yang menggugah selera.

“Bahannya didapat dari nelayan Kampung Terih. Ini juga untuk meningkatkan pendapatan warga,” tutur Bambang.

Culture-nya? Dijamin oke dan nggak bikin bete. “Yang pasti ada tari Melayu dan main gasing,” tambahnya.

“Rencananya, penampilan seni tari dan gasing ini akan diselang-seling pementasannya. Misalnya, jam 13:00WIB ditampilkan tarian melayu, lalu jam 13:30 WIB akan ditampilkan permainan gasing. Jam 14:00 WIB ditampilkan kembali tarian, dan seterusnya,” terang Bambang.

Yang unik, dalam pementasan seni tari dan gasing ini, para wisatawan juga diajak berinteraksi bersama. Semuanya akan diajak menari. Yang suka permainan tradisional, bisa ikutan atau mencoba memainkan gasing.

Sementara itu, bagi wisatawan yang ingin bermain air laut, dapat langsung mandi ke pantai Kampung Terih. Viewnya, mengatah langsung ke Batam Centre dan Singapura.

“Beberapa titik tempat berswafoto (selfie) jgabsudah disiapkan. Ini hadil kerja bareng antara Tim Genpi Batam, warga setempat dan Pokdarwis Kampung Terih,” tambah Bambang.

Klimaksnya, ada panorama sunset keren yang bisa diabadikan lewat gadget dan kamera. Ini adalah Momen sunset terbaik di Batam. Matahari akan tenggelam di depan pantai dengan background Batam Center.

Koordinator GenPI Kepri, Nunung menambahkan, salah satu unggulan -#PasarMangrove Batam ini adalah pelantar mangrove di dalam lokasi acara.

“Pelantar mangrove ini merupakan pelantar bakau yang terpanjang di Kota Batam. Panjangnya mencapai 200 meter. Di sepanjang pelantar mangrove ini nantinya akan dihiasi beberapa spot tematik selfie untuk memuaskan para wisatawan,” terang Nunung.

Nunung mempersilakan seluruh peserta untuk mencari angle terbaik. Membuatnya dengan cara kreatif. Endingnya, karya-karya tadi diposting di media sosial masing-masing. “Silakan abadikan. Nanti ada lomba foto di IG. Dan hadiah yang disiapkan juga sangat oke,” lanjut Nunung.

Sejumlah keseruan tadi akhirnya ikut dilirik industri di Nongsa. Batam View Resort misalnya. Industri yang getol menjual Paket PWI Terpadu itu langaung setuju mengarahkan tamu-tamunya ke #PasarMangroveBatam pada 10 Desember 2017.

“Akhir pekan besok, juga ada acara Bollywood Night. Penontonnya adalah wisatawan India dan Singaporean berdarah India. “Bus yang mengantarkan wisata belanja akan saya belokkan ke arah #PasarMangroveBatam. Kami akan ajak semuanya berhenti selama 1 atau 2 jam di event ini,” ungkap Anddy Fong.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengapresiasi semangat anak-anak muda Kepri dalam berkreasi.

“Ini seperti  Radja Pendapa Camp yang menggabungkan antara adventure, nature, culture dan ada banyak sentuhan buatan atau manmade. Itu sangat kreatif. Jadi tunggu apalagi? Selagi tiket pesawat murah ke Batam, yuk tonton #PasarMangroveBatam,” kata Menpar Arief Yahya. (*)

Facebook Comments

Leave a Reply

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.