Osing Deles, Surga Kuliner dan Oleh-oleh Banyuwangi

BANYUWANGI (Paradiso) – Berbicara mengenai liburan, Banyuwangi juaranya. Destinasi alamnya keren. Lebih dari itu, Banyuwangi adalah surga kuliner dan belanja. Salah satu tempat kuliner terbaik di Banyuwangi adalah Osing Deles. Tempat yang satu ini selalu menjadi menu wajib dikunjungi bagi wisatawan.

Osing Deles berdiri sejak 2013. Kulinernya lezat mengoda selera. Pilihannya pun banyak. Outlet yang berada di Jalan Agus Salim Banyuwangi ini menawarkan beragam kuliner baik western maupun tradisional.

“Sudah pasti nikmat dan menggoda selera. Yang paling difavoritkan wisatawan sih Beef Cordon Bleau untuk western food-nya. Kalau menu tradisional yang favorit, yang khas Banyuwangi adalah Pecel Pitik,” kata Marketing Osing Deles, Febriana, Senin (30/7).

Soal harga, wisatawan tak perlu khawatir. Anda tidak harus merogoh kocek dalam-dalam untuk berburu kuliner di sini. Beef Cordon Bleau misalnya, hanya dibandrol Rp 40 ribu. Sedangkan Pecel Pitik, wisatawan dapat menyantapnya dengan hanya Rp 35 ribu.

“Harganya dijamin murah meriah. Untuk minuman berkisar Rp 15 ribu sampai Rp 30 ribu. Sedangkan makanan berkisar Rp 20 ribu sampai Rp 60 ribu,” imbuhnya.

Tempat ini juga menawarkan beragam oleh-oleh unik untuk buah tangan wisatawan. Mulai dari batik, handicraft, cemilan, hingga kaos.

Tempatnya pun super cozy. VIP Roomnya ber-AC. Bahkan, pernah dijadikan tempat meeting Dirut AP II M. Awaluddin saat kunker ke Banyuwangi, dua minggu lalu. Sensasi tradisional namun mewah sangat menonjol di tempat ini. Osing Deles menjadikan kayu, bambu, dan miniatur sepeda sebagai penyusun sebagian besar perangkat maupun hiasan di sana. Terdiri dari 5 lantai, bangunan megah dan ruangan ber-AC menambah kenyamanan wisatawan.

“Kita ingin menjadi one stop place. Mau belanja oleh-oleh tinggal ke lantai 1. Mau kulineran tinggal ke lantai 2. Mau buat event tinggal ke lantai 3 atau lantai 4. Mau nongkrong asik sambil melihat suasana kota tinggal ke lantai 5. Pokoknya asik,” terangnya.

Dengan beragam keunggulannya, Osing Deles sering dikunjungi artis dan tokoh nasional. Seperti Ada Band, Indi Barends, Kaka Slank, Vj Daniel, hingga Chef Juna. Penyanyi dangdut terkenal seperti Via Vallen dan Fitri Carlina juga kerap menginjakkan kaki di Osing Deles.

“Pak Bupati (Azwar Anas) juga sering ke sini, Pak Wabup juga. Bahkan mantan Wakil Gubernur Jakarta, Bapak Djarot kemarin mampir ke sini,” imbuhnya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengapresiasi konsep yang ditawarkan Osing Deles. Menurutnya Osing Deles telah memberi warna bagi pariwisata Banyuwangi. Dengan menerapkan standar kualitas yang tinggi, akan lebih mudah bagi satu produk untuk hadir dan bersaing.

“Kalau ingin bersaing di level global, gunakan global standard juga. Kenali dirimu maka kamu akan memenangi peperangan. Ini yang dimiliki Osing Deles. Baik tempat, kulinernya, maupun oleh-oleh yang ditawarkan, semua berstandar global. Ini yang menempatkan Osing Deles menjadi pilihan wajib bagi wisatawan,” ujar Menpar Arief.

Menpar tak lupa mengucapkan terima kasih kepada Osing Deles yang terus mendukung pariwisata. Osing Deles harus mampu mengangkat kearifan lokal ke ranah global.

“Dengan adanya Osing Deles, Banyuwangi memiliki pusat kuliner serta cenderamata dan oleh oleh berkelas. Sangat representatif. Sehingga mendorong pertumbuhan perekonomian masyarakat. Dan selanjutnya memacu masyarakat lokal dalam mengembangkan produk cenderamata yang kreativitas. Sehingga secara langsung terlibat dalam kepariwisataan,” ujar Arief Yahya. (*)

Facebook Comments

Leave a Reply

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.