Pasca Bencana Garut,Rotary Disaster Relief Area Bandung Bangun Sarana Sanitasi dan Air Bersih

GARUT (Paradiso) – Pasca bencana banjir bandang di Garut September lalu, hasil survey tim Rotary Disaster Relief area Bandung beserta mitra di lapangan memutuskan untuk membangun beberapa sarana sanitasi dan air bersih di Kabupaten Garut. Sarana sanitasi dan air bersih tersebut dibangun di 7 lokasi yaitu 1 buah di SD Sukaratu, Kecamatan Banyuresmi, 5 buah di Kampung Genteng, Ds Sukajaya, Kecamatan Tarogong Kidul, dan 1 buah di Desa Cijambe, Kecamatan Karang Pawitan. Di lokasi-lokasi tersebut, perbaikan dan pembangunan sarana sanitasi dilakukan untuk memperbaiki sarana yang rusak akibat banjir, sekaligus memenuhi kebutuhan masyarakat terutama di Kampung Genteng akan adanya sarana sanitasi dan air bersih yang memadai.

Setelah dibangun pada Minggu, 6 November 2016, peresmian sarana sanitasi dan air bersih dilaksanakan di SD Sukaratu. Sejak pukul 07.00 kepala sekolah, guru-guru dan murid-murid sudah bersiap-siap di sekolah untuk menyambut kehadiran tim dari Rotary dan Bupati Garut yang meresmikan sarana tersebut. Acara dibuka dengan persembahan senam, pembacaan puisi, dan pencak silat oleh murid-murid SD Sukaratu, dilanjutkan dengan laporan dari koordinator tim Rotary Disaster Relief area Bandung, yaitu Pres Poppy. Selanjutnya DG Sadana menyampaikan pula sambutannya sekaligus memberikan sekilas informasi tentang Rotary. Bupati Garut,Rudy Hermawan dalam sambutannya, menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan dari Rotary yang cukup besar untuk Kabupaten Garut, juga kepada Yahintara (Yayasan Arsitektur Hijau Nusantara) yang merupakan mitra Rotary dalam pembangunan sarana sanitasi tsb. Peresmian sarana sanitasi ditandai dengan pengguntingan pita oleh Bupati Garut, sekaligus menutup kegiatan di SD Sukaratu tersebut.

Di tempat terpisah yaitu di Kampung Genteng, berlangsung pula kegiatan community service yang dilaksanakan sejak pukul 07.00 berupa pemeriksaan kesehatan untuk warga, edukasi kesehatan, serta lomba mewarnai untuk anak-anak. Kegiatan-kegiatan tersebut dilaksanakan bekerja sama dengan klinik Yasyifa dan tim medis dari Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran angkatan 91. Jumlah warga yang menerima pengobatan sebanyak lebih kurang 500 orang termasuk mereka yang dilakukan kunjungan rumah. Anak-anak yang antusias mengikuti lomba berjumlah kurang lebih 180.

Sekitar pukul 10, rombongan Rotary dari SD Sukaratu tiba di Kp Genteng, disambut dengan calung dan lengser serta qasidah dari warga yang antusias dengan kehadiran dan bantuan dari Rotary. Tidak hanya itu, warga pun menyiapkan berbagai hidangan khas daerah, khusus untuk kegiatan pada hari itu. Di lokasi ini, hadir Bapak Wakil Bupati yaitu dr Helmi, serta Ketua dan Wakil Ketua tim Penggerak PKK Kabupaten Garut. Dalam kesempatan tersebut pemda setempat menyerahkan sertifikat penghargaan kepada Rotary D3410 yang diterima oleh DG Sadana atas bantuan untuk Kabupaten Garut. Acara diakhiri dengan kunjungan ke beberapa sarana sanitasi dan air bersih yang telah selesai di 3 RW Kp Genteng tersebut. Adapun sarana sanitasi lainnya masih dalam proses pembangunan dan diharapkan dapat selesai di awal bulan Desember 2016. Terima kasih atas bantuan semua pihak hingga terlaksananya kegiatan ini, kata Poppy.(*)

Facebook Comments

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.