Parade Asian Games Sampaikan Pesan Kejayaan Indonesia 

JAKARTA (Paradiso) – Yang suka parade kostum karnaval kelas dunia, baiknya segera kosongkan jadwal, Minggu (13/5). Ada Jember Fashion Carnival (JFC) yang siap menebarkan pesonanya pada Parade Asian Games 2018 di Jakarta. Seluruh  kostum  yang sudah mendunia akan ditampilkan. Ruas jalan di Jakarta pun akan disulap menjadi panggung catwalk level global. 

Parade super wow ini akan digelar mulai pukul 06.30 WIB. Rutenya, berawal dari silang Monas (Monumen Nasional). Kemudian, melewati Patung Kuda, dan masuk ke Jalan Thamrin hingga perempatan Sarinah. Para peserta lalu berputar kembali menuju Monas melalui Gedung Kemenpar dan ke Jalan Merdeka Barat. 

“Untuk konten, kami memasukan tema ‘Victory-Asia.Arch’. Harapannya, ini menjadi inspirasi bagi semua. Event ini memang didesain sebagai parade kemenangan Indonesia di berbagai negara. Sebab, Indonesia punya prestasi bagus di level internasional untuk berbagai sektor,” ungkap Presiden Jember Fashion Carnival Dynand Fariz, Sabtu (5/5). 

Selain tema besar tadi, Parade Asian Games 2018 juga akan menampilkan beberapa sub tema. Satu di antaranya Archipelago Indonesia. Tema ini memberi gambaran kekayaan adat istiadat dan budaya Indonesia sebagai negara bahari. Kekayaan Indonesia akan dieksplorasi melalui Garuda, Sriwijaya, Lampung, juga Bali. 

Dynand pun berjanji JFC akan menampilkan koleksi kostum-kostum juaranya. 

“Ada beberapa kostum nasional Indonesia yang pernah juara di dunia akan ditampilkan. Ini mewakili kekuatan dan potensi Indonesia, sekaligus menegaskan konsep Archipelago. Secara garis besar, konsep Archipelago menggambarkan kekayaan Indonesia. Berbagai kekayaan itu dikombinasikan menjadi satu,” tutur Dynand lagi. 

Parade Asian Games 2018 ini dijamin semakin berwarna dengan kehadiran kostum bertema Asialight. Ada kostum lokal dan mancanegara yang ditampilkan. Diantaranya, Kujang, Bian Lian China, juga Ottoman Turki. 

Selain itu, ada juga kostum dari Korea Selatan, Shogun Jepang, Saudi Arabia, Babylonia Iran, India, Thailand. Terdapat juga 45 talent yang akan menampilkan kostum spektakuler. 

“Tema Asialight menjadi jembatan menuju Asian Games. Sekaligus, menegaskan status Indonesia sebagai tuan rumah. Kami memang menampilkan unsur kujang di sini. Sebab, kujang ini merupakan pusaka yang dimiliki Indonesia dan sangat legendaris. Usia dari kujang sendiri sudah ribuan tahun. Kujang ini menjadi ide kreatif yang menjadi tema besar dan mewakili Indonesia,” jelasnya lagi. 

Dynand mengaku melibatkan 30 orang untuk menyiapkan konsep yang akan ditampilkan. Semuanya sudah terbiasa dengan tanggung jawab besar. Maklum, mereka juga kerap menangani kostum yang disiapkan untuk event internasional. “Untuk persiapan tentu ada kesulitannya. Kami harus menyiapkan detailnya. Mereka itu profesional dan terbiasa dengan  event internasional. Jadi tinggal researchnya saja,” kata Dynand lagi.

Bukan hanya megah, kostum-kostum ini juga cukup menantang bagi pemakaianya. Sebab, beban besar harus dibawa. Dengan beragam ornamen dan motif, kostum ini cukup berat. Bebannya mencapai 20 Kg hingga 30 Kg. Namun, khusus untuk Parade Asian Games ini bebannya diperhitungkan secara teknis. 

“Bebannya cukup berat. Namun, kami masukan pertimbangan teknis. Ini merupakan roadshow sehingga jarak kami perhitungkan. Kalau di Jember lebih berat,” katanya lagi. 

Menteri Pariwisata Arief Yahya memuji kesiapan Parade Asian Games 2018. Sebab, parade ini akan kaya warna.

“Parade Asian Games 2018 ini kaya warna. Konsepnya memang luar biasa. Belum lagi, nanti ada juga mini marching band dan percussion. Dijamin event ini akan sangat meriah. Untuk itu, kami ucapkan terima kasih atas partisipasi berbagai pihak,” ujar Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya.

Sejumlah instansi akan terlibat dalam Parade Asian Games 2018. Ada Kemenpar, Kemenlu, Kemenpora, juga Kemendikbud. Partisipasi juga diberikan para sponsor, KOI, dan Pengelola GBK. Selain itu, ada juga keikutsertaan beragam komunitas hingga sekolah/universitas. Menpar menerangkan, partisipasi publik terhadap event ini positif. Sebab, Asian Games butuh dukungan berbagai pihak untuk menguatkan gemanya. 

“Promosi besar harus terus diberikan bagi Asian Games 2018. Kami gembira karena partisipasi publik terhadap rangkaian event ini sangat bagus. Parade Asian Games 2018 ini sangat penting karena akan memotret keindahan budaya dan keramahan Indonesia,” tutup Menpar. (*)

Facebook Comments

Leave a Reply

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.