Pariwisata Thailand Dalam Status Darurat

thailand demoJakarta (Paradiso) – Pejabat berwenang Thailand mulai serius mempertimbangkan keadaan darurat di Bangkok jika para demonstran mencoba menduduki kantor-kantor pemerintahan. Para wisatawan diminta tidak bertindak ceroboh.

Demonstrasi masih terus berlangsung. Para pengunjuk rasa mengatakan akan menutup sejumlah kantor pemerintah jika inspirasi mereka tetap tidak dihiraukan. Selama ini, penutupan dilakukan baru secara simbolis, namun mereka akan menggunakan taktik lain dan menutup kantor pemerintahan secara permanen.

Otoritas Pariwisata Thailand (TAT) mengatakan bahwa situasi di Kota Bangkok menjadi tidak stabil setelah insiden kekerasan baru-baru ini. Bahkan, sudah ada wisatawan terluka karena salah satu insiden tersebut. TAT terus mengingatkan para wisatawan untuk waspada dan menghindari titik-titik demonstrasi.

Selain itu, wisatawan diharapkan tidak bertindak ceroboh ketika para demonstran menggunakan karnaval atau konser pada kegiatan demonstrasi mereka. Dikhawatirkan hal tersebut justru menjadi perangkap yang sengaja dibuat oleh para pendemo.

Tujuan dari keputusan darurat yang akan diambil adalah mengendalikan situasi. Pasalnya, badan-badan keamanan turut memberlakukan jam malam, menahan tersangka tanpa tuduhan, menyensor media, melarang pertemuan politik lebih dari lima orang, dan menyatakan bahwa kekacauan kali ini cukup berbahaya.

TAT menegaskan, semua tempat wisata utama di Bangkok beroperasi seperti biasa, tetapi beberapa pusat perbelanjaan ditutup untuk sementara paska satu orang tewas pada ledakan granat yang dilemparkan pendemo belum lama ini.

Seperti diketahui, sejak 13 Januari lalu situasi politik Thailand semakin memanas. Beberapa operator perjalanan terpaksa membatalkan perjalanan menuju negara ini, namun ada pula yang tetap membuka pemesanan perjalanan.

Situs-situs utama yang menjadi lokasi para pendemo berada di persimpangan utama dari Sala Daeng, Asoke, Ratchaprasong, Pathumwan, Victory Monument, Lat Phrao dan di kompleks pemerintah di Chaeng Watthana. Beberapa situs protes tersebut diketahui memang terletak dekat dengan pusat perbelanjaan. (*/telegraph)

Facebook Comments

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.