Polisi Pariwisata Diminta Bantu Keamanan di Bunaken

bunakenManado (Paradiso) – Insiden pembakaran fasilitas wisata di Bunaken memicu desakan dari berbagai pihak. Pengamat pariwisata di Sulawesi Utara (Sulut) meminta pihak polisi pariwisata untuk membantu pengamanan di Kawasan Taman Laut Nasional Bunaken, Manado.

Keberadaan polisi pariwisata diharapkan bisa menjaga ketertiban juga menyelesaikan sengketa masyarakat yang diduga sedang terjadi di Bunaken.

“Bukan hanya persoalan penjagaan keamanan turis tapi paling penting ikut berfungsi untuk menyelesaikan sengketa antara masyarakat di Bunaken karena masih berlanjut tuntutan mereka untuk ganti rugi lahan,” ujar Mohamad Naliku pengamat pariwisata Sulut.

Naliku menuturkan beberapa waktu lalu sudah digaungkan keberadaan polisi pariwisata. Ia berharap bukan hanya simbol tapi para polisi pariwisata berfungsi sebagaimana mestinya.

“Setahu saya memang polisi pariwisata urusannya dengan pengamanan tempat-tempat wisata. Jadi kalaupun ada masalah di tempat-tempat wisata, wisatawan tahu tempat tercepat untuk melapor. Kalau memang Sulut ingin menjadi tujuan pariwisata dunia memang harus punya polisi pariwisata seperti tempat-tempat wisata berstandar nasional apalagi internasional,” ujarnya.

Dia mengungkapkan, Bunaken itu perlu dijaga khusus karena aset daerah yang sangat berharga. Sebaiknya memang setiap hari apalagi hari-hari libur harus ada polisi yang standby di sana. Polisi pariwisata ataupun polisi yang bertugas di wilayah itu.

“Wisatawan bukan hanya cari keindahan alam. Tapi juga kenyamanan. Kalau tiba di Bunaken terus ada masyarakat yang marah-marah kan jadinya wisatawan akan kecewa dan tidak akan berwisata ke daerah ini lagi karena trauma,” pungkasnya (*/tribunnews).

Facebook Comments

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.