Pergerakan Wisnus Diprediksi Tertinggi Saat Libur Lebaran

Jakarta (Paradiso) – Kementerian Pariwisata (Kemenpar) memperkirakan pada Juli 2015 saat liburan sekolah dan lebaran tahun ini tiba pada waktu yang bersamaan maka pergerakan (mobilitas) wisatawan nusantara di wilayah Indonesia akan mencapai puncaknya.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenpar Esthy Reko Astuty mengatakan libur lebaran dan libur sekolah tahun ini jatuh pada saat yang bersamaan.

“Jadi saat itulah mobilisasi wisatawan  kami perkirakan akan mencapai puncak tertingginya. Apalagi pariwisata itu termasuk industri yang dipengaruhi musim atau seasonal, sehingga secara umum puncaknya akan terjadi saat liburan sekolah anak-anak dan liburan natal-tahun baru,” kata Esthy Reko Astuty di Jakarta, Senin (13/7/2015).

Ia menyadari ada sejumlah industri pariwisata yang justru mengeluhkan “peak season” tersebut tiba pada bulan yang bersamaan sehingga berpotensi mengurangi jumlah perjalanan wisatawan.

Namun, Esthy justru yakin hal itu akan semakin mendongkrak kinerja pariwisata di Indonesia. “Jadi, saya justru optimis saat liburan sekolah nanti, kunjungan wisatawan akan mencapai puncak,” katanya.

Esthy meyakini saat Juli, pergerakan wisnus akan mencapai jumlah tertinggi sehingga diharapkan memberikan kontribusi besar khususnya untuk mencapai target pergerakan wisnus sebesar 255 juta.

Menurut dia, secara makro kondisi pariwisata Indonesia pada 2015 cukup cerah, untuk itu pihaknya menetapkan target lebih tinggi tahun ini khususnya dalam hal pergerakan wisnus.

Apalagi pertumbuhan ekonomi global yang beberapa kali dipangkas prediksinya akibat resesi di beberapa negara diperkirakan akan mempengaruhi kinerja sektor “outbond” pariwisata.

Pihaknya juga menargetkan mampu memobilisasi wisnus hingga 255 juta perjalanan dan pengeluaran wisnus Rp201,5 triliun.

“Kami juga berharap jumlah tenaga kerja langsung, tidak langsung, dan ikutan pada sektor pariwisata bisa sebanyak 11,3 juta orang,” katanya.

Ia menyebutkan secara makro target 2019 kontribusi pariwisata terhadap PDB nasional akan menjadi 8 persen, devisa yang dihasilkan sebesar Rp 240 triliun, serta menciptakan 13 juta lapangan kerja.

Selain target pergerakan wisnus naik menjadi 275 juta, serta daya saing pariwisata Indonesia akan meningkat berada di ranking 30 besar dunia.

Peta Mudik Wisata

Salah satu dukungan bagi semakin lancarnya tradisi lebaran, Kemenpar menerbitkan peta jalur mudik resmi “plus” yang sekaligus memuat paket dan destinasi wisata di Sumatera, Jawa, dan Bali.

Esthy mengatakan, peta mudik 2015 itu diterbitkan sebagai satu nilai tambah bagi para pemudik dalam menjalani tradisi mudiknya. “Peta jalur mudik ini, bukan sekadar berisi tentang informasi perjalanan tetapi juga memuat paket wisata yang mungkin saja akan diminati pemudik,” kata Esthy.

Ia mengatakan, peta jalur mudik itu sampai saat ini sudah mulai didistribusikan sebagian besar di ibu kota Jakarta sebagai pusat konsentrasi pemudik terbesar di Indonesia.

Pendistribusian yang sebagian besar di Jakarta itu dengan mempertimbangkan prediksi Kemenpar bahwa tahun ini jutaan pemudik berasal dari Jakarta.

Peta itu dilengkapi dengan harga paket-paket wisata berbagai tujuan, nomor telepon penting, daerah rawan macet, hingga tempat-tempat rekreasi meliputi pantai, taman nasional, diving area, surving area, dan pegunungan.

Untuk kepentingan itu, Kemenpar bekerja sama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Perhubungan, Polri, Jasa Marga, Kementerian Kesehatan, dan PT Cyberindo Aditama khususnya tim Cybermap.

Selain peta jalur mudik, pihaknya juga mensosialisasikan paket-paket wisata domestik melalui www.indonesia.travel yang merupakan salah satu portal resmi yang dikelola Kemenpar. Di dalam situs tersebut salah satunya berisi tawaran paket tujuan wisata khususnya untuk berbagai destinasi luar Jawa dan Bali.

“Kami berupaya agar mobilisasi wisatawan domestik pada musim lebaran tahun ini tidak hanya terkonsentrasi di Pulau Jawa,” katanya.

Karena itu, pihaknya memastikan angkutan udara dan angkutan laut pada musim lebaran tahun ini telah siap dalam upaya memobilisasi wisatawan domestik. (bowo)

Facebook Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.