Pariwisata Nasional Terpuruk Jika LCC Dihapus

penumpang pesawatJakarta (Paradiso) – Ketua Asita DIY, Edwin Ismedi Himna mengatakan keselamatan sudah ada bagian yang berkompeten. Dari sisi bisnisnya, Asita DIY tentu saja menyambut antusias apabila makin banyak penerbangan yang masuk.

Bahkan yang paling mengejutkan akan ditinjaunya izin terbang beberapa maskapai bertarif terjangkau atau low cost carrier (LCC) yang justru selama ini telah banyak memberikan kontribusi bagi industri pariwisata nasional.

“LCC telah banyak mendatangkan wisatawan dari mancanegara untuk masuk ke Indonesia. Kalau maskapai LCC dilarang terbang, pemerintah jelas tidak konsisten dengan mengejar target 20 juta wisatawan samapi 2019 mendatang,” kata Edwin.

Selama ini maskapai LCC bagi Indonesia sangat banyak membawa wisatawan sehingga sumbangsihnya pada dunia pariwisata nasional maupun di DIY sendiri sangat tinggi. Apabila akan dihapuskan keberadaan LCC, justru kontraproduktif dengan rencana yang digulirkan pemerintah untuk mengembangkan bisnis pariwisata nasional.

“Pariwisata kita akan lebih hancur lagi tanpa LCC, padahal tragedi yang menimpa salah satu maskapai LCC yang dianggap menyalahi izin terbang bukan lantas bisa disamaratakan. Pemerintah terkesan panik saja dengan kejadian ini, sebetulnya ini urusan internal mereka dalam hal ini Kementerian Perhubungan sehingga jangan dibawa ke ranah bismis karena efek multiplier besar,” ungkapnya.

Terlebih saat ini masyarakat sudah banyak yang memilih menggunakan angkutan udara selain harganya terjangkau juga sangat menghemat waktu. Selama ini penerbangan murah juga telah menyumbangkan 90 lebih bagi dunia pariwisata. Sehingga tragedi ini jangan lantas mengkambinghitamkan penerbangan LCC yang selama ini ada di Indonesia.

“LCC di hilangkan, Indonesia akan rugi sendiri. Sebaiknya benahi internal dari Kementerian Perhubungan dahulu jangan pukul rata mencabut izin terbang semua maskapai LCC yang dianggap kurang memikirkan faktor keselamatan penerbangan,” ujar Edwin. (*)

Facebook Comments

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.