Perkuat Promosi, Menpar Luncurkan 7 produk e-Tourism

Launching Branding Wonderful Indonesia dan 7 produk e-tourism.
Launching Branding Wonderful Indonesia dan 7 produk e-tourism.

Jakarta (Paradiso) – Dalam rangka pencapaian target 20 juta kunjungan wisman di tahun 2019, berbagai terobosan terus dilakukan. Kemenpar membuat terobosan baru agar pariwisata Indonesia makin terkenal di kancah internasional, yaitu penggunaan branding Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia serta e-Tourism.

Kementerian Pariwisata pun meluncurkan program branding pariwisata Indonesia nasional bertajuk Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia. Kemenpar juga meluncurkan 7 produk e-Tourism.

“Saya harapkan kita menjadi yang terbaik di ASEAN bahkan di dunia. Poin saya, Wonderful Indonesia itu wajib digunakan, kita akan pakai dimana-mana,” ujar Menteri Pariwisata Arief Yahya saat Peluncuran Branding Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Selasa (23/12) malam.

Arief menjelaskan penggunaan Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia memiliki porsi yang sama yaitu 50-50. Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia sebagai branding pariwisata, untuk ke depannya wajib digunakan di berbagai media promosi online dan offline.

“Berbagai tagline pariwisata daerah juga harus diikuti dengan penggunaan Wonderful Indonesia contohnya, Enjoy Jakarta by Wonderful Indonesia,” ujar Arief.

Untuk lebih memaksimalkan promosi pariwisata Indonesia, Kemenpar juga meluncurkan 7 produk e-Tourism. Menurut Arief, promosi melalui media digital itu akan lebih efektif. e-Tourism juga telah diluncurkan bersama dengan branding Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia.

“Promosi melalui digital itu jauh lebih efetif. Untuk pariwisata ini 2/3 saya taruh di digital. e-Tourism ada 7 produk,” jelas Arief.

Lebih lanjut ia menyebutkan ketujuh produk e-tourism ini adalah website atau portal pariwisata yang terintegrasi, mobile application, WOI (Wonderful Indonesia) TV, sinetal (sinema digital) dan sinemol (sinema online), digital photo bank, www.indonesiafilm.net, Travel Blogger Award 2015.

e-Tourism diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi seluruh wisatawan yang ingin mengetahui dan mengeksplor mengenai Indonesia kapanpun dan dimanapun.

Wonderful Indonesia TV

7 produk e-Tourism untuk memaksimalkan promosi pariwisata melalui media digital. Salah satu produk ini adalah WOI (Wonderful Indonesia) TV, sebuah televisi yang berisi tayangan pariwisata Indonesia.

Saat ini WOI TV baru bisa diakses melaui UseeTV. Nantinya TV ini akan terintegrasi dengan portal e-tourism Kemenpar. WOI TV merupakan internet TV yang diharapkan bisa mempermudah akses wisatawan mancanegara untuk mengeksplor pariwisata Indonesia secara online.

“Intinya ini (WOI TV-red) adalah sarana untuk promosi yang diharapkan bisa diakses oleh masyarakat dunia. Makanya konsepnya internet TV,” ujar Mayun W, Project Director UseeTV pada kesempatan sama.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa konten WOI TV ada yang sudah dibuat dari Dinas Pariwisata. Konten-konten WOI TV akan terus berkembang. Dinas Pariwisata tiap daerah diharapkan juga bisa menyumbang konten ke WOI TV.

“Saat ini masih video on demand. Kedepannya diharapkan dari masing-masing daerah ikut menyumbangkan konten. Kalau sudah banyak bisa ditampilkan live,” jelasnya.

Seiring dengan berkembangnya WOI TV, nantinya akan ada siaran langsung. Kedepannya diharapkan ada berita, talkshow, film pendek dan lain sebagainya. “Nanti ada live channel juga, jadi akan live terus. Kapanpun orang mau tahu tentang Indonesia bisa masuk channel itu. Nanti bisa ada news, talkshow. Kayak acara TV lah, ada film pendek dan sebagainya,” jelas Mayun.

Pada acara ini turut hadir pula Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS) Andrinof Chaniago, Menteri Agraria dan Tata Ruang Ferry Mursyidan Baldan. Hadir pula mantan Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar. (bowo)

Facebook Comments

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.