Musi Triboatton 2015 Dibuka Meriah

Lubuk Linggau (Paradiso) – Kegiatan sport tourism bertaraf internasional, Musi Triboatton 2015 resmi dimulai. Musi Triboatton 2015 merupakan ajang kompetisi lomba dayung menyusuri Sungai Musi yang diikuti 15 tim peserta, dari dalam maupun luar negeri. Kompetisi ini akan mencari tim terbaik dalam 3 kategori lomba dayung yaitu perahu naga, kayak dan rafting.

Lomba dayung yang terdiri dari 5 etape ini akan dimulai dari Tanjung Raya, Kabupaten Empat Lawang menuju ke Jembatan Kuning Tebing Tinggi sebagai Etape 1, dengan jarak sekitar 35KM. 15 Tim yang akan berkompetisi dalam ajang itu sudah bersiap di titik start.

Tercatat ada 5 Tim dari 4 negara tetangga, seperti Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura dan Filipina ikut serta dalam event ini.

Sementara 10 tim lokal berasal dari beberapa provinsi seperti Aceh, Jambi, Kalimantan Utara, Riau, Sumatera Barat, Sumatera Utara, Bangka Belitung, serta tim tuan rumah Sumatera Selatan.

opening musi triboatton 2015Dalam acara upacara pembukaan Musi Triboatton 2015, Selasa (15/12) malam waktu setempat, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kementrian Pariwisata, Esthy Reko Astuti mengungkapkan kegiatan ini dapat menjadi ajang yang efektif untuk mempromosikan Sungai Musi sebagai destinasi wisata unggulan di Provinsi Sumatera Selatan.

“Ajang ini adalah salah satu upaya branding destinasi yang dilakukan oleh Kementerian Pariwisata. Seperti kita tahu, 60% wisatawan datang karena event atau wisata buatan manusia. Musi punya potensi sungai sebagai daya tarik wisata yang patut kita kembangkan,” ujar Esthy.

Acara pembukaan Musi Triboatton 2015 yang bertempat di Lapangan Kali Bening, Kec Tugumulyo, Kabupaten Musi Rawas, berlangsung sangat meriah. Masyarakat sangat antusias dan menyambut gembira akan datangnya event ini.

Penonton pun membeludak menikmati berbagai acara hiburan yang disajikan saat pembukaan Musi Triboatton 2015. Riki Junaidi, Pejabat Pelaksana Bupati Musi Rawas mengatakan ajang Musi Triboatton ini sudah menjadi hiburan bagi rakyat Musi Rawas dan dinantikan setiap tahun.

“Musi Triboatton adalah hiburan bagi masyarakat Musi Rawas. Setelah beberapa waktu ini, tahapan pilkada sudah dilalui dengan aman dan lancar. Semoga ajang ini jadi ikon event wisata tahunan di Sumatera Selatan,” ungkapnya.

Masyarakat Musi Rawas dan peserta Musi Triboatton dari dalam dan luar negeri yang hadir malam itu, dihibur oleh beberapa kesenian khas Musi Rawas. Kesenian itu antara lain Tari Sambut Silampai, sebagai tari penyambutan selamat datang kepada para tamu.

Kemudian disusul oleh penampilan Tari Jambu Merah, serta Sendratari Gopu Dusun Mumai yang terinspirasi dari cerita rakyat Musi Rawas.

Dari ajang Musi Triboatton 2015 diharapkan makin banyak wisatawan nusantara, maupun mancanegara yang datang ke Sumatera Selatan. Target dari event ini mampu menaikkan hingga 3,5 Juta wisnus dan 33 ribu wisman.

Tim Sumsel 1 Kuasai Etape Pertama

opening musi triboatton 2015 (1)Tim Sumatera Selatan (Sumsel) 1 keluar sebagai juara pertama di rafting etape 1 International Musi Triboatton 2015. Tim Sumsel 1 berhasil mencatatkan waktu tempuh selama 2 jam 30 menit 3 detik mengarungi sungai Musi dari titik awal Tanjung Raya hingga Tebing Tinggi sejauh 35 km.

“Setelah latihan berbulan-bulan, akhirnya kami di etape pertama ini meraih juara 1,” ujar pelatih tim Sumsel 1, Anggara Pamungkas di Empat Lawang, Rabu (16/12).

Menurut Anggara, strategi tim Sumsel 1 memang meraih juara pertama sejak etape pertama untuk mempermudah laju meraih juara umum International Musi Triboatton 2015.

Di tahun 2014 lalu, dari total seluruh etape, Sumsel 1 meraih juara umum kedua International Musi Triboatton 2014.

Di posisi kedua rafting etape pertama ini diraih oleh tim Sumsel 2 dengan catatan waktu 2 jam 31 menit 2 detik dan di posisi ketiga ditempati oleh Kalimantan Utara dengan catatan waktu 2 jam 33 menit 42 detik. Masih ada 4 etape selanjutnya di ajang International Musi Triboatton 2015 hingga 19 September mendatang. (*/bowo)

Facebook Comments

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.