Operator Diving Baru Bermunculan di Bali

divingJakarta (Paradiso) – Terkenalnya Bali sebagai salah satu lokasi menyelam menyebabkan jumlah usaha jasa penyelaman atau diving terus bertambah setiap tahunnya. Ketua Gabungan Usaha Wisata Bahari dan Tirta (Gahawisri) Yos Amerta mengungkapkan setiap tahun jumlah usaha diving baru bertambah 10-20 perusahaan dengan komposisi asing dan lokal berimbang.

“Kebanyakan mereka itu di bidang dive operator, karena modalnya paling murah sekitar Rp1 miliar, dibandingkan bidang lain seperti dive resort yang jauh lebih besar. Kendati bertambah, tidak bermasalah dengan keberadaan operator baru tersebut, karena komposisi asing dan lokal seimbang. Bali, menurutnya, masih lebih baik jika dibandingkan dengan daerah lain seperti Komodo dan Lombok yang lebih banyak dikuasaai operator asing,” ujarnya.

Dikatakan, diperkirakan jumlah operator penyelaman ke depannya akan terus bertambah seiring meningkatkan pendapatan masyarakat sehingga tren berlibur makin digemari. Kondisi itu ditambah dengan membaiknya infrastruktur menuju lokasi wisata bahari.

“Selain itu, gaya hidup melakukan penyelaman terus meningkat seiring banyaknya teknologi digital seperti kamera underwater. Orang akan terus berbondong-bondong menyelam apalagi wisata bahari Indonesia sangat terkenal,” katanya. (*/bisnis.com)

Facebook Comments

Leave a Reply

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.