Okupansi Hotel 100 Persen, Pekan Expo Natuna 2017 Meledak

NATUNA (Paradiso) – Perhelatan Pekan Expo Natuna 2017 berakhir manis. Acara yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Natuna dan didukung Kementerian Pariwisata (Kemenpar) yang digelar pada tanggal 29 Juli hingga 1 Agustus 2017 itu berjalan sukses. Kepala Dinas Pariwisata Natuna Ersom Gempa Arfiandi mengatakan, buktinya bisa terlihat dari okupansi Hotel yang ada di Natuna meningkat 100 persen dan semua Hotel Full.

”Semua Hotel penuh, tingkat hunian hotel meningkat 100% dari 327 kamar yang tersedia di lima Hotel besar di Natuna dan homestay juga penuh. Bisa kami perkirakan yang datang pada acara ini sekitar 10.000 lebih wisatawan,” katanya.

Natuna memang punya alam yang indah dan seksi.Untuk menuju ke destinasi tersebut, pintu masuk wisatawan ke pulau Natuna melalui Bandara Udara Ranai Natuna dan Pelabuhan Selat Lampa. Untuk di Pelabuhan Selat Lampa sekali dalam seminggu, dilabuhi kapal oleh Pelni, sedangkan lama perjalanan 1 hari dari Batam melalui laut.

“Untuk pesawat ada Sriwijaya air 4 kali dalam seminggu, Wings 3 kali seminggu, dan Express Air baru akan beroperasi minggu depan. Diharapkan dengan suskesnya acara ini akses ke Natuna semakin membaik, dan semakin terbuka,” ucap Erson.

Acaranya yang didukung oleh Kemenpar ini juga tidak main-main. Terkait Pekan Expo Natuna 2017 yang berlangsung meriah dan menarik, imbuh Erson, acara dibuka secara resmi oleh Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal dengan ditandai pelepasan 146 lampion dengan simbol 1 lampion besar mewakili 100 tahun dan 46 lampion kecil mewakili 46 tahun. ” Kami juga akan tingkatkan sumber daya manusia kami untuk menyambut wisatawan. Apalagi kami dekat dengan negara-negara tetangga. Terima kasih juga yang telah memberikan dukungannya kepada acara ini,”katanya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menjelaskan bahwa agar terus menjaga akses, amenitas, atraksi di Natuna. “Lokasi Natuna berada di ujung utara Indonesia, langsung berbatasan dengan Vietnam dan Kamboja serta perairannya menjadi rute pelayaran internasional Hongkong, Jepang, Korea hingga Taiwan. Sehingga sangat potensial untuk mendatangkan wisman, harus terus banyak acara yang bisa mendatangkan Wisman,” ucap Menpar Arief Yahya.

Sementara itu, Bupati Natuna Hamid Rizal mengatakan, Natuna Expo ini merupakan bagian dari langkah promosi wisata Kabupaten Natuna di mana banyak memiliki potensi di bidang kebudayaan, alam dan wisata lainnya. Event ini ditargetkan mampu mendatangkan 500 wisatawan mancanegara.

“Kegiatan ini akan menjadi agenda tahunan dalam rangka mendukung promosi dan percepatan pembangunan sektor pariwisata yang diharapkan juga akan berdampak positif bagi pengembangan sektor lainnya,” kata Bupati.

Hamid berharap event ini dapat dijadikan sebagai sarana promosi bagi masyarakat Natuna khususnya dalam bidang ekonomi kreatif, di antaranya perajin suvenir, penggiat seni budaya dan pelaku usaha lainnya.

Destinasi wisata di Natuna sangat banyak. Mulai dari bentuk pulaunya yang unik seperti orang tidur, letaknya yang merupakan perbatasan timur Natuna dengan Malaysia, tebing terjal, pasir putih untuk berenang atau bermain voli pantai, gua sarang walet, patahan karang laut, tempat penyu hijau bertelur, dan terumbu karang bawah lautnya yang masih alami.

Di Natuna juga pada spot tertentu sehingga asyik untuk dijadikan tempat menyelam maupun snorkeling dan memancing.Selain itu tidak ketinggalan pula hiburan berupa atraksi dari beberapa paguyuban seni daerah yang ada di Indonesia dalam balutan Parade Seni Budaya Nusantara yang menampilkan kesenian randai, reog, angklung, barongsai dan kesenian tradisional khas Natuna seperti permainan gasing.(*)

Facebook Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.