PJAA Gandeng Disneyland atau Universial Studio di Bali

DisneylandJakarta (Paradiso) – Meski ada rencana untuk mengembangkan kawasan wisata baru di luar Jakarta yang belum kunjung terealisasi, PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk (PJAA) tidak habis akal, dsn perusahaan ini terus berburu lokasi lain untuk kepentingan ekspansi bisnis.

Gatot Setyowaluyo, Direktur Utama Pembangunan Jaya Ancol menjelaskan rencana ekspansi ke luar Jakarta, salah satunya ke Solo, masih terganjal perizinan. Kami sedang mengkaji kerjasama dengan pemerintah daerah. Banyak aturan yang harus dipenuhi secara legalitas.

“PJAA kini sedang menjajaki kerjasama dengan swasta untuk membangun kawasan wisata baru di Jimbaran, Bali. Luas lahannya mencapai 200 hektare (ha) yang bakal dipakai untuk rekreasi dan properti. Yang jelas, PJAA berniat menggandeng operator taman hiburan dari Amerika Serikat (AS) atau membeli hak patennya. Bisa Universal Studio, Disneyland, atau Warner Bros,” ujar Gatot.

Dikatakan, di Ancol, Jakarta Utara, PJAA juga tidak berhenti memperluas lahan bisnis. Perusahaan ini akan mereklamasi empat pulau dari 17 pulau yang ditawarkan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, yaitu pulau I seluas 405 ha, pulau J seluas 316 ha, pulau K seluas 32 ha, dan pulau L seluas 447 ha. Kelak di masing-masing pulau akan berdiri kawasan wisata serta properti.

“Saat ini PJAA sudah mulai menguruk pulau K dan pulau L, masing-masing diharapkan selesai pada 2015 dan 2018. Setelah itu PJAA mau langsung tancap gas membangun wahana Dufan Ocean di atas pulau K. Untuk mereklamasi saja, diperkirakan butuh dana senilai Rp20 triliun-Rp25 triliun. Sebagai salah satu sumber pendanaan, Jaya Ancol akan menerima suntikan modal pemerintah sebesar Rp1,5 triliun pada 2015,” katanya.

Ditambahkannya, untuk mendukung rencana ekspansi bisnis ini, Jaya Ancol siap menggelontorkan belanja modal senilai Rp1,2 triliun tahun depan. Perinciannya, belanja modal sebanyak Rp400 miliar untuk bisnis properti dan sisanya untuk reklamasi serta pembangunan New Hotel Putri Duyung Ancol. (*)

Facebook Comments

Leave a Reply

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.