Pengusaha Kuliner di Yogya Difasilitasi Sertifikasi Makanan

Yogyakarta (Paradiso) – Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi (Disperindagkop) dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan mefasilitasi pengurusan sertifikasi makanan bagi pengusaha kuliner di daerah setempat.

Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Disperindagkop DIY, Eko Witoyo, mengatakan bahwa industri pangan di DIY berkembang pesat namun belum semua pelaku UKM memiliki sertifikat MD dan ML dari Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM), serta sertifikat halal dari Lembaga Pengkajian Pangan, obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI).

“Kami akan membantu pengurusan sertifikasi tersebut, meski bersifat terbatas dan tidak dapat mencakup keseluruhan UKM di DIY,” ujar Eko Witoyo.

Di DIY, industri pangan atau kuliner sangat banyak peminatnya karena investasi yang diperlukan tidak terlalu besar. Selain itu, usaha ini juga membutuhkan teknologi peralatan yang sederhana. Pemda DIY melalui Disperindagkop pun terus mendorong tumbuhnya UKM baru dengan membuka akses permodalan.

Dikatakan, walau bagaimanapun juga pengurusan sertifikasi halal tetap menjadi persoalan yang penting. Ini berdampak pada peningkatan rasa aman wisatawan untuk membeli produk makanan di Jogja.

Yogyakarta sebagai kota budaya semakin lengkap dengan pilihan kuliner yang beragam. Bisnis kuliner di Yogyakarta tumbuh pesat baik kuliner khas Yogyakarta seperti Gudeg, juga kuliner yang berasal dari daerah lain baik dari dalam maupun luar negeri. Selain kuliner tradisional, berkembang pula kuliner-kuliner hasil inovasi yang bernuansa modern, seperti brownies tela, coklat tela, es krim tela, dan banyak lagi yang lainnya. (*/ant)

Facebook Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.