Peserta Famtrip Filipina Jelajahi Bawah Laut Bunaken

MANADO (Paradiso) – Rasanya tak lengkap bila ke Manado tanpa ke taman laut Bunaken. Dan tak lengkap pula bila ke taman laut Bunaken tanpa diving (menyelam) dan snorkeling. Seperti yang dilakukan peserta Famtrip Filipina yang menjelajahi keindahan pesona bawah laut Bunaken.

Peserta Famtrip Filipina yang terdiri dari para travel agent, Medy C Gonzales Holili (GM Ticketianda Travel and Tours), April Rose T (GM Golden Sunrise Travel and Tours), Jose AR ( Ambik Travel and Tours), Gregorio Sarita (GIS Travel and Tours), Charisse (GM One World Travel and Tours) dan Gilbert Alvarez (CTOURZ.Inc) antusias untuk bisa menikmati keindahan alam bawah laut Bunaken secara langsung. Selama ini mereka hanya tahu lewat promosi media dan internet. GM Ambik Travel and Tours, Jose AR misalnya, ditemani Kevin dan Ghora ber-diving ria menyusuri bawah laut Bunaken. Ketiganya menikmati indahnya ikan dan hewan-hewan bawah laut dengan trumbu karang yang mengagumkan. Bahkan Jose dan Kevin sempat menjelajahi bawah laut Bunaken hingga kedalaman 30 meter. Sementara Ghora hanya menyelam di kedalaman 10 meter.

Jose memang tergolong penyelam profesional dan ia pernah menyelam di kedalaman 60 hingga 70 meter. Menurutnya keindahan bawah laut Bunaken merupakan anugerah yang maha kuasa. Berbagai jenis ikan warna warni, ada kuning, hijau muda, ungu, biru dan lain-lain membuat betah berlama-lama di dalam air. “Sungguh mengagumkan. Ini merupakan anugerah yang harus dijaga. Trumbu karangnya indah sekali,” ujar Jose.

Sementara Gregorio dan Gilbert juga tak kalah puasnya bisa menyaksikan keindahan dunia bawah laut Bunaken dengan bersnorkeling. Gilbert yang baru pertama kali bersnorkeling awalnya sedikit gugup. Namun setelah berada di air ia malah tampak senang. Ia pun berkeliling sambil berenang memandangi keindahan trumbu karang dan ikan dengan berbagai warna.

Lantas bagaimana dengan Medy, April, dan Charisse? Mereka juga mengaku senang karena meski tidak menyelam dan snorkeling, mereka masih bisa menikmati keindahan bawah laut Bunaken dari boad yang di seting untuk bisa melihat ke dalam laut. “Ya indah sekali. Dari boat pun kita bisa melihat ke dalam laut dan mengambil gambarnya,” ujar Medy.

Taman laut Bunaken sendiri merupakan taman laut yang terletak di segi tiga Trumbu Karang dan menjadi habitat bagi 390 spesies trumbu karang dan juga berbagai spesies ikan, moluska, reptil dan mamalia laut. Taman Nasional Bunaken merupakan perwakilan ekosistem laut Indonesia, meliputi padang rumput laut, trumbu karang dan ekosistem pantai.

Taman Laut Bunaken juga menjadi salah satu situs warisan dunia yang di tetapkan oleh Unesco pada tahun 2005. Jadi keindahan Taman Laut Bunaken sudah terbukti dan juga sayang jika tidak dikunjungi.

Taman laut bunaken terletak di Kelurahan Bunaken Kecamatan Bunaken Kota Manado, Sulawesi Utara. Bunaken berjarak sekitar 7 mil dari pelabuhan Manado dan dapat ditempuh sekitar 50 menit menggunakan perahu motor bermesin ganda atau hanya sekitar 35 menit jika anda menggunakan speed boat. Terdapat 5 pulau yang termasuk dalam taman nasional ini yaitu Pulau Naen, Pulau Bunaken, Pulau Manado Tua, Pulau Siladen, dan Pulau Mantehage beserta anak pulau yang di sekelilingnya.

Kegiatan Famtrip Filipina ini memang menjadi salah satu strategi pemasaran pariwisata. Dan kali ini giliran taman laut Bunaken yang menjadi salah satu destinasi kegiatan selama di Manado setelah sebelumnya para peserta Famtrip menjelajahi kota Tomohon yang terletak di kawasan pegununungan.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Rizki Handayani mengatakan, kegiatan Famtrip ini sekaligus untuk membuka jaringan antar budaya nasional dengan internasional, agar mendapatkan akses menuju pasar global. “Famtrip dengan peserta yang merupakan travel agen dari Filipina ini diharapkan bisa mengembangkan pasar pariwisata Indonesia di Filipina,” ujar Rizki Handayani yang juga berharap kunjungan wisman Filipina bisa terus meningkat setiap tahunnya. (*)

Facebook Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.