Pidato Kemenangan di Kapal, Jokowi Ingin Bangun Maritim Indonesia

jokowi diatas kapalJakarta (Paradiso)  – Presiden terpilih RI periode 2014-2019, Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla punya cara tersendiri menyambut kemenangannya dalam pemilihan presiden. Mereka menyampaikan pidato di atas Kapal Layar Mesin (KLM) Hati Buana Setia yang berlabuh di Dermaga IX Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta Utara, Selasa (22/7) malam.

Jokowi memilih berpidato di kapal tersebut untuk menunjukkan komitmennya membangun industri maritim, sesuai janjinya saat kampanye pemilihan presiden.

Salah satu prioritas Jokowi-JK akan menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia, memperbaiki dan membangun infrastruktur pelabuhan dan mendorong transportasi laut semakin baik.

Kapal tersebut bukanlah kapal yang istimewa. Kapal itu kebetulan berlabuh di pelabuhan itu. Kapal yang panjangnya 50 meter dengan kapasitas angkut 1.000 ton itu biasanya mengirim gula, beras, semen, beras, ke pulau-pulau lain.

Suasana dek sembilan pelabuhan Sunda Kelapa malam ini cukup menarik perhatian. Rangkaian sinar laser berwarna-warni menghiasi sebuah kapal layar mesin berwarna putih dengan panjang 20 meter yang terparkir di ujung pelabuhan.

Di atas dek kapal, tempat tiang tertancap, berkibarlah bendera Indonesia. Persis di bawahnya, presiden ketujuh Indonesia, Joko Widodo dan wakilnya, Jusuf Kalla

Anggota tim kreatif kubu Joko Widodo-Jusuf Kalla, Romanus Sumaryo, mengatakan Jokowi lah yang pertama kali memilih Pelabuhan Sunda Kelapa sebagai lokasi disampaikannya pidato kemenangan. Jokowi kemudian memerintahkan sebuah tim kecil untuk mempersiapkan acara di Pelabuhan Sunda Kelapa.

“Pelabuhan dipilih karena salah satu visi misi Jokowi adalah menjadi poros maritim dunia. Jadi tempat ini melambangkan upaya untuk membuat industri maritim Indonesia menjadi yang terdepan,” katanya. Menurut dia, persiapan acara sangat mendadak. Persiapan baru dilakukan sejak kemarin. Pemilihan waktu dipilih malam hari karena menunggu penetapan hasil oleh KPU.

Komisi Pemilihan Umum Pusat di Jakarta telah menetapkan Joko Widodo dan Jusuf Kalla sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI terpilih untuk periode 2014-2019, dalam SK 536/Kpts/KPU/Tahun 2014. KPU memutuskan dan menetapkan pasangan calon presiden dan wakil presiden terpilih dalam Pemilu 2014 nomor urut 2, Ir. H. Joko Widodo dan Drs. Muhammad Jusuf Kalla dengan perolehan suara 70.997.833 atau 53,15 persen dari total suara sah. (*/bowo)

Facebook Comments

Leave a Reply

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.