Pelabuhan Tanjung Priok Maksimalkan Revitalisasi Menuju Pelayanan Prima

JAKARTA (Paradiso) – Pelabuhan Tanjung Priok saat ini terus berbenah guna menjadi pelabuhan dengan pelayanan prima melalui pemanfaatan digitalisasi.

Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Arif Toha yang mewakili Dirjen Perhubungan Laut dalam acara peresmian kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok, Selasa (15/1).

“Saat ini penerapan inaportnet, Delivery Order (DO) Online, MOS (Marine Operating System) telah diterapkan di pelabuhan Tanjung Priok. Kedepan, kami terus berupaya agar pelabuhan Tanjung Priok menjadi semakin lebih baik, dan tertata,” kata Arif yang didampingi oleh Kepala Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok, Capt. Hermanta dan Kepala Syahbandar Utama Tanjung Priok, Amiruddin.

Arif Toha menambahkan bahwa Pelabuhan Tanjung Priok akan mengintegrasikan buffer area untuk truk.

“Jadi truk-truk yang belum memperoleh layanan ke terminal, dapat ke buffer area dulu. Dan ini sistemnya sedang dibuat,” ujar Arif.

Sementara itu, Kepala OP Utama Tanjung Priok, Capt. Hermanta mengatakan bahwa sekarang ini layanan kepelabuhanan di kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok sudah digitalisasi.

“Jadi sudah tak ada lagi, pengguna jasa datang ke kantor OP Priok, karena sudah memanfaatkan sistem aplikasi teknologi,” kata Capt. Hermanta.

Disinggung mengenai kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok yang baru diresmikan hari ini oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Hermanta mengungkapkan, bahwa renovasi gedung kantor ini dilakukan mengingat kapasitas ruangan kantor lama sudah tidak memungkinkan dan tidak layak sehingga kegiatan terutama dalam rangka melakukan pelayanan dan kegiatan perkantoran menjadi terkendala.

“Untuk itu dalam rangka meningkatkan pelayanan, kinerja dan semangat kerja maka renovasi gedung kantor ini dilaksanakan,” kata Capt. Hermanta.

Capt. Hermanta menjelaskan bahwa seluruh jajaran pegawai di kantor Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok terus berkomitmen mewujudkan Zona Integritas untuk menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi (WBK) pada Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok.

“Alhamdulillah pada tanggal 10 Desember 2018 lalu, Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok mendapat penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN/RB), dan ini satu-satunya UPT di lingkungan Kementerian Perhubungan yang mendapat penghargaan ini di Tahun 2018,” tutup Capt. Hermanta.

Dengan adanya penghargaan tersebut memotivasi para pimpinan dan seluruh karyawan/karyawati di lingkungan Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok untuk lebih giat lagi dan menjadi yang terdepan, terutama menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani. (*)

Facebook Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.