Perjalanan Rohani Kian Diminati

Jakarta (Paradiso) – Saat ini, destinasi-destinasi perjalanan rohani seolah memiliki magnet tersendiri yang bisa menarik orang untuk datang. Keinginan untuk beribadah, sekaligus menapak tilas sejarah dan agama, menjadi dasar seseorang untuk pergi ke destinasi tersebut. Mulai dari Jerusalem, Vatikan, Lourdes hingga Turki, semua memiliki situs sejarah yang dari tahun ke tahun mengundang banyak pengunjung dari seluruh penjuru dunia. Tak terkecuali Indonesia.

Dari sekian banyak destinasi rohani yang dikenal, boleh jadi Jerusalem merupakan tempat impian umat Kristiani di negara ini. Antusiasme masyarakat terus meningkat dari tahun ke tahun, bahkan data Kementerian Pariwisata setempat mencatat, peningkatan jumlah wisatawan Indonesia yang masuk kesana mencapai angka 64% pada periode tahun 2016 – 2018.
Namun, di tengah tren pertumbuhan ini, ada kabar tak menggembirakan yang terjadi pada Februari 2019 lalu. Ramai diwartakan, terdapat ratusan orang asal Indonesia, gagal berangkat dan beribadah di Jerusalem karena miskordinasi dari pihak travel. Hal tersebut jelas menjadi perhatian banyak pihak, karena isu mengenai hal serupa baru saja mereda di Indonesia.
Salah satu pihak yang ikut menyoroti kasus ini adalah Panorama Ministry. Anak perusahan Panorama JTB Tours Indonesia ini, sejak awal memang berfokus pada penyedia jasa pelayanan untuk pilgrimage atau perjalanan rohani. Karenanya, mereka memahami betul bahwa pasar mereka, memiliki karakter sensitive market, sehingga selisih harga bisa menjadi faktor penting dalam decision making process seseorang sebelum menunjuk biro travel untuk perjalanan rohaninya.
“Banyak dari jemaat mengambil resiko untuk ikut biro travel yang menawarkan harga murah di luar kewajaran, selisih harganya memang sangat menarik, bisa hampir 20% di bawah harga pasaran” Ujar Ellen Purnawan, General Manager Panorama Ministry, “Tapi sebetulnya, jemaat yang menginginkan harga murah, bisa memanfaatkan fasilitas tailor made. Misalnya saja, dari jumlah harinya, rutenya, jumlah pesertanya, hingga pilihan hotelnya bisa disesuaikan dengan budget masing-masing, jadi sangat mungkin menggunakan biro perjalanan yang credible dengan biaya yang terjangkau”.
Seperti diketahui, Panorama JTB Tours Indonesia melalui Panorama Ministry telah membuka paket tur perjalanan rohani pertamanya pada tahun 1995. Sudah lebih dari puluhan ribu jemaat yang menjadikan Panorama Ministry partner dalam perjalanan rohaninya. Bahkan, kini bukan hanya untuk umat Kristiani, Panorama Ministry juga melayani perjalanan rohani untuk umat Hindu dan Budha. Destinasinya pun makin beragam dan variatif, negara-negara yang memiliki sejarah religi seperti India, Bhutan, Nepal, Korea, bahkan Italia – juga menjadi destinasi pilihan yang tersedia dalam paket tur.
Dalam suatu kesempatan, Presiden Direktur PT Panorama JTB Tours Indonesia – yang turut mendedikasikan Panorama Ministry sebagai biro khusus untuk melayani perjalanan rohani, Royanto Handaya, urun berkomentar dan mengaku prihatin atas kejadian ini.

“Kami berharap masalah yang sama tidak terjadi lagi di Indonesia. Rasanya pilu sekali melihat banyak jemaat dengan tujuannya murni untuk ibadah, terpaksa gagal berangkat karena hal teknis yang bisa diantisipasi” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, ia pun menghimbau agar jemaat bisa lebih berhati-hati dalam memilih biro travel” Menurut saya, kuncinya ada pada kehati-hatian customer dalam memilih biro travel. Cek background, sertifikasi dan legalitasnya dulu, jangan asal murah”

Roy menambahkan, ia tak ingin berkomentar banyak tentang travel yang sedang berkasus. Karena menurutnya memang sudah kewajiban pihak penyedia jasa tur untuk memberikan service yang terbaik bagi para jemaat yang telah mempercayakan perjalanan ibadahnya kepada perusahaan mereka.
“Memberikan service yang outstanding dan professional itu kewajiban. Itu prinsip kami”, tutupnya. (*)

Facebook Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.