Pitana : Pasola Sangat Menarik untuk Wisatawan. Jaga dan Lestarikan! | I Gede Pitana, Sumba Barat, Pasola

SUMBA BARAT (Paradiso) – Festival Pasola yang dilaksanakan setiap tahun di Pulau Sumba khususnya di Lamboya, Wanokaka dan Gaura di Sumba Barat selalu menarik perhatian wisatawan domestik dan mancanegara termasuk kali ini di tahun 2018 festival seru yang digelar di Lapangan Hobakala Lamboya, Sumba Barat.

Yang istimewa dalam pelaksanaan Pasola kali ini adalah hadirnya Prof. Dr. Ir. I Gde Pitana, M.Sc, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata Republik Indonesia. Bagi masyarakat Sumba Barat kehadiran Pak Pitana tentu menunjukkan perhatian pemerintah pusat terhadap perkembangan pariwisata di Kabupaten Sumba Barat, Kabupaten yang kesehor karena salah satu hotel bintang 5, NIHI SUMBA yang beberapa kali dipilih raih penghargaan sebagai Hotel Terbaik di dunia versi majalah Travel+Leisure.

Pasola Lamboya tahun ini dilaksanakan pada 10 Februari 2018 di Lamboya. Tanggal tersebut sudah ditetapkan oleh para Rato (tetua adat) berdasarkan proses perhitungan kalender Sumba atau menyesuaikan tanggalan adat dari para rato (pemuka adat Marapu). Tanggalnya pun tidak mudah ditentukan karena harus melalui proses perhitungan secara adat .

Kata Pasola berasal dari kata Sola atau Hola yakni tombak tumpul yang digunakan untuk melawan kelompok berkuda lain. Pasola yang merupakan rangkaian adat penganut agama asli Sumba, yaitu Marapu telah menjadi atraksi wisata sekaligus ikon budaya Pulau Sumba. Perang tradisional saling melempar lembing dari atas kuda itu biasanya diawali nyale, yaitu ritual mencari cacing laut sebagai pembuka berkah musim panen.
Adat ini biasanya dilakukan pada saat bulan purnama. Para rato biasanya memprediksi bahwa nyale akan keluar pada pagi hari setelah hari mulai terang. Usai nyale diambil maka hewan tersebut terlebih dahulu dibuktikan kebenarannya melalui bentuk serta warna. Bila nyale gemuk dan sehat maka disinyalir panen akan berhasil, sebaliknya, apabila nyale kurus dan rapuh, masyarakat setempat percaya bahwa ini adalah tanda malapetaka.

Prof. Dr. Ir. I Gde Pitana, M.Sc, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata Republik Indonesia yang didampingi Kepala Bidang Pemasaran Area II, Florida Pardosi, S.Sos yang turut hadir menyaksikan Atraksi Pasola di Lamboya, mengutarakan bahwa tradisi pasola merupakan budaya Sumba yang sangat bagus, sangat original dan pasti sangat menarik bagi wisatawan nusantara maupun mancanegara sehingga perlu dilestarikan dan dikemas menarik.
“Wonderful, bahwa pasola ini adalah sebuah tradisi yang sangat bagus, sangat original, dan pasti menarik bagi wisatawan, wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara. Ada beberapa hal yang perlu dikembangkan yaitu pengemasannya dan akan betul-betul menjadi sebuah atraksi yang menarik. Potensinya luar biasa”, Kata I Gde Pitana.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Sumba Barat, Drs. Agustinus Niga Dapawole yang ikut menyaksikan Pasola meminta kepada semua masyarakat yang sedang menyaksikan pasola ini agar tetap menjaga keamanan diri masing-masing, tidak boleh menggunakan Pasola ini untuk kepentingan pribadi. “Saya minta kepada keluargaku tidak boleh membuat hal-hal yang merugikan kita karena Pasola ini tidak setiap hari tetapi setiap tahun kita saksikan. Saya harapkan kepada keluargaku dari Lamboya dan Lamboya Barat maupun dari Wanokaka untuk menjaga keamanan kita masing-masing,” pinta Dapawole.

Dia juga meminta kepada pihak keamanan apabila melihat ada keluarga yang mencoba-coba untuk melakukan hal-hal yang tidak sepatutnya maka ditindak sesuai kesepakatan yang dilakukan pada rapat di Kecamatan di Lamboya. “Hari ini kita kedatangan tamu dari Jakarta deputi dari kementrian pariwisata bersama rombongan akan menyaksikan Pasola sehingga dunia tahu bahwa Pasola di Lamboya Sumba Barat sangat aman,” tegas Bupati Dapawole.

Dalam perhelatan Atraksi Pasola Lamboya tersebut juga turut menyaksikan Dandim 1613/SB, Ketua DPRD Kabupaten Sumba Barat, Sekretaris Daerah Kabupaten Sumba Barat, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sumba Barat, Waka Polres SB, Para Asisten Sekda, dan Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah.(team/humas sumba barat)

Facebook Comments

Leave a Reply

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.