Pembumian Pancasila Diusulkan Masuk Kurikulum Pendidikan Dasar

Jakarta  (Paradiso) РMateri Pembumian Pancasila diusulkan masuk kurikulum pendidikan dasar untuk membangun kembali kesamaan pemahaman terhadap cita-cita kemerdekaan dan kehidupan bernegara berdasarkan konstitusi negara.

“Pembumian Pancasila sebagai landasan negara yang masih relevan menjadi tanggung jawab kita semua, dimanapun kita berada dan berkarya, baik itu dari kalangan politisi, pendidik atau pun profesi lain serta masyarakat umum,” kata Anggota DPR/MPR RI Fraksi PDI Perjuangan, Wiryanti Sukamdani di Jakarta, Kamis (28/05/2015).

Belum lama ini, ia menggelar kegiatan yang dikemas dalam forum diskusi ‘Menyongsong Hari Kebangkitan Nasional ke-107’ di wilayah Duren Sawit, Jakarta Timur, untuk menghimpun masukan dan mengamati pemahaman masyarakat soal empat pilar negara secara langsung termasuk pengamalan nilai-nilai Pancasila.

Wiryanti menegaskan kembali pentingnya memasukan materi soal pembumian Pancasila dalam kurikulum pendidikan dasar.¬†“Semua elemen masyarakat, harus berperan aktif dalam upaya pembumian Pancasila pada setiap langkah gerak organisasinya,” katanya.

Upaya itu penting, katanya, mengingat pemahaman generasi muda tentang Pancasila kini rawan luntur.

Menurut dia, sosialisasi nilai-nilai Pancasila sebagai salah satu bagian empat Pilar Kebangsaan janganlah hanya menjadi simbol MPR-RI, tetapi menjadi kewajiban Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah sekaligus masyarakat.

Wiryanti juga menekankan pentingnya implementasi nilai-nilai Pancasila pada pelaksanaan program Nawacita dan pelaksanaan Amanat Trisakti yang diusung pemerintahan Jokowi-JK. (*/bw)

Facebook Comments

Leave a Reply

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.