Peran Media Dalam Pembangunan Pariwisata Indonesia

Bogor (Paradiso) – Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya ingin agar media ikut serta berperan dalam mengembangkan sektor Pariwisata di Indonesia bukan hanya dari sisi promosi, tapi juga mempengaruhi kebijakan hingga pro-pariwisata.

“Peran media sangat penting dalam pengembangan sektor pariwisata, sehingga saya harapkan media selalu aktif untuk terlibat dalam pembangunan pariwisata kita,” ujar Arief Yahya dalam acara Pembekalan Pariwisata bagi Jurnalis di Hotel Salak Bogor, Selasa (14/04/2015).

Arief melanjutkan, apalagi Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menetapkan Pariwisata sebagai “leading sector” yang harus didukung pengembangannya oleh semua pihak.

Bagi Arief Yahya, media memegang peran yang sangat penting dalam hal promosi dan diseminasi informasi soal Indonesia ke seluruh lapisan masyarakat hingga ke seluruh dunia. “Saya harapkan juga media menuliskan sesuatu yang bisa mempengaruhi kebijakan agar lebih pro-pariwisata,” ucapnya.

Terlebih pengembangan sektor pariwisata terkait dengan banyak sektor lain, misalnya, dalam hal dukungan infrastruktur, aksesibilitas, konektivitas, aktivitas, fasilitas, “hospitality”, dan “preferensi” pasar.

Pihaknya sendiri akan menerapkan strategi berbasis “branding” dan “advertising” (BAS) dengan melibatkan media untuk mempromosikan dan memajukan sektor Pariwisata di Tanah Air.

Menteri ingin media di Indonesia khususnya menjadi “marketer” bagi branding pariwisata Indonesia yakni “Wonderful Indonesia” atau Pesona Indonesia. “Saya mengajak media untuk berkontribusi dalam mencapai target pariwisata Indonesia yang menyejahterakan masyarakat,” ujarnya. (*/bowo)

Facebook Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.