MPLS yang Menyenangkan di SMA Negeri 2 Kuta

SENYUM SALAM SAPA – Selamat Belajar di SMA NEGERI 2 KUTA!

KUTA (Paradiso) – SMA Negeri 2 Kuta, yang terletak di Jalan Pura Dalem Kedonganan, Kuta, Badung telah menjelma menjadi salah satu sekolah favorit di Kabupaten Badung. Tak heran bila banyak siswa yang ingin menuntut ilmu di sekolah ini. Tercatat tahun ajaran 2019 ini SMA Negeri 2 Kuta menerima 319 siswa baru yang tersebar dalam 9 kelas.

Pada tahun ajaran 2019 ini sebetulnya banyak lulusan SMP yang berlomba – lomba untuk dapat diterima bersekolah di SMA Negeri 2 Kuta. Namun dengan sistim zonasi, maka secara otomatis prioritas adalah para siswa yang berasal dari Desa Adat Kedonganan dan juga dari daerah sekitar SMA Negeri 2 Kuta.

319 siswa baru ini barusan menyelesaikan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Masa Pengenalan ini diadakan selama 5 hari sejak Senin 15 Juli 2019 hingga Jumat 19 Juli 2019. Berbeda dengan MOS sebelumnya, MPLS ini lebih bersifat pengenalan sekolah itu sendiri, seperti area sekolah, peraturan tata tertib sekolah, perkenalan dengan Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah dan juga para guru. Selain itu ada juga berbagai kegiatan positif yang mewarnai kegiatan MPLS di sekolah ini.

Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Kuta, Drs. I Putu Jaya Kusuma, M.Pd

Panitia MPLS adalah para pengurus OSIS dibawah bimbingan Bapak Sukadi yang juga Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan. Uniknya, kegiatan MPLS di SMA Negeri 2 juga juga  dihadiri oleh orang tua siswa yang ingin melihat dari dekat pelaksanaan MPLS. Beberapa program yang dijalankan diantaranya adalah dinamika kelompok, pendidikan kepramukaan, tata karma, ekstra kurikuler, pendidikan baris berbaris, bakti sosial dengan membersihkan sampah di Pantai Kedonganan, dan ada juga permainan yang menarik bagi para siswa. Panitia MPLS juga memperkenalkan cara untuk mengurangi sampah dengan cara, mewajibkan masing masing peserta harus membawa makan siang dalam tupper ware (tidak boleh bungkus atau kotak), minuman dalam botol isi ulang, buah dan tidak lupa pula membawa 2 jajanan pasar setiap hari.

Hari pertama diwarnai berbagai kejadian lucu dimana ada siswa yang lupa membawa jajan pasar, ada juga yang lupa membawa bekal untuk makan siang, ada juga yang membawa sepeda motor ataupun hp sehingga kena sanksi disiplin. Sama sekali tidak ada kekerasan baik fisik maupun psikis. Semua siswa baru menikmati masa MPLS dengan baik. Sehingga ketika hari pertama masih banyak orang tua yang melihat MPLS, maka hari kedua dan ketiga hampir tidak ada orang tua yang mengikuti anaknya MPLS.

Tim Dayung SMA Negeri 2 Kuta saat bertemu Kepala Sekolah, Drs. I Putu Jaya Kusuma, M.Pd

Sementara pada Jumat, 19 Juli 2019 hari terakhir MPLS diisi dengan membersihkan sampah di Pantai Kedonganan. Tujuannya untuk menanamkan rasa cinta terhadap lingkungan yang bersih kepada para siswa sejak dini. Ada juga lomba pentas seni, dan selanjutnya adalah acara penutupan.

Dalam sambutannya, Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Kuta, Drs. I Putu Jaya Kusuma, M.Pd. mengharapkan semua siswa dapat mengikuti pelajaran dengan baik karena standar nilai kenaikan untuk siswa di SMA Negeri 2 adalah 65 sehingga diharapkan semua mata pelajaran nilai minimalnya adalah 65. Apabila siswa mengalami kesulitan belajar, maka diharapkan setelah ulangan harian, siswa dapat meminta remidi dari guru mata pelajaran yang bersangkutan.  Siswa yang mempunyai prestasi baik di bidang seni maupun olahraga, dimana tahun ini SMA Negeri 2 Kuta menerima 10 siswa dari jalur prestasi, juga diharapkan untuk dapat menyeimbangkan prestasi non akedemis dengan pelajaran di sekolah.

Putu Jaya Kusuma juga mengharapkan apabila ada siswa yang mengalami masalah ataupun kesulitan untuk tidak segan – segan konsultasi baik ke wali kelas, guru BK, Wakil Kepala Sekolah ataupun langsung kepada dirinya. “Saya membukakan pintu kantor lebar – lebar apabila ada siswa yang ingin berkonsultasi,”tegasnya.

Ada 42 kegiatan ekstra kutikuler yang dapat dipilih oleh para siswa dan juga kegiatan wajib kepramukaan. Siswa dapat memilih marching band, renang, sepak bola, bahasa Inggris, seni, dsb sesuai dengan bakat dan keinginan masing masing siswa. Bahkan pada Bulan Juni lalu, SMA Negeri 2 Kuta merupakan satu – satunya sekolah yang mewakili Bali dalam lomba dayung tingkat International di Pantai Sekeh.  Lomba tingkat International tersebut diikuti oleh berbagai Club Dayung termasuk dari Brunei Darussalam. Hasilnya SMA Negeri 2 kuta memperoleh 2 medali. Tentu ini merupakan awal yang sangat bagus untuk tim dayung SMA Negeri 2 Kuta dibawah asuhan Bapak Joy Ratno.

Dengan ditutupnya MPLS ini maka secara resmi para siswa diterima di SMA Negeri 2 Kuta, yang disambut dengan tepuk tangan dan antusias para siswa baru. Selamat menuntut ilmu. Jadilah anak Indonesia yang berilmu, berbudaya dan juga cerdas. (*)

Facebook Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.