Peran Industri Pariwisata Makin Penting

Jawa Barat Travel Exchange.
Jawa Barat Travel Exchange.

Jakarta (Paradiso) – Dalam delapan tahun terakhir, pertumbuhan pariwisata tertinggi di dunia berada di Asia Tenggara, sehingga peran sektor bagi perekonomian negara-negara di kawasan tersebut menjadi penting.

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sapta Nirwandar mengatakan pada 2013, arus kunjungan wisatawan ke negara ASEAN meningkat 12% menjadi 92,7 juta orang, sementara pertumbuhan global hanya 5%.

“Jika dirata-ratakan dalam periode 2005-2012 pertumbuhan sektor pariwisata ASEAN mencapai 8,3% per tahun. Jauh di atas rata-rata pertumbuhan global yang hanya 3,6%. Pada 2023 sektor pariwisata diproyeksi akan berkontribusi terhadap perekonomian ASEAN mencapai US$480 miliar dengan pertumbuhan rata-rata 5,8% per tahun dan pertumbuhan investasi 6,8% per tahun,” ujarnya.

Dikatakan, di Indonesia, penyerapan tenaga kerja di sektor ini mencapai 10,18 juta orang atau 8,9% dari total jumlah pekerja. Kontribusi sektor pariwisata terhadap total ekspor barang dan jasa pun tahun ini meningkat dari 10% menjadi 17%.

“Sektor ini berkontribusi secara langsung terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) mencapai Rp347 triliun atau mencapai 23% dari total Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan 2013. Untuk memanfaatkan potensi pariwisata Indonesia yang begitu besar, dibutuhkan program yang teratur dan konsisten di masing-masing provinsi guna mempromosikan pariwisata daerahnya masing-masing,” katanya.

Ditambahkannya, sejauh ini baru ada beberapa program tahunan yang menjadi ajang promosi bagi kemajuan pariwisata Indonesia, salah satunya yang sudah dikelola dengan baik adalah Jawa Barat Travel Exchange (JTX) yang tahun ini digelar untuk kali ke-16.

“Rangkaian gelaran JTX 2014 yang dimulai 20-23 Mei 2014 mempertemukan 62 perusahaan penyedia jasa pariwisata, dengan 126 calon pembeli yang merupakan tour operator dari dalam dan luar negeri,” ungkap Sapta. (*)

Facebook Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.