Persiapan Angkutan Nataru 2018 Dimatangkan

JAKARTA (Paradiso) – Menjelang datangnya libur Natal dan Tahun Baru mendatang, Kementerian Perhubungan kini tengah serius mempersiapkan penyelenggaraan Angkutan Natal dan Tahun Baru 2019. Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Budi Setiyadi mengungkapkan dalam jumpa pers yang digelar pada Selasa (18/12) sore.

Dalam jumpa pers ini, Dirjen Budi menyatakan bahwa pihaknya tengah mempersiapkan beberapa hal mulai dari infrastruktur, moda transportasi, hingga melakukan rampcheck bagi kendaraan yang akan digunakan selama Angkutan Nataru mendatang.

“Mengenai kesiapan infrastruktur, akan diresmikan jalan tol dari Pemalang-Batang, Batang-Semarang, Boyolali-Kartosuro, Wilangan- Kertosono. Akan ada 4 ruas jalan tol yang nanti diresmikan Bapak Presiden pada tanggal 20,” kata Dirjen Budi.

Dirjen Budi juga menyampaikan bahwa pihaknya sudah mencoba melewati jalan tol tersebut bersama dengan Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Polri, Jasa Marga mulai dari Surabaya hingga Semarang. “Jalan tol dari Jakarta- Surabaya untuk Angkutan Nataru ini sudah siap untuk dilalui dan dipakai masyarakat selama Angkutan Nataru,” tegasnya dalam jumpa pers tersebut.

Selain jalan tol, infrastruktur lain yang tengah dipersiapkan yaitu jalan nasional yang hingga kini tidak mendapat keluhan yang berarti. “Paling yang ada hanya seputar keluhan terkait ramainya aktifitas masyarakat di sepanjang jalan nasional. Pada dasarnya jalan nasional siap untuk dilalui sebagai alternatif selain jalan tol,” lanjut Dirjen Budi.

Sementara itu menyangkut jalur alternatif, Dirjen Budi menyebutkan bahwa harus ada jalur alternatif ini manakala jalan utamanya mengalami kemacetan atau terkena musibah longsor. “Secara umum, kita dengan Korlantas Polri sudah koordinasi, karena nanti dari Korlantas Polri yang akan menempatkan petugas selama operasi ini berjalan,” jelasnya.

Yang tak kalah penting, mengenai moda transportasi, Dirjen Budi mengatakan bahwa pihaknya telah mempersiapkan kapal penyeberangan dan bus. “Bus yang telah kita lakukan rampcheck hingga sekarang jumlahnya ada 27.332 unit dari total 49.000 unit yang ada di Indonesia. Yang sudah lulus rampcheck sebanyak 21.228 unit per hari ini. Yang tidak lulus, kami kembalikan untuk diperbaiki dan nanti akan dilakukan rampcheck kembali,” ujar Dirjen Budi.

*Kesiapan Kapal dan Dermaga Penyeberangan*

Tidak jauh berbeda dengan bus, dari jumlah kurang lebih 350 unit sebagian besar kapal penyeberangan yang akan digunakan dalam Angkutan Nataru pun telah dilakukan rampcheck. “PT. ASDP Indonesia Ferry sudah membangun satu terminal baru premium yang ada di dermaga Merak dan Bakauheni. Saya sudah membuat kesepakatan dengan ASDP terkait tarif. Jadi kita harapkan di Nataru ini dermaga premium di Merak dan Bakauheni ini telah dapat digunakan masyarakat untuk transit di sana sebelum perjalanan ke penyeberangan,” tambah Dirjen Budi.

Selain dermaga di Merak dan Bakauheni, Dirjen Budi menyatakan bahwa ia tengah mempersiapkan dermaga di beberapa Provinsi seperti di daerah Danau Toba Sumatera Utara yang tengah dibangun 5 dermaga untuk memperkuat penyeberangan dari dan ke Pulau Samosir. “Kita juga memperhatikan penyeberangan dari Medan ke Nias, juga yang di Maluku Utara, dan di Ambon, termasuk di Nusa Tenggara Timur dan Manado. Wilayah yang kami maksud ini ada penguatan, ada juga peningkatan strategi terkait masalah Angkutan Nataru,” ucap Dirjen Budi.

Pihak Direktorat Jenderal Perhubungan Darat juga telah berkoordinasi dengan beberapa pihak terkait persiapan Angkutan Nataru mendatang. Seperti posko kesehatan dari Kementerian Kesehatan dan juga dengan Pertamina terkait pengadaan BBM di rest area Tipe B, serta pos yang akan diisi oleh Kementerian PUPR, maupun Polri.

Dalam konferensi pers kali ini, Dirjen Budi menekankan kembali pentingnya memperhatikan faktor keselamatan dalam perjalanan. “Setiap perjalanan jauh selama 4 jam, capek atau tidak, wajib istirahat!” tandas Dirjen Budi. (*)

Facebook Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.