“Persembahan Anak Negeri” Hadir di Den Haag

Photo6_Para Tamu Undangan Resepsi Diplomatik ikut Bermain Angklung InteraktifDen Haag (Paradiso)- Kedutaan Besar Republik Indonesia di Den Haag, Belanda menggelar sebuah Resepsi Diplomatik untuk menyambut Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-69 tahun di The Kurzaal, Steigenberger Kurhaus Hotel Den Haag pada hari Rabu malam, tanggal 20 Agustus 2014.

Resepsi diplomatik ini menghadirkan sebuah perhelatan fashion show “Persembahan Anak Negeri” yang menampilkan dua desainer busana unggulan Indonesia yaitu Tuty Cholid yang menghadirkan koleksi Batik dan Jumputan dan Denny Wiryawan yang menghadirkan koleksi Tenun Sumba.

“Persembahan Anak Negeri” merupakan gelaran spesial yang dihelat bersama BNI dalam rangkaian acara The Pride of Indonesian Heritage. Selain itu juga diselenggarakan Diaspora Forum dan Pameran Produk Fashion dan Handicraft Mitra Binaan Kampoeng BNI di Aula KBRI Den Haag, Belanda dari tanggal 21 – 22 Agustus 2014.

Menteri Perdagangan Internasional dan Kerjasama Pembangunan, Ms. Lilianne Ploumen hadir sebagai guest of honour (Tamu Kehormatan). Resepsi juga dihadiri lebih dari 500 orang terdiri dari para pejabat tinggi Belanda, para Duta Besar asing dan kalangan korps diplomatik, politisi, pejabat militer dan polisi, kalangan swasta, generasi muda dan masyarakat umum lainnya. Hadir pula dalam acara tersebut, President Senat (Eerste Kamer) dan Presiden Mahkamah Agung Belanda (Hoogeraad).

Duta Besar Indonesia untuk Belanda, Retno LP. Marsudi menyampaikan bahwa Resepsi Diplomatik dengan menggelar potensi Indonesia di berbagai bidang ini sengaja dilakukan untuk memperkenalkan potensi “Indonesia Baru” serta guna menandai era baru hubungan bilateral Indonesia Belanda pasca diluncurkannya Comprehensive Partnership oleh Presiden Republik Indonesia dan Perdana Menteri (PM) Belanda di Jakarta bulan November 2013 lalu.

Lebih lanjut Dubes Retno mengatakan bahwa tahun 2013 merupakan tahun istimewa bagi hubungan kedua Negara. PM Belanda bersama lebih dari 100 pengusaha Belanda mengunjungi Indonesia pada bulan November 2013 yang ditandai dengan peluncuran Comprehensive Partnership, penandatanganan kerjasama bidang Perikanan dan Kerjasama Triangular dalam rangka Kerjasama Pembangunan, dan berbagai perjanjian lainnya.

Era Baru hubungan bilateral kedua Negara juga ditandai dengan ditandatanganinya MoU Kerjasama Pertahan dan kesepakatan kedua Menteri Pertahanan untuk menyelenggarakan Strategic Dialogue.

Hal lain yang spesial dalam perhelatan Resepsi Diplomatik ini adalah jamuan makan malam yang disiapkan secara khusus oleh Indonesia Satu (www.Indonesiasatu.nl), sekelompok profesional muda yang bergerak dibidang kulinari dan bermukim di Belanda.

Mereka  mempunyai latar belakang berbeda, namun mempunyai tujuan yang sama untuk memajukan Kulinari Indonesia di mancanegara, khususnya di Belanda. Untuk acara The pride of Indonesian Heritage, team Indonesia Satu memfokuskan dalam menampilkan minuman suguhan yaitu bir pletok dan Jajan Pasar yang terdiri dari lemper, kue lapis sagu, kue lapis surabaya, kue kacamata, kue mangkok, lapis legit, martabak telor, dan diakhiri oleh dessert berupa cendol.

Disamping itu team Indonesia Satu ingin mempersembahkan sebuah seni kreatifitas display dimana salah satunya berupa seni carving.  Team Indonesia Satu terdiri dari: Chef Michellin Star, Chef Gentur Respati, Chef Eduard Roesdi, Chef Agus Hermawan, Chef Didi Han (master carving), Detty Janssen, Renu Lubis, Ida Rosanti dan Renske Wolff. Selain Jajan pasar, menu yang ditampilkan adalah: Nasi goreng kampung, bihun goring, lontong dan sate ayam, semur daging, ikan bumbu acar kuning, urap dan sayur bumbu kuning. Sebagai pelengkap, juga dihidangkan: Acar ketimun, serundeng, krupuk, bawang goring dan emping.

Turut memeriahkan acara Resepsi Diplomatik adalah sejumlah hiburan antara lain Bamboo Music Performance yang menampilkan Vice President BNI, ibu Nancy Martasuta dan Angklung Interaktif yang mengajak seluruh tamu bermain bersama. Dalam kesempatan baik ini, BNI meluncurkan situs resmi perdagangan internasionalnya, www.kampoengbniglobal.com.

Direktur Utama BNI, Gatot M. Suwondo yang hadir dalam acara mengatakan, “The Pride of the Indonesian Heritage yang dihelat bersama KBRI Den Haag Belanda adalah upaya strategis mempromosikan dan memasarkan produk binaan Kampoeng BNI di luar negeri, khususnya di pasar Eropa.”Lebih jauh gelaran ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan prospek bisnis BNI di luar negeri, dengan memanfaatkan jaringan diaspora yang berada di Belanda dan negara-negara sekitarnya. Ditambahkan oleh Vice President BNI / Pemimpin Divisi Corporate Community Responsibility, Nancy Martasuta, bahwa BNI selama ini tidak hanya mempromosikan industri kreatif bangsa namun juga secara berkelanjutan menjembatani para mitra dengan pasar Eropa dan pasar luar negeri lainnya melalui diaspora agar produk-produk dapat diperkenalkan dan dipasarkan.  Hal ini sesuai dengan motto BNI, Bridging Indonesia to the World. (*)

Facebook Comments

Leave a Reply

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.