PHRI Priangan Timur Gelar Fun Bike Tasikmalaya-Pangandaran dan Pertunjukan Seni

PANGANDARAN (Paradiso) – Promosi Pariwisata untuk mengekspose pariwisata di Priangan Timur kian gencar. Kali ini, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) bersama Pemerintah Kota Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis, Kota Banjar dan Pemerintah Kabupaten Pangandaran siap berkolaborasi. Misinya satu, mengenalkan destinasi melalui sepeda santai (fun bike) dari Tasikmalaya-Pangandaran yang digelar pada 30 Desember 2017.

“Kegiatan ini juga terselenggara atas inisiasi KGC Garut dan Komunitas Pesepeda Tasikmalaya. Serta didukung PHRI (Persatuan Hotel dan Restaurant Indonesia,Red) Priangan Timur yang mengajak seluruh para pecinta sepeda untuk ikut gowes bersama. Dengan menempuh jarak 107 km,” ujar Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Esthy Reko Astuti yang didampingi Kepala Bidang Promosi Wisata Budaya Kemenpar Wawan Gunawan di Jakarta Kamis (28/12).

Lokasi start-nya digelar di Tasikmalaya. Para peserta akan dimanjakan dengan panorama alam seperti Situ Gede, Gunung Galunggung, Cipatujah. Sehingga sangat potensial dijadikan sebagai kota tujuan wisata di Indonesia.

“Lokasi Start dari Imah Budaya Mang Asep Stoberi Kota Tasikmalaya menuju Kota Banjar, mulai pukul 07.00 pagi. Setelah sampai di batas Kota Banjar (Batu Lawang) para peserta akan beristirahat. Dilanjutkan setelahnya menuju finish ke Bumi Perkemahan Pangandaran,” Kata Esthy yang juga diamini Wawan.

Wawan Gunawan menambahkan, Kegiatan fun bike ini mengusung tema besar “Sinergi Peningkatan Pariwisata di Priangan Timur, Road Show Seni dan Budaya, dengan Kegiatan Bersepeda Sehat”. Para peserta yang sudah mendaftar akan mendapat race pack yang keren. Seperti  Jersey Exclusive, Stiker, Makan Siang dan Snack dan truk untuk evakuasi para peserta fun bike yang tidak sanggup menyelesaikan lomba. Kegiatan ini didukung juga oleh Komisi X DPR RI Puti Guntur Soekarno.

Ketua panitia penyelenggara sekaligus pengusaha sukses rumah makan “Astro”  Liwet Asep Stoberi mengatakan, panitia juga akan menyediakan Door Prize menarik yaitu : Umroh, Sepeda Motor, Sepeda Gunung, Komponen Sepeda, Barang Elektronik dan masih banyak lagi. 

“Selain itu dipenghujung acra kami juga akan mempersembahkan Wayang Ajen yang akan tampil menghibur masyarakat Priangan Timur” ujar Asep.

“Jadi persiapkan dan luangkan waktu, untuk menikmati perjalanan dengan berbagai komunitas sepeda (Roadbike, MTB, Seli, Ontel) dikegiatan fun bike dari Tasikmalaya-Pangandaran, kami jamin ini akan menarik,” tambah Asep.

Mendengar hal tersebut, Menteri Pariwisata Arief Yahya langsung angkat suara. Ia mendukung gelaran fun bike yang disinergikan  dengan atraksi seni budaya untuk mengangkat potensi-potensi wisata yang ada sepanjang Tasikmalaya dan Pangandaran.

Pria asal Banyuwangi itu mengatakan, Kota Tasikmalaya, Ciamis, Banjar dan Pangandaran dengan segala modal dan potensi industri kreatifnya, memang pantas untuk terus didorong sehingga menjadi kota-kota pariwisata yang maju di Priangan Timur. 

“Seperti contoh sejak dulu kota Tasik ini terkenal dengan produk kreatifnya seperti kain bordir, batik, payung tradisional, serta sendal kelom,” kata Arief Yahya.

Meski demikian, kata dia, untuk mengembangkan industri dan pariwisata, yang paling penting adalah akses menuju Kota Tasikmalaya, Ciamis, Banjar dan Pangandaran “Akses dari darat yang paling penting dari Bandung, karena pasar terdekat adalah Bandung. Selain itu, wisatawan mancanegara juga banyaknya di Bandung. Sehingga, menurut saya, jarak dari Bandung ke Priangan Timur jangan lebih dari dua jam,” katanya.

Dari sisi kesiapan akomodasi seperti perhotelan, di Priangan timur yang paling siap adalah Kota Tasikmalaya dan Pangandaran. “Kita bisa dorong Tasikmalaya dan Pangandaran untuk menjadi kota perdagangan dan pariwisata termaju di Priangan Timur sehingga akses investasi akan semakin terbuka antara Kota Tasikmalaya menuju Pangandaran lebih maju, sehingga berdampak juga untuk kemajuan seluruh Priangan Timur,”tandasnya.(*)

Facebook Comments

Leave a Reply

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.