Penghargaan Sapta Pesona Toilet Umum Bersih di Taman Rekreasi Buatan 2014

toilet umumJakarta (Paradiso) – Pemberian Penghargaan Sapta Pesona Toilet Umum Bersih di Taman Rekreasi  Buatan kembali dilaksanakan Direktorat Jendral Pengembangan Destinasi Pariwisata .

Kegiatan ini merupakan suatu bentuk apresiasi  pemerintah juga untuk memotivasi pengelola taman rekreasi agar mewujudkan Sadar Wisata dan menerapkan unsur Sapta Pesona.

“Diharapkan dengan adanya kegiatan ini pengelola wista bisa lebih peduli dengan kebersihan toilet, karena ini penting buat kenyamanan wisatawan,”  ujar Ketua Dewan Juri Penghargaan Toilet Umum Bersih sekaligus Ketua Asosiasi Toilet Indonesia, Naning S Adiwoso dalam konferensi pers di Ruang Rapat Lt 14, Gd Sapta Pesona, Jalan Medan Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu (14/5/2014).

Tahun ini, dari 82 Taman Rekreasi Buatan yang ikut serta, hanya 62 taman rekreasi  dari 18 provinsi yang lolos dalam penyeleksian. Penghargaan dibagi menjadi dua kategori yaitu taman rekreasi pemerintah dan milik swasta. Waktu penilaian dimulai pertengahan Mei hingga pertengahan Juli 2015. Beberapa syarat-syarat yang menjadi penilaian antara lain desain dari toilet, memudahkan pengguna dalam memanfaatkan toilet, ketersedian air bersih, sabun,tempat sampah.

Sementara itu, menurut Sonny Warouw yang mewakili Kementrian Kesehatan mengatakan bahwa kegiatan ini tidak sekadar perlombaan untuk mendapatkan pemenang, lebih dari itu kegiatan ini juga merupakaan pembinaan tentang pentingnya menjaga kebersihan toilet di tempat rekreasi.  “ Toilet bersih merupakan kebutuhan bagi wisatawan, toilet yang bersih dan nyaman juga akan membuat pengunjung betah,” kata Sonny menerangkan.

Dewan juri yang terlibat dalam kegiatan ini terdiri dari berbagai pihak yakni Naning Adiwiso (Ketua Asosiasi Toilet Indonesia – ATI), Nani Sumaryanti (Pemerhati Toilet Indonesia), Eni Budiarjo (Asosiasi  Toilet Indonesia), Sudaryatmo (Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia- YLKI), Gunawan Wibisono (Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia – PUTRI), Sonny Worouw (Kementrian Kesehatan), dan Tri Wibowo (Media). (Erwin)

Facebook Comments

Leave a Reply

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.