Perkuat Aksesibilitas, Wings Air Buka Rute Tanjungpinang – Letung Anambas

Tanjungpinang (Paradiso) – Untuk memperkuat aksesibilitas ke Kabupaten Anambas, Wings Air (kode penerbangan IW) membuka rute baru Tanjungpinang – Letung. Pelayanan rute baru oleh member Lion Air Group tersebut resmi berjalan pada 9 Juni 2019.

Rencananya Rute Tanjungpinang – Letung Anambas – Tanjungpinang memiliki satu kali frekuensi terbang setiap hari. Wings Air akan menggunakan nomor IW-1230, bertolak dari Bandara Raja Haji Fisabilillah (RHF), Tanjungpinang (TNJ) pukul 07.45 WIB. Pesawat kemudian mendarat pada 08.15 WIB di Bandara Letung, Jemaja (LMU). Untuk rute sebaliknya, tetap dilayani pada hari yang sama. Wings Air mengudara pukul 14.40 WIB dari Letung bernomor IW-1231 dan akan tiba di RHF pukul 15.10 WIB.

Corporate Communication Strategic Wings Air Danang Mandala Prihantoro mengatakan, tahap awal dari pembukaan layanan Tanjungpinang ke Anambas pergi pulang (PP) yaitu tujuh kali dalam sepekan. Wings Air akan terus melakukan pengkajian pasar.

“Apabila market di rute ini tumbuh pesat, akan berpeluang bagi Wings Air untuk meningkatkan frekuensi penerbangan,” ujarnya, Sabtu (8/6).

Menurut Danang, rencana peresmian rute baru Tanjungpinang menuju Letung Anambas tahun ini sebagai bagian pengembangan bisnis dalam memperkuat konektivitas domestik untuk layanan interdaerah atau antarkota. Wings Air berkomitmen menyediakan kemudahan akses bagi travelers dengan mengutamakan konsep saling terhubung yang praktis, mempersingkat waktu tempuh, lebih efektif dan efisien.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau, Boeralimar, mengapresiasi pembukaan rute baru maskapai Wings Air tersebut. Pembukaan rute ini juga memberikan keuntungan semakin mudah bagi wisatawan nusantara maupun mancanegara yang ingin ke Anambas.

“Ini juga membantu masyarakat Anambas dalam bepergian ke kota lain dengan transit di Tanjungpinang. Masyarakat Anambas bisa dengan mudah menjangkau Batam, Jakarta, Medan, Pekanbaru, Tanjungpinang, Lampung, Palembang, Jambi, Pangkalpinang, Bengkulu, Aceh, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Semarang, Pontianak, dan destinasi lain,” terangnya.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Rizki Handayani menyatakan, rute Tanjungpinang ke Letung menyusul kesuksesan penerbangan Wings Air yang telah dilayanai dari Batam pada Agustus 2018 lalu. Dengan demikian, bagi travelers yang berasal dari berbagai kota menuju Kepulauan Anambas mempunyai alternatif baru, yakni singgah terlebih dahulu di Bintan.

“Dengan pembukaan rute baru tersebut, kita berharap pariwisata Anambas semakin berkembang. Mudah-mudahan market rute ini tumbuh pesat, sehingga Wings Air bisa terus melayani jalur tersebut,” harapnya, diamini Asdep Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Dessy Ruhati.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menegaskan, upaya pengembangan pariwisata dapat berjalan sesuai harapan selama konsep 3A diterapkan. Yaitu Atraksi, Aksesibilitas, dan Amenitas. Ketiganya harus padu, tidak bisa hanya terpenuhi satu diantaranya.

“Tanpa atraksi yang menarik, wisatawan tidak akan datang. Jika aksesibilitas tidak memadai, wisatawan akan kesulitan menjangkau daerah yang dituju. Begitupun jika amenitasnya tidak ada, pasti wisatawan kebingungan untuk berlibur dan tinggal sejenak di daerah tersebut,” bebernya.(*)

Facebook Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.