Nikmati Menu Ayam Kalkun Saat Thanksgiving di Restoran Patheya

patheya2Jakarta (Paradiso) – Perayaan Thanksgiving, mulai terdengar dan dirayakan di berbagai tempat di Indonesia. Beberapa hotel dan restoran pun mulai menawarkan paket untuk makan bersama dengan menu ayam kalkun tentunya, seperti halnya yang dilakukan Restoran Patheya yang terletak di Jalan Kemang Timur Raya, Jakarta Selatan ini.

Hari Thanksgiving merupakan hari libur nasional yang dirayakan secara rutin di Kanada dan Amerika Serikat. Sesuai namanya yang terdiri dari dua suku kata yaitu Thanks dan Giving, hari Thanksgiving dimaknai sebagai hari untuk bersyukur dan berterima kasih kepada Tuhan atas rezeki yang sudah didapat selama setahun.

“Di Amerika, Thanksgiving dirayakan setiap Kamis minggu ketiga di bulan Dember. Perayaan ini melebihi Hari Natal. Sebenarnya Thanksgiving itu kalo di Indonesia sama saja seperti acara syukuran, seperti bersih desa, atau perayaan ketika panen berhasil,” ujar pemilik Restoran Patheya, Rahayu Ningsih.

patheya1Menurut perempuan yang biasa disapa Yayuk ini, Thanksgiving itu seperti halnya hari Lebaran Idul Fitri di Indonesia. Di Amerika, masyarakatnya juga banyak yang pulang kampung pada hari tersebut. “Kalau ada yang tidak pulang kampung, ketika saya tinggal disana sering mencari keluarga yang tidak pulang kampung untuk akhirnya dapat berkumpul bersama mereka,” ungkapnya.

“Di Indonesia pun begitu, kalau tidak pulang kampung saat lebaran ya makan bersama keluarga saja pada saat itu. Restoran Patheya bukan latah atau ikut-ikutan membuat menu Thanksgiving. Bagi saya Thanksgiving merupakan suatu kebudayaan,” ungkapnya.

Yayuk menambahkan, “Kalau di Indonesia pada saat Lebaran Idul Fitri, banyak yang pulang kampung mengalami kendala jalanan macet, perayaan Thanksgiving di Amerika juga ada kendalanya yakni badai, tapi mereka tetap ingin pulang kampung”.

Menurut saya, dengan keadaan tersebut tidak harus pulang kampung dan memaksakan diri, kita bisa juga bisa merayakannya dengan berkumpul bersama keluarga, sahabat dekat untuk makan malam bersama dan berdoa atas nikmat makanan yang ada di meja, yang kesemuanya diperoleh dengan perjalanan yang panjang.

Kalau perayaan Lebaran di Indonesia identik dengan ketupat dan opor ayam, pada perayaan Thanksgiving memang tidak bisa dipungkiri kalau menu ayam kalkun menghiasi meja makan.

Penggunaan kalkun sebagai menu utama pun dianggap cocok karena porsinya besar dan cukup dinikmati banyak orang. Sebab ayam porsinya sangat kecil, sementara angsa/bebek jarang dijumpai, dan domba dinilai terlalu banyak.

Selain itu, kalkun biasanya lahir pada pertengahan musim semi (sekitar bulan Maret) dan memakan waktu sekitar sembilan bulan untuk mencapai masa dewasa. Sehingga daging kalkun yang dinikmati saat Thanksgiving akan terasa sangat lezat.

Yayuk yang juga orangtua dari pencipta lagu Anto Hoed (suami Melly Goeslaw) ini mengatakan, “Untuk malam Thanksgiving di restoran kami ini menghadirkan sajian menu Ayam Kalkun dan Crown of Lamb dengan proses pemasakan yang baik”.

Crown of Lamb
Crown of Lamb

Crown of Lamb merupakan bagian dari iga tengah kambing yang digabung membentuk mahkota, dimasak dengan di panggang dan dimakan dengan saus homemade Patheya.

Sedangkan untuk Ayam Kalkun buatanya sebelum dimasak, daging kalkun di rendam dalam air yang diberi garam. Agar tidak kena kuman, proses penyerapan air garam itu dilakukan di lemari es.

Menurutnya kalkun yang diperolehnya merupakan kalkun import dengan berat 4-5 Kg. “Ada yang sampai beratnya hingga 8 Kg, tapi saya pakai yang ukuran 4 Kg saja dan yang ukuran tersebut hanya satu hari saja proses memasaknya. Untuk harga 1 ekor kalkun yang sudah dimasak kami jual Rp1,2 juta,” ungkapnya.

Tidak hanya menu kalkun dan iga kambing panggang saja, untuk bagian dalam/jeroan daging kalkunnya, Yayuk mencapurkannya dengan daging sapi yang kemudian dijadikan rolade, daging yang digulung dengan aluminium foil, kemudian di steam.

“Untuk sausnya ada saus asin kaldu yang dibuat dari sisa pembakaran, yang kemudian dicampur red wine dan diberi tepung terigu dan mentega. Selain itu ada saus blue berry terbuat dari buah blue berry yang campurannya sama seperti saus asin kaldu,” tuturnya.

Sebagai teman makan kalkun yang dagingnya sangat lembut itu, Yayuk juga menawarkan para tamu yang hadir untuk mencoba juga pure kentang, salad broccoli, dan juga sup. (evi)

Facebook Comments

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.