Pariwisata Indonesia Terkendala Minimnya Konektivitas

airlinesJakarta (Paradiso) – Konektivitas penerbangan langsung dari negara sumber wisatawan mancanegara (wisman) ke destinasi unggulan di Indonesia menjadi salah satu tantangan pengembangan pariwisata Indonesia pada 2014.

“Tantangan yang dihadapi pariwisata kita ada berbagai macam, salah satunya konektivitas penerbangan langsung dari negara sumber wisman,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Mari Elka Pangestu dalam acara Indonesia Tourism Outlook and Challenges 2014 di Jakarta, Kamis (6/2/2014).

Mari Pangestu mengungkapkan, peningkatan konektivitas penerbangan langsung dari dari negara sumber wisman sangat penting untuk mendongkrak pengembangan pariwisata di Tanah Air. Hal itu juga menjadi salah satu kelemahan daya saing pariwisata Indonesia.

“PR (pekerjaan rumah) kita yang lain di antaranya infrastruktur yang harus diperbaiki, transportasi dan telekomunikasi, kesehatan dan kebersihan, serta keberlanjutan lingkungan,” katanya.

Pihaknya juga mendorong peningkatan kualitas produk pariwisata dengan menambah sarana dan prasarana yang memadai termasuk peningkatan jumlah penerbangan langsung tersebut.

Berdasarkan data World Economic Forum (WEF) daya saing pariwisata Indonesia pada 2013 meningkat menjadi ranking 70 dari 130-an negara di dunia. Pada 2012 daya saing pariwisata Indonesia berada pada posisi 70.

Mari mengatakan, nilai lebih Indonesia terletak pada daya saing harga, sumber daya alam, dan prioritas kebijakan pemerintah dalam hal pariwisata. Pihaknya melihat sektor pariwisata Indonesia semakin cerah dengan semakin membaiknya sektor tersebut di kawasan ASEAN dan Asia Pasifik.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat Indonesia dikunjungi 8.802.129 wisatawan mancanegara (wisman) atau tumbuh 9,42 persen selama 2013 dengan perolehan devisa sebesar 10,05 miliar dolar AS. “Tingginya capaian target sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (Parekraf) sepanjang tahun 2013 semakin menguatkan bahwa prospek Parekraf yang semakin besar pada 2014,” jelas Mari Pangestu. (bowo)

Facebook Comments

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.