Pengusaha Bus Pariwisata Tolak Pembatasan Solar Bersubsidi

bus pariwisataYogyakarta (Paradiso) – Perusahaan otobus pariwisata dan Hiswana Migas di Yogyakarta, menolak kebijakan pemerintah soal pembatasan penjualan solar bersubsidi di SPBU dan juga kebijakan solar bersubsidi tidak di jual pada malam hari.

Penolakan tersebut disampaikan oleh perusahaan otobus pariwisata dan Hiswana Migas DIY. Kebijakan tersebut dinilainya sangat merugikan perusahaan otobus yang selama ini mereka kelola. “Kebijakan itu jelas mempengaruhi tarif, karena kami tidak bisa memberikan tarif untuk 3 atau 6 bulan ke depan,” kata Ketua Pariwisata-AKAP, Organda DIY, Hantoro di Yogyakarta, Selasa (5/8).

Lebih lanjut Hantoro menegaskan, kebijakan pemerintah tersebut bagi pelaku usaha otobus pariwisata jelas akan berdampak pada ketidakjelasan tarif yang dapat ditawarkan pada pelanggan yang kebanyakan biro travel maupun agent wisata.

“Kita tidak akan bisa memberikan tawaran tarif untuk 3 atau 6 bulan kedepan, jika kebijakan pembatasan ini dilakukan,” katanya.

“Bus yang kita miliki jalannya tidak siang hari, namun juga malam hari. Bayangkan jika siang menggunakan solar subsidi malam menggunakan solar non subsidi akan sangat repot sekali,” tambah dia menjelaskan.

Pemilik PO Otobus GG yang berlokasi di Imogiri, Bantul ini juga mengatakan, jika pemerintah melakukan pembatasan solar bersubsisi sebaiknya harganya dinaikkan saja.

Sebab, lanjut dia, harga tersebut justru akan lebih memudahkan dalam iklim usaha, karena akan ada kejelasan harga sewa bus yang akan ditawarkan.

“Pemerintah harus jujur kepada rakyat kalau negara baru defisit. Jangan hanya pencitraan takut menaikkan harga BBM tapi membatasi BBM betsubsidi,” jelas dia.

Hantono mengaku, saat ini dirinya bingung untuk menaikkan sewa bus untuk perjalanan 3 atau 6 bulan kedepan. Sebab dengan kebijakan pembatasan solar bersubsidi tersebut, pihaknya akan mengalami kerugian karena terikat dengan kontrak sebelumnya. (*/sm)

Facebook Comments

Leave a Reply

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.