Pemandangan Danau Singkarak Warnai Etape 5 TdS 2014

TdS etape 5 (1)Sumbar (Paradiso) – Setelah disuguhkan keindahan alam Puncak Lawang saat finish etape IV, memasuki hari kelima lomba balap sepeda Tour de Singkarak 2014 memasuki garis finish, para pebalap dimanjakan dengan keindahan pemandangan alam yang mengelilingi Danau Singkarak pada etape V, Rabu (11/6/2014).

Danau vulkanik tersebut  merupakan terbesar kedua di Pulau Sumatera setelah Danau Toba.  Danau seluas luas 1.000 hektar berada di dua Kabupaten, yakni Solok dan Tanah Datar. Danau Singkarak terkenal dengan ikan Bilih, spesies ikan yang  hanya bisa hidup di danau ini. Ikan Bilis juga dipercaya memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi. Olahan Ikan Bilis merupakan salah satu kuliner khas masyarakat yang tinggal disekitar danau ini. Danau diambil sebagai nama sekaligus  ikon dari even balap sepeda yang sudah di gelar selama enam kali ini.

Memasuki etape ke 5 jalur yang dilalui relatif datar dibanding sebelumnya, karakter jalur seperti  ini menjadi incaran pebalap dengan spesialisasi sprint. Tititk sprint dilakukan di Payakumbuh pada kilometer 17,5 dan Jalan Sukarno Hatta Batusangkar pada kilometer 69,5. Etape kali ini juga memiliki jalur tanjakan level II yang ada di Kota Tinggi.

Indonesia kembali menempatkan satu pebalapnya di podium dalam etape ini. Hari Fitrianto dari tim Indonesia National Team masuk finis diurutan kedua, sementara tempat pertama diraih pebalap dari tim Skydive Dubai, Oscar Pujol Munoz dengan catatan waktu yang sama. Tempat ketiga diisi oleh Edgar Nohales Nieto dari tim Team 7 Elevent Road.

Hari menyelesaikan etape sepanjang 102 kilometer  dengan catatan waktu 2 jam 23 menit 42 detik. Titik start etape ini berlokasi di Ngalau Indah, Kota Payakumbuh.

Untuk kategori pebalap ASEAN, pebalap Indonesia, Dadi Suryadi dari Pegasus Continental Cycling Team (PCT) untuk keempat kalinya secara berturut-turut berhasil mempertahankan posisinya di tempat pertama. Sementara untuk Mountain Competition atau raja tanjakan etape ini diraih oleh Ramin Mehrbaniazar dari Pishgaman Yazd (PKY).

Sementara untuk General Clasification Amir Zargari mencatat waktu terbaik dengan 14:43:57,  sekaligus mengantar pebalap dari tim PKY tersebut untuk mengenakan jersey kuning untuk ketiga kalinya. Urutan kedua diduduki Rahim Emami dari  tim yang sama dengan catatan waktu 14:45:21. Posisi ketiga dipegang Hossein Alizadeh dari Tabriz Shahrdari Ranking (TSR) dengan waktu 14:45:59. (Erwin)

Facebook Comments

Leave a Reply

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.