Paket Terbaik Dirilis Industri Pariwisata Demi #NTBBangkit

BANJARMASIN (Paradiso) – Amunisi paket wisata terbaik dirilis para TA/TO Nusa Tenggara Barat (NTB). Katalis bagi percepatan dan optimalisasi program #NTBBangkit. Berbagai formulasi unik dan menarik digelar. Muaranya mengembalikan hegemoni arus masuk wisatawan menuju Pulau 1.000 Masjid.

Paket wisata terbaik ditawarkan para sellers program B2B (business to busisness) #NTBBangkit, Kamis (29/11). Lokasinya ada di Golden Tulip Galaxy Banjarmasin. Mengembalikan arus kunjungan wisatawan, program B2B #NTBBangkit ini menawarkan banyak keuntungan. Mulai discount menarik hingga komisi bagi para kolega TA/TO.

Memberikan stimulan #NTBBangkit, TA/TO sellers memberikan potongan harga direntang 25% hingga 35%. Owner PT Lesser Sunda Explorer Lombok Ariefullah mengatakan, discount 25% sampai 30% per trip diberian bagi TA/TO buyers. Para kolega juga dirangsang dengan pemberian komisi per pax. Nilai komisi berkisar antara Rp25 Ribu hingga Rp50 Ribu per pax.

“Kami saat ini tidak memikirkan untung. Yang penting kunjungan wisatawan pulih dahulu. Kami beri mereka discount maksimal 30%. Sebab, para mitra travel partner agent ini juga mendapatkan komisi per pax. Dengan rangsangan seperti ini, kami harap TA/TO buyers makin agresif mendatangkan wisatawan ke NTB,” ungkap Ariefullah, Kamis (30/11).

Memberi experience terbaik bagi wisatawan, komposisi paket terbaik disajikan. Lesser Sunda Explorer Lombok pun menawarkan ‘Gebyar Promo Lombok Bangkit’. Durasi program ini mulai November 2018 hingga Februari 2019. Program tersebut menawarkan paket 3 Day 2 Night (3D2N) dengan beberapa opsi itenarary. Hari pertama, Perkampungan Suku Sasak Ende, Bukit Merese, Tanjung AAN, dan Sukarara.

“Wisatawan bisa memilih sendiri paket destinasinya. Yang jelas, kami berikan layanan prima. Kami juga memberikan dokumentasi melalui video full perjalanan dan durasi pendek. Video durasi pendek untuk kebutuhan media sosial para wisatawan. Kami juga memberikan tema-tema khusus dalam setiap trip,” jelas terang Arief-sapaannya.

Opsi berbeda ditawarkan di hari kedua. Komposisi destinasinya ada Bukit Malimbu, Gili Trawangan, dan Sunset Point Pantai Klui. Untuk hari ketiga ada Sentral Oleh-Oleh Khas Lombok, Islamic Center, lalu out bandara. Harga yang ditawarkan beragam Rp810 Ribu per pax hingga Rp1,2 Juta per pax, menurut opsi pilihan bintang hotel. Informasi detail hubungi 08179798880 dan klik www.lessersundaexplore.com.

“Harga tersebutdi luar tiket. Untuk harga program Gebyar Promo Lombok Bangkit tidak berlaku di high season. High season-nya 20 Desember 2018 hingga 10 Januari 2019. Yang jelas program B2B Kemenpar di Banjarmasin sangat membantu. Kami mendapatkan deal 3 group. Rinciannya, 15 pax, 10 pax, dan 8 pax. Nilai bisnisnya mencapai Rp35 Juta,” ujar Arief lagi.

Selain Gebyar Promo Lombok Bangkit, Lesser Sunda Explorer Lombok juga punya paket reguler. Untuk itenarary di hari pertama Sasak atau Mandalika Tour. Hari kedua, ada 5 opsi yang ditawarkan. Mulai dari Gili Trawangan Tour, Wisata Pantai Pink, Gili Nanggu Tour, Waterfall Tour, hingga Rafting Tour. Di hari ketiga menikmati city tour dan mengunjungi Islamic Center Tour.

“Kami juga sudah menyiapkan paket destinasi terbaik. Komposisinya kurang lebih sama. Khusus untuk B2B Kemenpar di Banjarmasin dan #NTBBangkit, kami memberikan discount 35%. Harga paket dijual sekitar 65% dari harga normal. Hal ini juga untuk mengimbangi kenaikan harga tiket pesawat,” kata Direktur Senandung Lombok Travel Abdul Haris.

Demi menarik jumlah kunjungan wisman, Senandung Lombok Travel pun menjual paket 3D2N dengan banderol di bawah Rp1 Juta per pax. Pada kondisi normal, paket ini dihargai Rp1,5 Juta per pax. Paket honeymoon sementara dipatok dengan harga sekitar Rp7 Juta. Pada situasi normal, angkanya mencapai Rp12 Juta. Durasi dari paket honeymoon adalah 5D4N.

“Penyesuaian banyak dilakukan oleh para TA/TO NTB. Tujuannya untuk memulihkan arus kunjungan wisatawan. Paket wisata memang harus dibuat semenarik mungkin, baik harga maupun kemasannya. Dengan beragam inovasinya, kami yakin kunjungan wisatawan akan pulih. Tren di NTB ini naik,” jelas Kabid Pemasaran Area II Regional III di Deputi Bidang Pemasaran I Kemenpar Hendry Noviardi.

Dalam sepuluh tahun terakhir, arus wisatawan menuju NTB sangat positif. Sepanjang 2017, arus masuk wisatawan mencapai 3,51 Juta orang. Komposisinya 1,43 Juta wisman, lalu slot wisnusnya mencapai 2,1 Juta orang. Jumlah total tersebut naik 644,4% bila dibandingkan tahun 2008. Pada 2008 jumlah wisatawan hanya 544.501 nama.

“Hanya butuh sedikit waktu lagi untuk normalisasi kunjungan wisatawan ke NTB. Sejauh ini upaya dari program pemulihan sangat bagus. Aspek komersiilnya terus tumbuh positif. Sejauh ini strategi bisnis yang diterapkan TA/TO cukup ideal,” tegas Asisten Deputi Bidang Pemasaran I Regional III Kementerian Pariwisata Ricky Fauziyani.

Berbagai inovasi dan pengorbanan yang dilakukan pelaku industri pariwisata NTB mendapat acungan jempol Menteri Pariwisata Arief Yahya. Menteri yang sukses membawa Kemenpar Nomor 1 dan menjadi #TheBestMinistryTourism2018 se-Asia Pasifik di Bangkok yakin, pariwisata NTB akan mendapatkan lagi moment kebangkitannya.

“Semangat pelaku industri pariwisata NTB harus diapresasi. Usaha yang mereka lakukan luar biasa. Saat ini mereka sedang berdarah-darah untuk menormalkan arus masuk wisatawan. Usaha mereka tidak sia-sia. Pariwisata NTB akan mendapatkan momentum emasnya. Sebab, atraksi, aksesibilitas, dan amenitas di NTB sudah siap menyambut kembali kunjungan wisatawan,” tutupnya. (*)

Facebook Comments

Leave a Reply

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.