Pameran ASTINDO Fair 2015 Bakal Digelar di Jakarta dan Surabaya

pameran astindoJakarta (Paradiso) – Asosiasi Perusahaan Agen Penjual Tiket Indonesia (ASTINDO) tahun ini akan kembali menggelar pameran perjalanan terbesar di Indonesia, ASTINDO Fair 2015 yang bakal digelar di dua kota di Jakarta pada 17-19 April di Plenary & Cendrawasih Hall, Jakarta Convention Center (JCC) dan Surabaya pada 23-26 April di Grand City Mall Surabaya.

Ketua Umum ASTINDO, Elly Hutabarat mengatakan penyelenggaraan ASTINDO Fair tahun ini memasuki tahun yang ke-lima kalinya di Jakarta, dan kedua kalinya di Surabaya. ASTINDO Fair merupakan ajang consumer fair pertama yang sepenuhnya diselenggarakan oleh ASTINDO, dan telah manjadi kalender tahunan kami.

“Seluruh pelaku usaha wisata beserta industri pendukungnya dari seluruh Indonesia yang menjual beragam produk liburan dalam dan luar negeri baik secara individual/perseorangan dan paket beserta industri pendukungnya di seluruh Indonesia akan kita dorong untuk berpartisipasi pada ASTINDO Fair, serta memanfaatkan secara maksimal potensi yang ada,” ujar Elly.

Dikatakan, sejak pertama kali diselenggarakan di Jakarta tahun 2011 penyelenggaraan ASTINDO Fair mampu memberikan kontribusi positif, khususnya animo masyarakat untuk melakukan perjalanan wisata ke dalam dan luar negeri. Selain itu, ajang ini untuk mengedukasi masyarakat Indonesia agar menjadi terbiasa untuk merencanakan perjalanan wisata jauh hari sehingga dapat memperoleh pengalaman berwisata yang aman, nyaman, dan mengesankan.

“Disamping itu pula ASTINDO Fair ini juga dapat mendorong peningkatan kualitas layanan tempat-tempat pariwisata di Indonesia yang memiliki pesona yang unik, sehingga dapat sejajar dengan destinasi dunia lainnya. Selama berlangsungnya ASTINDO Fair nanti diharapkan para pengunjung dapat memperoleh informasi mengenai tujuan wisata dalam dan luar negeri termasuk trend wisata dalam dan luar negeri, serta dapat membeli tiket penerbangan serta paket-paket wisata yang dipromosikan selama berlangsungnya ASTINDO Fair dengan harga yang sangat menarik, termasuk penawaran khusus (best offer fares) dari sejumlah airlines terkemuka yang berpartisipasi dalam event ini,” katanya.

Ditambahkannya, dalam penyelenggaraan tahun lalu di Jakarta dengan jumlah pengunjung dan transaksi penjualan melampau target. Tercatat jumlah pengunjung 65.000 orang dengan total transaksi penjualan sebesar Rp90 miliar. Total transaksi penjualan ini diperoleh dari penjualan tiket (ticket issued) internasional maupun domestik dan paket-paket liburan. Diikuti oleh 100 exhibitor, yang terdiri dari 50 travel agents, 16 badan promosi pariwisata mancanegara (NTO) dan domestik, 10 airlines asing dan domestik dan industri pendukungnya seperti perbankan, asuransi perjalanan, dan media.

“Nah, untuk penyelenggaraan ASTINDO Fair 2015 ini, kami berharap ada peningkatan jumlah pengunjung, yaitu sekitar 85.000 dan kenaikan transaksi penjualan sebesar 10%. ASTINDO Fair merupakan consumer travel fair (B2C),” ungkap Elly.

Sementara Ketua Panitia ASTINDO Fair 2015, Anto Haditono, mengatakan kebanyakan pengunjung yang datang ke pameran ini membeli paket liburan, paket khusus dan tiket penerbangan dengan harga promosi sesuai dengan destinasi pilihan masing, namun ada pula yang tengah mencari referensi liburan hemat. Beberapa destinasi yang menjadi favorit pengunjung adalah Korea dan Jepang. Sedangkan untuk wisata domestik, tujuan wisata yang banyak dipilih adalah Bali Lombok. Kami berharap tahun ini animo pengunjung ke ASTINDO Fair meningkat.

“Rangkaian program ASTINDO Fair juga akan diisi dengan peluncuran produk, pertunjukan budaya serta presentasi tujuan wisata oleh badan promosi pariwisata mancanegara dan domestik,” papar Anto. (*)

Facebook Comments

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.