Polda Metro Jaya Kembangkan Robot Prototype Pariwisata

ilustrasi
ilustrasi

Jakarta (Paradiso) – Jakarta, Direktorat Pengamanan Objek Vital (Obvit) Polda Metro Jaya tengah mengembangkan prototipe robot pariwisata. Robot-robot ini nantinya akan menjadi pusat informasi berjalan bagi wisatawan asing dan domestik di Jakarta.

“Dengan robot-robot ini kita berikan masyarakat pengetahuan tentang kamtibmas, seperti cara berlalulintas yang baik dan benar serta petunjuk-petunjuk tempat wisata,” kata Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Dwi Priyatno, Minggu (29/6/2014).

Tidak hanya robot pariwisata, tetapi Polda Metro Jaya juga tengah membuat prototipe robot polisi lalu lintas. Selaiknya polisi lalu lintas, robot tersebut akan mengatur lalu lintas. “Titik beratnya tadi saya bilang, kita berikan pemahaman berlalu lintas. Kita punya robot mengatur lalu lintas, dengan psiko motorik, jadi lebih menarik,” jelasnya.

Sementara itu, Direktur Pam Obvit Polda Metro Jaya Kombes Pol Adi Cahyo mengungkapkan, robot pariwisata tersebut tengah dikembangkan oleh timnya. “Saat ini baru prototype, masih diujicoba dan akan dikembangkan lagi,” ujar Adi.

Uji coba prototype robot pariwisata itu sendiri sudah berlangsung selama satu tahun. Robot terus diujicoba dari berbagai aspek agar tercipta robot yang sesuai dengan kondisi lingkungan. “Robot ini nantinya akan memberikan informasi mengenai tempat-tempat pariwisata, rute angkutan umum massal dan kantor-kantor pemerintahan juga kantor polisi,” tambahnya.

Robot tersebut diprogram dalam trilingual, yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Bahasa Mandarin. Robot ini nantinya akan ditempatkan di objek wisata, bandara dan lokasi yang representatif. (*)

Facebook Comments

Leave a Reply

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.