Pengunjung Situs TripAdvisor Capai 260 Juta Perbulan

Cindy Tan
Cindy Tan

Jakarta (Paradiso) – Situs perjalanan TripAdvisor saat ini bisa dikatakan yang terbesar saat ini dengan jumlah pengunjung rata-rata 260 juta perbulan. Belum lama ini majalah Paradiso berkesempatan wawancara dengan Cindy Tan, Vice President of Display Advertising Sales, Asia Pacific, TripAdvisor.

Cindy memimpin penjualan dan operasi tim TripAdvisor di seluruh Asia Pasifik, termasuk China, India dan Jepang. Sebelumnya, Cindy telah berpengalaman selama 14 tahun di bidang pemasaran dan pengembangan bisnis media.

Sebelum di TripAdvisor dia pernah di BBC Worldwide selama tujuh tahun dengan jabatan terakhir sebagai Direktur Regional untuk Asia Tenggara dan Cina. Cindy pernah juga menjabat Regional Manager di TTG Asia. Cindy

Cindy menceritakan kepada Paradiso tentang TripAdvisor dan dan upaya apa yang ingin diraih situs perjalanan yang berkantor pusat di Singapura ini kedepan, berikut wawancaranya:

Q: Rata-rata, berapa banyak pengunjung yang mengunjungi TripAdvisor? Dari negara mana kunjungan paling banyak datang? Berapa banyak pengunjung yang telah menulis review?

A: TripAdvisor saat ini merupakan situs perjalanan terbesar di dunia, dengan pengunjung lebih dari 260 juta per bulan (berdasar Google Analytics, worldwide data, July 2013). TripAdvisor menawarkan saran terpercaya dari wisatawan dan berbagai pilihan perjalanan serta fitur-fitur perencanaan dengan tautan langsung ke industri pariwisata untuk melakukan pemesanan.

Sebagian besar dari pengguna kami berasal dari Eropa (44%), diikuti dengan Amerika Utara (24%), Asia Pasifik (17%), Amerika Latin (11%), serta Timur Tengah dan Afrika (4%). Dengan cakupan ke lebih dari 3,7 juta bisnis perhotelan di lebih dari 139.000 tujuan wisata di seluruh dunia, situs ini memiliki lebih dari 150 juta review wisatawan mengenai bisnis perhotelan di setiap negara di dunia (berdasarkan comScore Media Metrix for TripAdvisor Sites, worldwide, December 2013).

Q: Kapan TripAdvisor didirikan? Saat ini berapa banyak hotel di dunia yang tercakup dalam jaringan TripAdvisor?

A: TripAdvisor didirikan Februari 2000 dan saat ini ada di 38 negara dan dalam 21 bahasa. Ada lebih dari 3,7 juta bisnis dan properti di lebih dari 139.000 tujuan wisata yang meliputi: 775.000+ hotel, B&B, penginapan khusus; 550.000+ daftar penginapan yang disewakan; 2.000.000+ restoran; dan 400.000+ objek Wisata.

Q; Apa target TripAdvisor untuk tahun 2014? Apa yang akan dilakukan untuk meraihnya?

A: Kami akan terus fokus untuk membangun konten yang dihasilkan pengguna di situs kami, mendorong wisatawan untuk menulis review lebih banyak, mengorganisasinya dan menampilkannya dalam cara yang mudah dicari yang memungkinkan wisatawan untuk menemukan dengan tepat apa yang mereka cari, dan akhirnya mendapatkan liburan yang lebih baik.

Kami juga akan terus menawarkan lebih banyak konten dalam bahasa setempat untuk basis pengguna kami yang terus bertambah dan setia di pasar Asia. TripAdvisor sudah memiliki situs di pasar-pasar perjalanan utama di Asia dan kami sungguh-sungguh memastikan bahwa kami membuat TripAdvisor jadi yang terbaik untuk semua wisatawan dan bisnis wisata setempat di pasar-pasar tersebut. Hal ini berarti memastikan bahwa kami memiliki daftar lengkap pilihan hotel dan akomodasi untuk mendorong anggota masyarakat setempat memberikan review untuk membantu komunitas perjalanan global.

Di tahun 2014, kami juga tengah meningkatkan pengalaman pelanggan melalui penawaran produk yang ditingkatkan – seperti pengalaman yang lebih terkustomisasi dan terpersonalisasi untuk setiap pengguna di situs ini, meningkatkan pengalaman mobile dengan supported path pemesanan untuk mengoptimalkan pengalaman booking hotel dengan smartphone bagi pengguna yang ingin memesan kamar hotel.

Untuk para pengusaha hotel, kami meluncurkan TripConnect bulan Oktober 2013 yang memungkinkan hotel-hotel independen berpartisipasi dalam Hotel Price Comparison dan mendorong pemesanan langsung dari TripAdvisor ke situs web properti mereka sendiri. Walaupun platform ini tetap di tahap awal di kurva pemakaian, kami percaya TripConnect akan memungkinkan kami untuk membangun hubungan yang lebih dalam dengan mitra-mitra yang lebih luas karena kami mencocokkan lebih banyak ‘konsumen hotel’  dengan hotel independen di TripAdvisor. Ini akan terus jadi fokus kami untuk tahun 2014.

Q: Saat ini ada berapa banyak hotel di Indonesia yang masuk dalam jaringan TripAdvisor? Dimana hotel-hotel ini kebanyakan terletak?

A: Ada 2.622 hotel, 3.683 losmen dan B&B, serta 3.584 properti yang disewakan untuk liburan yang terdaftar di TripAdvisor (per 28 Maret 2014). Lebih dari sepertiga dari properti ini berlokasi di Bali, dengan 854 hotel, 1.315 B&B/Losmen serta 3.382 properti yang disewakan.

Q: Berdasarkan review di TripAdvisor, apa saja tujuan wisata favorit di Indonesia untuk wisatawan lokal dan wisatawan asing?

A: Menurut data trafik situs TripAdvisor, 10 tujuan local yang dicari wisatawan Indonesia tahun 2013 adalah; 1.Jakarta, 2.Seminyak, 3.Bandung, 4.Kuta, 5.Ubud, 6.Yogyakarta, 7.Nusa Dua, 8.Surabaya, 9.Sanur, dan 10.Bogor. (Peringkat dari tujuan wisata lokal dan internasional ditentukan berdasarkan penghitungan sesi dari alamat IP Indonesia selama tahun 2013.)

Q: Negara mana yang paling sering menulis review di situs TripAdvisor?

A: Menurut data situs TripAdvisor untuk tahun 2013, ini adalah peringkat negara-negara yang memberikan kontribusi terbesar (berdasarkan jumlah total review dan opini yang dipost): 1. Amerika Serikat, 2. Inggris, 3. Italia, 4.Kanada, 5.Brasil, 6.Perancis, 7.Australia, 8.Spanyol, 9.India, dan 10.Jerman.

Sebagai tambahan kami juga melihat peringkat kota-kota di dunia yang menerima review terbanyak di TripAdvisor tahun 2013: 1. London, Inggris, 2. Roma, Italia, 3. Paris, Perancis, 4. New York City, USA, 5. Las Vegas, Nevada, 6. Barcelona, Spanyol, 7. Orlando, Florida, 8. Milan, Italia, 9. Florence, Italia, dan 10. Bangkok, Thailand.

Q: Apa metode TripAdvisor dalam melakukan survei ke pengunjungnya? Rata-rata berapa sering TripAdvisor melakukan survei terhadap pengunjung situsnya? Apa alasannya? Bisakah mitra bisnis TA meminta TA untuk melakukan survei?

A: Inisiatif luar biasa TripAdvisor, Travellers’ Choice, memberikan penghargaan bagi hotel, tujuan wisata, objek wisata dan lain-lainnya berdasarkan jutaan review berharga dan opini yang dikumpulkan dalam satu tahun dari wisatawan di dunia. Ini juga memberikan insipirasi bagi wisatawan kami yang mungkin membutuhkan beberapa ide untuk perjalanan mereka selanjutnya. Situs ini juga menampilkan foto-foto inspiratif yang diberikan oleh pengguna kami. Kami tidak melakukan suvei atas nama mitra bisnis kami. (bowo)

Facebook Comments

Leave a Reply

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.